Fenomena Dhamma

Monday, August 01, 2016

Penampakan Benda Diduga Meteor Muncul di Las Vegas. (Foto: Mirror)-Moch Prima Fauzi-Jurnalis





LAS VEGAS - Sebagian warga di wilayah dekat California, Nevada, dan Utah dilaporkan menyaksikan kejadian langka dari luar angkasa pada Rabu malam waktu setempat. Beberapa orang mengaku telah melihat benda bercahaya yang meluncur dari langit seperti bola api. Diduga benda tersebut merupakan sebuah meteor dari luar angkasa yang jatuh ke Bumi dan terlihat di Las Vegas.

Dilansir Tech Insider, Jumat (29/7/2016), fenomena tersebut mendapatkan respon dari seorang astronom yang memberikan penjelasannya di media sosial Twitter. "Meteor yang melintas bagian barat Amerika hampir dipastikan merupakan puing dari pesawat manusia seperti sebuah roket. Bergerak lambat dan hancur," tulis Phil Plait dengan nama akun @BadAstronomer. Sementara itu, astronom lainnya juga mengatakan hal yang sama bahwa benda terbakar yang mirip meteor tersebut merupakan sebuah roket yang jatuh.

"Laporan pengamatan yang datang dari Utah megindikasikan langkah kedua dari roket pertama Chang Zheng 7 yang diluncurkan pada 25 Juni," ungkap Jonathan MCDowell, Astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. Itu merupakan pertama kalinya program luar angkasa China yang diluncurkan berbentuk khusus seperti roket.

China berencana menggunakan roket tersebut untuk misi membawa astronot ke stasiun luar angkasa yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Namun ternyata, roket tersebut kembali setelah diluncurkan ke luar angkasa dan terbakar saat melalui atmosfer Bumi, seperti di video berkut ini:
(kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home