Fenomena Dhamma

Monday, September 28, 2015

Ini Foto 'Senilai' Rp 2.800 Triliun!-Anggoro Suryo Jati – detikinet-Jumat, 25/09/2015 10:36 WIB Bawah dari kiri: Mark Zuckerberg (Facebook), Qiangdong (JD.com), John Chambers (Cisco), Jack Ma (Alibaba), Ginni Rometty (IBM), Presiden Xi Jinping, Satya Nadella (Microsoft), Lu Wei (Menteri Propaganda China ), Tim Cook (Apple), Pony Ma (Tencent) dan Jeff Bezos (Amazon). Tengah dari kiri: Zhang Chaoyang (Sohu), Lisa Su (AMD), Yang Yuanqing (Lenovo), Harry Shum (Microsoft), Steve Mollenkopf (Qualcomm), Ziong Qunli (CETC), Brian Krzanich (Intel), Zhou Hongyi (Qihoo 360), Reid Hoffman (LinkedIn) dan Cao Guowei (Sina).





Atas dari kiri: Li Jun (Sugon), Cheng Wei (Didi Kuaidi), Tian Suning (Broadband Capital), Liu Liehong (CEC), Zhang Yaqin (Baidu), Jerry Yang (AME Cloud Ventures), Sun Pishu (Inspur), Brian Chesky (AirBnB) dan Shen Nanpeng (Sequoia Capital).

Jeff Bezos, pendiri Amazon, adalah orang paling kaya dalam foto tersebut. Nilai kekayaannya mencapai USD 47,8 miliar, dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (25/9/2015). 

Bezoz adalah orang ketiga terkaya di jagat teknologi, dan masih ada dua orang lagi yang lebih kaya dari Bezos -- tak ada di dalam foto tersebut, yaitu Bill Gates dan Larry Ellison. Gates yang kekayaannya mencapai USD 79,6 miliar dijadwalkan akan makan malam bersama Presiden Xi setelah acara tersebut berakhir. 

Di bawah Bezos sebenarnya ada duo pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin -- dengan kekayaan senilai USD 33,4 miliar dan USD 32,8 miliar. Ketidakhadirannya dalam pertemuan tersebut mengundang banyak pertanyaan dari berbagai pihak.


Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat, Presiden China Xi Jinping bertemu dengan sejumlah bos perusahaan teknologi di kantor pusat Microsoft yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat. Para bos itu termasuk Tim Cook, Mark Zuckerberg dan Jeff Bezos.

Pertemuan semacam ini bisa dibilang sangat jarang terjadi. Sebelumnya, hanya Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang bisa membuat para bos perusahaan teknologi ini berkumpul.

Secara total ada 28 orang yang datang dalam pertemuan tersebut, mulai dari selevel CEO, pendiri dan presiden dari berbagai perusahaan teknologi. Termasuk Lu Wei yang merupakan orang nomor satu soal keamanan cyber dan kebijakan internet di China.

Ke-28 orang itu sempat berfoto bersama, dan orang-orang yang ada di dalam foto tersebut ditaksir mempunyai kekayaan senilai USD 200 miliar atau sekitar Rp 2.800 triliun (USD 1 = Rp 14.000). Data ini didapat dari menggabungkan nilai saham yang dimiliki serta bayaran yang mereka terima tiap tahunnya.

Ini belum termasuk dengan kekayaan Cheng Wei, Li Jun, Lie Liehong, Zhang Yaqin dan Sun Pishu -- juga ada dalam foto tersebut. Jika kekayaan para miliuner perusahaan teknologi asal China tersebut ikut dimasukkan, tentu nilainya akan jauh melewati USD 200 miliar.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home