“ MEDITASI OBJEK KOSONG KENAPA JADI LUPA INGATAN APA EMANG BEGITU? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya..soree bhante...ini lg2 sy minta pendapat temen2 dan bhante.

Kenapa y stlh sy lakukan meditasi objek kekosongan malah justru membuat pkiran sy jd lemot y..kek jd bodoh...

Contoh bisa lupa gimana nulis kata2 d hurufnya...lalu hal ini bisa terjadi jg klo ketika sy renungkan/ mengingat hal2 yg blum ada jawaban nya...

Dari kejadian ke diri sy mngingatkan dulu ada temen adik kelas...belajar meditasi ujung2nya jd gila...gawat kan...gmn pendapat temen2 dan bhante?

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: maaf sebenarnya bhante juga meditasinya msh bodoh.
Kalau tidak salah, Objek KOSONG itu metode Mahayana aliran Zen, memang begitu krn objek kosong itu tdk ada apa2. Seolah-olah, orang yg berlatih Meditasi Kosong itu membuang semua SUBJEK atau BENTUK dan menjadi tidak ada apa alias KOSONG. 

Maka, hasilnya lupa segala, bgs emang tp hrs ditambah baca buku2 Dharma biar otak tdk kosong blong.  

Jadi, nanti isinya Dharma yg bgs2 hasil dari baca2 buku Dharma. Kl ada wkt coba baca tentang Anatta di buku Paritta juga ada bagian belakang judulnya Ananttalakhana-Sutta, dan sambil direnungkan (analisis), ntar lbh terbuka apa artinya kosong tp isi, isi tp kosong yg dimaksud dlm aliran Zen itu...

Sebenarnya, cara praktiknya yg beda atau salah, bahwa objek KOSONG bukan MENGOSONGKAN SEGALA BENTUK PIKIRAN, tapi hal itu hrs dg cara ANALISIS (Analistis) atau dlm bahasa Meditasi Therawada disebut Wipassana.

selamat berlatih Meditasi Analisis (kosong) semoga anda maju dlm Dharma...

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo buddhaya. Mungkin cara meditasinya salah. objek kekosongan bukan berarti mengosongkan pikiran tp objeknya yg kekosongan.coba konsultasikan dengan pakar meditasi,jelaskan cara anda meditasi, mungkin ada yg salah, sehingga bisa diperbaiki. justru org yg meditasi biasanya bisa lebih konsen dan fokus bukannya jadi pelupa gitu. kalo cara meditasinya salah emang mungkin membuat orang bisa jadi gila.



2. betul sekali Ýåħġ dikemukaan sdr lin fang! Anda hrs mencari pakar meditasi! Bermeditasi bertujuan agar pikiran kita lebih tenang/tdk bergembala kemana-mana! Membuat kita lebih fokus! Dan hrs diingat bermeditadi itu bukan mengkosongkan pikiran ato tujuan2 lain. (^o^) _/l\_ Sadhu ♥ ♥ ♥



3. y bener...sy rasa krn keinginan mencari jawaban sbnrnya isi adalah kosong..kosong adlah isi...gara2 kata kosong ini membuat pikiran ingin membuka arti kosong...shingga jd ngawur...disini sy mau utarakan pendapat pribadi sy ..mnrt sy arti dr isi adlah kosong..kosong adlah isi...artinya kondisi di tengah2...ibarat 2 sisi koin saling seimbang..berdiri seimbang...shingga kita yg uda bisa memahaminya...maka tiada rasa takut...tiada rasa memiliki...shingga tiada apa pun mengikat kita...jd tindak tanduk kita penuh pengontrolan diri...slalu berada di tengah2...sperti koin yg berdiri...kedua sisinya tampak...om mani pad me hum.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

joki mengatakan…
ente meditasi smbarang x
saya malah meditasi tidak bergitu.

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “