Kitab Di Zi Gui ke-33. Lanjutan…




Mari kita Belajar dan me-Ngajarkan Budi Pekerti dan Bakti kpd Anak2…


人不,勿事
人不安,勿话扰
人有短,切莫揭
人有私,切莫

Ren bu xian, wu shi jiao
Ren bu an, wu hua rao
Ren you duan, qie mo jie
Ren you si, qie mo shuo

Ketika orang lain sedang sibuk, janganlah datang kepadanya untuk meminta bantuan. Saat seseorang sedang risau, jangan berbicara melantur di hadapannya. Jangan mengungkapkan kejelekan/kesalahan orang lain. Jangan ingin mengetahui/menyebarkan mengenai rahasia/masalah pribadi seseorang.

Yang Fuadalah seorang pejabat tinggi yang hidup pada jaman tiga kerajaan三国, masa pemerintahan Wei Ming Di魏明帝. Baginda Wei Ming Di memiliki seorang putri yang sangat cerdas & memikat hati semua orang. Karenanya sang putri begitu disayang & diberi perhatian khusus oleh Wei Ming Di. Sayang, tiba-tiba sang putri meninggal karena sakit. Wei Ming Di merasa sangat sedih & putus asa. Di tengah kerisauannya, baginda Wei Ming Di memutuskan untuk ikut dalam prosesi pemakaman sang putri.

Yang Fu memberi nasehat kepada baginda Wei Ming Di:”Baginda, perbuatan anda adalah melanggar norma yang berlaku.”Baginda Wei Ming Di terlarut dalam kesedihan, mengabaikan nasehat Yang Fu. Karena merasa nasehatnya diabaikan, Yang Fu berulangkali mengatakan hal yang sama di hadapan baginda raja. Sampai pada akhirnya baginda raja Wei Ming Di kehilangan kesabaran, Yang Fu dicopot dari jabatannya. Karena Yang Fu tidak memikirkan saat yang tepat untuk memberikan nasehat, ia kehilangan masa depannya yang menjanjikan.

Ping Yuan Gong平原公 adalah salah seorang dari 4 pangeran 四公子yang hidup pada jaman antar kerajaan saling berperang. Ia memiliki seorang tetangga yang kebetulan memiliki kekurangan fisik, pincang. Suatu hari, seorang gundiknya melihat sang tetangga berjalan terpincang-pincang dengan menggunakan bantuan tongkat kayu, karena merasa lucu tak dapat menahan tawanya. Sang tetangga marah karena merasa dipermalukan, segera mencari Ping Yuan Gong untuk mengadukan hal tersebut. Ia berkata:”Konon, kata orang anda adalah seorang yang lebih menghormati kaum terpelajar daripada wanita cantik.

Hari ini, gundik kamu telah berbuat tidak sopan, melihat saya berjalan terpincang-pincang menggunakan tongkat tertawa. Harap anda memberikan hukuman kepadanya.”Meskipun Ping Yuan Gong telah menyetujui untuk menghukum si gundik, akan tetapi pada kenyataanya tidak demikian. Tak disangka, dalam sekejab banyak sekali orang yang mengetahui berita ini, mereka yang dulunya berkawan dengan Ping Yuan Gong mulai manjaga jarak & menjauh. Dalam kepanikan, pada akhirnya Ping Yuan Gong merelakan si gundik untuk dihukum. Ia juga meminta maaf kepada sang tetangga atas kesalahannya. Setelah dapat mengembalikan kepercayaan & reputasinya, Ping Yuan Gong kembali memiliki banyak sahabat.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “