MUSIK & MANFAAT-nya…serie ke-4…



Memetik manfaat Terapeutik dari MUSIK.


Bagaimana cara kerja terapi music bagi kesehatan pasien?

Irene mencatat beberapa hal positifdari terapi music.

Pertama, rentang usia individu yang dapat menjalani terapi ini sangatlah luas, karena bisa diterapkan pada hampir semua orang dari berbagai jenis usia.
Kedua, music dapat diterima oleh semua orang, lapisan dan kalangan masyarakat, jadi pendekatan ke klien tidaklah sulit.

Selain mendengarkan music sebagai terapi, bermusik atau memainkan alat music juga bermanfaat untuk menyalurkan energy dan meningkatkan bakat konsentrasi anak yang cenderung hiperaktif, coba misalkan memainkan drum. “Jadi, terapi music tidak hanya dilakukan dengan mendengarkan, namun dengan bermain alat music itu sendiri”, tandas Irene.

Kendati demikian, terapi music masih belum dapat diukur secara kuantitatif. Hasilnya tidak dapat dipatok dengan ukuran waktu karena hasil terapi dari komitmen setiap pasien. Komitmen tersebutlah yang sangat berperan besar terhadap proses maupun hasil yang diharapkan.

Efektifitas terapi musik tergantung dari konsistensi pelaksanaan. Bila dilakukan dengan konsistensi dan berkesinambungan, hasilnya dapat terlihat seiring berjalannya terapi. Tidak ada patokan durasi dalam menjalani suatu terapi, sebab hasil terapi bersifat individual,” ujar Irene.

Faktor penentu keberhasilan ini, menurut Irene, tergantung pada program terapi dan keahlian terapisnya dalam menangani klien. Keberhasilan terapi juga ditentukan oleh kondisi kesehatan klien sendiri. Contoh: jika anak dengan autisme atau ADHD tingkat tertentu cenderung rentan terhadap penyakit, secara otomatis konsistensi pelaksanaan terapi musik terganggu.
 
Semoga berguna untuk menambah Pengetahuan dan wawasan Dharma, Maaf bila tdk berkenan dihati anda, sadhu.

Sumber: Majalah Media Kawasan.
Penyelaras: Orang Jadul…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “