“ORANGTUA MAU DI ADOPSI KE ORANG LAIN BOLEH TIDAK


Teman2 tlg simak pertanyaan dibawah ini..

Namo Buddhaya bhante sy mo tnya dan minta temen2 ks solusinya:

Seharusnya anak berbahagia jika orang tuanya memilih tinggal dirumahnya, karena anak tersebut mempunyai kesempatan lebih banyak untuk membalas budi jasa kebaikan orang tuanya. Anak yang berbakti tidak akan menempatkan orang tuanya di rumah jompo, walaupun dengan alasan orang tuanya lebih senang karena banyak teman jompo.

Namun, bagaimana caranya agar seorang anak dpt menunjang kehidupan org tuanya sedangkan penghasilan anaknya kurang mencukupi untuk diri nya sendiri???

Sy sempat terpikir kl ke panti jompo hrs bayar bulanan, apa blh kl ortu sdh jompo di tawarkan/ di Adopsi ke orang lain yg tdk punya ortu ato ortunya sdh mati…?

Tp bukan ortu jompo mau dijual ke orang lain yah..jng salah paham…temen2 yg mau Adopsi ortu jompo juga blh hubungi sy.

Teman2 silahkan komen yg benar dan berguna trims sadhu.

 Aduh..menyedihkan ka..li..ortu mau di jual/ adopsi ke orang lain...salah apa tuh.. duh..karma apa yah namanya...

ada pepatah. seorang ibu mampu menghidup 10 anak . tapi10 anak lom tentu mampu menghidupi 1 org ibu. .... itu lah pepatah. .

KOMENTAR:


1. karma terburuk bagi seseorang adalah membunuh ibunya sendiri....tp ingatlah terbaik adalah kebalikan dari terburuk. Jadi karma terbaik utk kehidupan kita saat ini dan dimasa depan ada merawat ibu kita sendiri... Menjaga dan merawat ibu/orangtua adalah suatu hal yang wajib dan sebaliknya orang tua juga harus menyadari keterbatasan seorang anak, sehingga tercipta keharmonian yang baik untuk kehidupan berkeluarganya......sadhu 3x


2. Dari pada menjual ibu ke org lain lebih baik di taro di panti jompo .... Dia melakukan pada org tuanya suatu saat nanti dia pun di perlakukan dengan hal yg sama ... Ibu mengandung melahirkan kita sampai menjerit jerit dari lubang kemaluannya. Mempertarukan nyawanya. Tapi setelah besar dia seperti itu . Ingat surga di telapak kaki ibu. Seumur hidup pun anak itu tdk akan bisa maju.


3. Dapat hidup bersama walaupun sederhana sungguh membahagiakan.Saat ada biasa saja tapi saat sdh tdk ada br merasa kehilangan. Anak yang berbakti dapat menggugah langit dan bumi.


4. Seorang anak pastI memiliki kedekatan dg ibunya ... biasanya yg menjadi masalah adalah sang menantu. Ajaklah istri memperdalam Dharma, paham kerja hukum karma ... agar paham mulianya merawat orang tua di masa tua mereka.

Saat anda saja merasa berat merawat orang tua .. lalu berikan pada yg lain ... hehehe .... aneh saja membacanya. Kalau cewek cantik ... mungkin akan rebutan yg mau menerima donasi-nya ....
 

Saat kondisi kekurangan .. yg penting ada niat merawat orang tua dg penuh perhatian & sikap yg tulus .. berbagi seadanya segla kondisi yg ada ... pasti bisa deh.
Yg penting masalah dg pasangan yg bukan merupakan anak kandung orang tua kita terpecahkan ... PASTI NGGAK ADA MASALAH.


5.  jangan pernah puya pemikiran untuk menjual ibunya kepada orang lain, ibu sendiri adalah tempat menanam jasa kebaikan yang tiada taranya, kata Sang Buddha. jadi janganlah jadi anak durhaka yang bisa membuat diri sendiri sengsara disaat sekarang maupun dikelahiran yang akan datang.


6. Namo Buddhaya, Selamat siang Bhante dan salam hormat saya kepada Bhante (Beranjali)...ada makan tidak ada makan keluarga harus kumpul, apalah arti raga dan tubuh ini jika harus berkorban utk ortu. Setiap kehidupan duniawi ini setiap makhluk hidup apapun! terutama kita dilahirkan sebahai manusia selama masih memiliki semangat, kemauan, tidak malas, berusaha pasti diberikan jalan apalagi jika tulus berbakti kepada ortu, 

kebhagiaan kan selalu bersama sang anak, istilahnya berkah / rezeki kan trs mengalir he he he. sekaya atau sesusah yang namanya sang anak harus merawat, menjaga, memperhatikan, mengasihi (berbakti) kepada ortu, karena menghormati, merawat / berbakti kepada ortu sama juga seperti engkau merawat, menghormat dan berbakti kepadaKu (Sang Guru Agung Sang Buddha)...Salam Metta Bhante ***Maaf Bhante + teman2 semua jika ada sala salah pengetikkan, karena lupa bawa kacamata xi xi xi*** Salam Metta + Salam persahabatan


7. Jiwa dan raga sungguh tidak berarti jika dipertahankan utk kesenangan nan keindahan duniawi dan sungguh menjadi sangat berarti jika jiwa dan raga ini harus berkorban untuk sang ortu dimana kasih sayangnya sungguh sangat tiada batasnya namun kasih sang anak sepanjang galah xi xi xi. Sang karma mang ada entah kepada, terhadap dan siapapun...namun sebagai sang anak berusaha, menyadari untu tidak melahirkan karma yg sangat buruk sekali bila tdk memiliki hati cinta kasih dan tidak ada dipenuhi pikiran utk berbakti pafa sang ortu seburuk dan sejelek apapun.


8. Siang bhante.. Kalo menurut sy αυ di taruh di rumah jompo atau adopsi ke orang lain tetap aja keduanya tidak boleh.. Mikir dechh pake hati nurani.. Gakk άϑά alasan kita miskin kasih makan ibu aja ƍå bisa.. Jangan cari cari alasan kalo memang niat merawat org tua sendiri.. Yaa kecuali gakk niat.. Yahh άϑά ajaa alasannya!!coba aja di balek waktu kita kecil ibu masukin kita ke panti asuhan, gimana rasanya?atau ibu suruh org adopsi kita.. αυ kagak? Di balek aja coba.. Sy rasa udah dewasa harusnya lebih bisa mikir dech..


Menurut sy bhante , di dunia ini manusia ga ada yg enggak sayang sama orang tuanya...semuanya sayang...cuma ada faktor orang ketiga yaitu mantu... kadang mantunya ada yg kagak mao tinggal ama mertua... akhirnya tuh orang tua ada jg yg dikirim ke panti jompo dan di tinggalin dirumah sendirian.......tapi ada juga mantu yg rela tinggal ama mertuanya memberikan kesempatan suaminya untuk membaLas budi pd orang tuanya ....nah.kadang orang tuanya sendiri suka bikin mantunya kagak betah...apa lagi ktemu mertuanya kolotnya minta ampun...kadang mantu mao ini salah mao itu salah,...wah serba salah tersiksa..akhirnya ..mantunya kagak betah... menderita... kayak. Makan buah simalakama jadinya...


9. kalau seorang anak dituntut wajib dan harus untuk merawat orang tuanya...
trus gimana donk yg memilih jalan menjadi bhikkhu? apakah ini berarti seorang bhikkhu menelantarkan orang tuanya...


10. Namo Buddhaya teman2 anumodana terimakasih komennya bgs2 saling melengkapi utk nambah wawasan, kayaknya keluarga ini terjepit ekonominya. Memang kita tdk bisa begitu saja nyalahin anaknya yg mau Adopsi (Jual) ortunya ke orang lain. Dlm sikon terjepit spt ini, tiap orang bisa saja ikuti jejak anak tsb.

Sebab, se-jelek2nya anak terhadap ortu pasti ada rasa Hormat dan Sayang, atau mungkin saja ada pihak ketiga (mantu) yg sdh tdk tahan terhadap mertua spt komennya sdr. Elan Chan.

Solusi cepat, sementara biar aja dititipkan ke Panti Jompo yg Gratisan, bisa cari tanya di wihara2 terdekat atau minta tlg teman2 cari tahu.

Sdr.Kwanz Kwan ada benarnya sih, tp para bhikkhu ikuti Jejak Guru Spiritual Buddha Gotama. Alasannya, Krn Ayah Guru Spiritual Buddha Gotama adalah seorang Raja yg makmur hidupnya tdk Kepepet dan tdk kurang soal materi, dan saat diundang ke Istana mau datang Jenguk Ortu dan Kel-Nya.

Maka, diakhir hdp Ayah-Nya Raja Suddhodana sakit parah, Guru Spiritual Buddha Gotama menjarkan Dharma tingkat tinggi, hingga Ayah-Nya mampu mencapai tingkat kesucian tertinggi Arahat lalu Wafat. Inilah Contoh Suriteladan Balas Budi Jasa terbaik seorang Anak terhadap Ortu-Nya.

Para bhikkhu juga bukan berarti lepas tangan menelantarkan ortunya, setiap saat kl diperlukan para bhikkhu blh datang ke rumah ortunya utk jenguk dsb.

Mungkin banyak pula hal spt diatas terjadi, hanya ada anaknya yg takut dan malu... Kl menurut bhante utk sementara blh lah di titipkan ke panti jompo cari yg Gratisan ka..li.. ada tanya sama teman2 lain di wihara2...hanya ini solusi terbaik.. Bhante suruh beliau baca sutra bakti pada ortu.

Putra Ganesha J M. emang benar isi buku tsb bgs dan blh jd rujukan tp kl keluarga Ekonomi lg kepepet dlm sikon tsb apapun nasihat sulit diterima, kita cm bisa memberi solusi putusan ada sama orang tsb, smg aja ada jalan keluar yg terbaik, sadhu.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “