REBUTAN MEKANIK HP..

Teman2 tlg simak pertanyaan dibawah ini..

Amitofo Bhante, ada yg mau saya tny lagi, boleh ya.. ? dan minta temen2 ks solusinya:

Saya dan pacar saya kan membuka usaha ponsel dan pny mekanik yg bsa dianggap lumayan cekatan dan tepat. Shga untuk pnghsilan di servisan lumayan bagus dan mknik ini sngat pnting di toko.

Tapi ada 1 tmn yg mungkin iri shga diam" d blkg sprti sdg mnghasut mekanik kami utk brpndah tmpt ke toko tmn saya ini.

Yg ingin sya ty kan; apa yg harus kami lakukan spy dpt mmprthankan mekanik ini.. ?
Mohon sarannya temen2. Amitofo.

Teman2 silahkan komen yg benar dan berguna trims sadhu.


Komentar:



1. kalo saya siii.... buka toko apapun harus kita bisa/dapat menguasai dengan baik.. tidak hanya tergantung tenaga karyawan.. intinya bila ada atau tak ada karyawan kita tetap bisa jalan ..... terutama yang buka bengkel ( apapun ) itu juga resto dll... 
bila mana sewaktu2 karyawan minta berhenti ,,usaha tetap jalan dengan baik..... dan tidak panik...

bila karyawan minta pindah yaahh mana bisa di pertahankan juga... bila pertahankan ,, ntar besar kepala... ini juga tergantung orangnya dan juga jodoh .. mesti cocok dan nyaman aja... dan bukan masalah gaji.. gaji besar tapi gak nyaman juga kan gak enak .... sebelum dia out.. perlahanlah cari tenaga pendampingnya agar gak kelabakkan....


2. sebenarnya simple ya, pertama gimana sih mekanik nya dulu sih, apa dia merasa nyaman kerja di tempat kalian, kalau dalam pekerjaan yang terpenting kenyaman, pendapatan dan yang terpenting antara boss dan karyawan itu klop dan mempunyai misi dan visi yang sama. mau di racuni apa pun juga dia ngak akan meninggalkan pekerjaannya. maka dari itu hubungan antara boss dan karyawan harus harmonis.


3. Namo Buddhaya Bhante serta teman2 semua dan selamat pagi...salam hormat sy kepada Bhante (Beranjali)...kalau sy yg menjadi pemilik toko, sy akan bicara baik2 sama mekanik tsb utk menanyakan kenapa alasannya mau pindah serta menamyakan apakah sikap sy selama ini kepada mekanik tsb mengecewakannya hingga mau pindah atau ada alasan lainnya, ll sayapun kan bertanya apa gaji yg dibayarkan tdk mencukupinya...jika belum maka sy akan menawarkan utk memberikan tambahan gajinya. apabila sang mekanik tetap pd keputusannya, maka solusi yg akan saya ambil...jika mekanik tsb mers berkerja ditoko sy, dia tdk nyaman, tdk bahagia dsbnya, maka sy tdk akan menahannya utk berpindah dan sy akan mencari mekanik baru seperti yg dikomen Fera (setuju juga sobat Dedy Liu) he he he. dalam hal apapun bukankah kita hrs yakin tingginya gunung ada yg lebih tinggi lagi dan dalamnya lautan ada yg lbh dalam lagi, maksudnya diluaran selain mekanik yg mau pindah kan pasti ada mekanik lain yg lebih handal darinya he he he, Salam Metta Bhante serta teman2 semua. maaf sy setuju sama solusi Fera + Bro Dedy Liu.


4. Namo buddhaya bhante n teman2.. Mempertahankan karyawan/pegawai/mekanik menurut sy, harus di kasih "aku" nya ke mereka dgn kata2 halus .. Santai2 amithofo. Namo Amituofo Bro Tan Ruslan...benar dan setuju dgn kata2 halus siapa tahu aja dpt mengubah pemikiran sang mekanik, Salam Metta Bro.


 iya Romo Upasamo K, kl bs dijual-belikan karyawan yg pinter kpd yg butuh bgs yah...Romo ini cerdas juga soal gini2an...yg penting mani-kam lah..


5. Bhante...kesempatan utk pemilik toko xi xi xi, Mekanik handalnya diobral aja dgn bandrol tinggi mumpung toko2 tetangga byk yang berminat ha ha ha, sekelumit utk humor Bhante sebagai canda siang xi xi xi, maaf dan salam Metta. ha ha ha Bhante utk money urusan ke 2 yg penting mencukupi aja buat kehidupan diduniawi dan yg terpenting kan ketenangan bathin xi xi xi, salam Metta Bhante.



Simpulan: Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman, trims anumodana komen2nya bgs mencerahkan dan membuka jalan keluar memberi solusi yg pas dan tepat.

Menurut bhante tambahan dikit diluar nasihat Guru Agung Buddha, di zaman ini orang kerja juga termasuk lagi belajr dan latihan teknis. Maksudnya, meski dia disebut seorang karyawan, tp dlm hatinya sapa tau dia punya misi latihan teknis utk masa depannya agar bisa buka sendiri spt Boss/Majikannya.

Jalan yg baek ialah, perlakukan para karyawan spt anak/saudara yg baek hatinya. Dg sedikit ada rasa menghargainya atas jasa baiknya, kita sebagai Boss sdg sepatutnya membalas atas jasa baiknya para karyawan. Zaman kini, usaha/ bisnis apapun kl punya karyawan hrs timbang rasa utk saling berbagi memberi dan menerima, demi kemajuan bersama utk mencapai kebahagiaan lahir batin.

Apalagi kl baca masihat Guru Agung Buddha soal kewajiban Boss terhadap karyawan ada 5 macam…(lht sendiri di buku Dharma).  Semoga komen disini blh diambil makna dan yg berguna dijadikan Pegangan utk semua para Usahawan/Bisnismen Buddhis.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “