Fenomena Dhamma

Sunday, September 27, 2015

Inilah Penampakan Indahnya Blood Moon di Langit Jakarta—detikNews.GERHANA BULAN MERAH Tiap 18 Tahun Sekali Terjadi 28 September, Bakal Ada Fenomena Langka Gerhana Bulan 'Supermoon'-Rachmadin Ismail – detikNews- Jumat 25 Sep 2015, 13:17 WIB. Jakarta - Gerhana bulan total atau yang dikenal dengan fenomena blood moon malam ini rupanya sudah dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Walaupun tak terlihat begitu merah, namun masyarakat Jakarta dan sekitarnya dapat menyaksikannya tanpa bantuan teleskop sekalipun.






Foto penampakan blood moon malam ini dikirimkan seorang pembaca detikcom dari akun email ravaheru, Sabtu (4/4/2015) malam. Dalam foto yang dikirimkan tersebut, tampak penampakan gerhana bulan di langit Jakarta yang dipotret menggunakan kamera handphone. 


"Berikut jepretan dengan Android gc100, pada pukul 19.50 WIB yang kemerahan dan kecil. Yang agak full moon sekitar 5 menit lalu. Lokasi diambil foto daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur. Kondisi agak berawan," tulis ravaheru dalam akun emailnya.

Dalam foto yang dikirimkan, tampak gerhana bulan total atau blood moon dengan kondisi berwarna agak kemerahan. Namun gerhana bulan tersebut hanya terlihat sebagian saja, diduga karena kondisi langit Jakarta yang baru saja diguyur hujan.

Hingga saat ini fase gerhana bulan di Indonesia masih berlangsung hingga pukul 22.00 WIB malam ini. Selain Jakarta, di beberapa kawasan Indonesia lainnya juga dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan langka tersebut menggunakan mata telanjang maupun melalui teleskop, seperti di kawasan Palembang, Tanjung Pandan, ataupun Yogyakarta.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home