Fenomena Dhamma

Friday, August 12, 2016

Ilmuwan Temukan Hiu Berusia 400 Tahun. (Foto: News Sky)-Moch Prima Fauzi-Jurnalis. WASHINGTON - Para Ilmuwan mengatakan bahwa hiu yang hidup di perairan Greenland merupakan mahluk vertebrata terlama yang bisa mencapai usia 400 tahun. Penemuan tersebut berarti bahwa hiu berenang dari Atlantik Selatan menuju Amerika Selatan. Ilmuwan menggunakan radiokarbon untuk memperkirakan hiu yang berusia lebih dari 28 tahun dan menemukan bahwa salah satu betina memiliki usia 400 tahun.




Dilansir News Sky, Sabtu (13/8/2016), pertumubuhan dari hewan tersebut tergolong sangat lambat yakni hanya sekira satu sentimeter per tahunnya. Hiu tersebut kemudian mencapai ukuran dewasanya pada usia 150 tahun. Hiu tersebut secara luas memiliki penyebaran di Atlantik Selatan namun perjalanan hidupnya sendiri hingga saat ini masih belum bisa diketahui. Usia hiu biasanya dapat dihitung melalui lapisan yang tumbuh selama bermacam-macam musim. Namun berbeda dengan hiu yang ada di Greenland, di mana tidak ada teknik khusus yang bisa mengetahui mengenai usianya. Beberapa dari 28 hiu betina diketahui tertangkap selama melakukan survei ikan dan udang. Ilmuwan kemudian menganalisa pangkal mata dari masing-masing hiu tersebut. 

Salah satu komposisi kimia yang diberikan kepada hiu tersebut dapat memungkinkan Ilmuwan untuk mengetahui seberapa lama usia makhluk tersebut. Penelitian ini dipimpin oleh akademisi yang berasal dari Universitas Copenhagen dan penelitiannya sendiri telah dimuat di halaman Science Journal. Salah satu kepala peneliti mengatakan bahwa timnya menggunakan radiokarbon dan mengombinasikannya dengan cara terbaru. 

"Pendekatan ini, dengan hiu yang memiliki usia luar biasa, membuat penelitian cukup tidak biasa," kata Julius Nielsen, kepala tim peneliti. Ia melanjutkan bahwa hiu Greenland merupakan hiu karnivora terbesar yang pernah ada di Bumi dan mereka memiliki peran sebagai predator di puncak ekosistem. Timnya kemudian memiliki konklusi bahwa hiu bisa bertahan hidup rata-rata pada usia sekira 270 tahun.
(kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home