Fenomena Dhamma

Monday, August 22, 2016

Penyebab Sebenarnya dari Fenomena Deja Vu Akhirnya Terungkap- {foto: Daily Mail)- Aditya Gema Pratomo-Jurnalis. ST ANDREWS - Fenomena Deja Vu selalu menjadi misteri para ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir. Kini, penyebab utama dari fenomena ini tampaknya mulai terungkap.






Para ilmuwan dari Universitas ST Andrews menjelaskan bahwa fenonema ini hanya usaha otak untuk memeriksa apakah ingatan dari manusia berjalan dengan baik.

Profesor Akira O'Connor menggunakan pemindai MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk memindai otak dari 21 relawan. Sebelumnya, para relawan tersebut telah menjalankan prosedur untuk memicu perasaan deja vu.

"Apa yang membuatnya menarik adalah tes ini menghasilkan gambaran nyata tentang fenomena ini. Hal ini merupakan terobosan dalam ilmu pengetahuan, dan hasilnya juga cukup rapi," ungkapnya, Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (18/8/2016).

Hasil tes menunjukan, deja vu disebabkan oleh bagian frontal dari otak yang memeriksa kenangan seseorang. Selanjutnya, bagian tersebut akan mengirim sinyal jika terdapat kesalahan memori di otak.

"Wilayah otak yang berhubungan dengan konflik memori, tampaknya memicu pengalaman deja vu pada seseorang," tutupnya.

Sebelumnya dipercaya bahwa deja vu disebabkan oleh otak yang membuat kenangan palsu, sehingga terlihat bahwa kenangan tersebut pernah dialami.  (rhs)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home