“ DOA MINTA-MINTA KEPADA BUDDHA TIDAK DIAJARKAN “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

ke- 2. Apakah Sang Buddha mengajarkan/ tidak mengajarkan jika kita berdoa meminta-minta permintaan kepada dewa, dewi atau kepada sang Buddha sendiri? kalau Tidak.

Bagaimana sebaiknya sembayang yg baik? yg diajarkan sang Buddha seperti apa jika tdk diperbolehkan meminta2 permohonan.

Lalu teman saya ada yg mempunyai pandangan, jika smua telah di atur oleh karma masing-masing, lalu tidak begitu berguna sembayang/beribadah. karena sudah ada jalan karmanya masing2.

Bagaimana penjelasannya utk hal tersebut?
Mohon penjelasan detailnya dari temen2 dan Bhante.. _/l\_ Trimakasih banyak temen2 dan Bhante..

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2. 

Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: Doa minta2 kaya, sukses dsb kpd Buddha Dewa-Dewi tdk diajarkan. Guru Buddha mengajarkan tiap orang harus berusaha sendiri. Kalau mau kaya dan sukses harus dg cara bnyak berbuat baik atau gemar berdana. 

Sembahyang umat Buddha ialah membaca Paritta dan Sutta hrs dibaca terjemahannya krn isinya nilai2 tinggi ajaran Buddha utk diingat dan dilaksanakan dlm kehidupan se-hari2.
Harus mengerti dg benar soal Hukum Karma (HK), jadi Hukum Karma bukan mengatur hdp manusia, tp Karma (perbuatan) adalah AKIBAT dari perbuatan (karma) manusia. 

Maka, bila umat mengerti dg benar spt itu, utk baiknya umat banyak berbuat baik, agar hdp bisa berubah lbh bgs dan sukses tercapai cita2nya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


Namo Buddhaya Bhante, Di dlm agama Buddha tidak di kenal istilah sembayang atau doa yg ada hanya Puja Bakti yg brarti "puja"= menghormati/menjunjung tinggi "Bakti"= melaksanakan dgn sungguh2 ajaran2 sang Buddha. Agama Buddha mengakui adanya alam dewa dewa tapi tidak menyembah/memuja dewa ato meminta2 kepada dewa. Sang Buddha mengajarkan perbanyak berbuat kebajikan melalui pikiran, ucapan dan jasmani ini agar memperoleh kebahagiaan di kehidupan ini dan kehidupan berikutnya. Sesuai benih yg di tabur demikian lah buah yg akan di tuai,.perbanyak berbuat kebajikan, hindarin berbuat jahat serta sucikan hati dan pikiran itulah yg patut kita laksanakan dlm kehidupan sehari hari. Trima kasih...

Ada 3 kebahagiaan yg kita peroleh/raih bila menjalankan ajaran Sang Buddha dgn sungguh2. Yaitu Mempraktekan jalan Mulia berunsur delapan dan empat kebenaran mulia. 1. Kebahagiaan di kehidupan saat ini 2. Kebahagiaan di kehidupan berikutnya 3. Kebahagiaan sejati/mutlak yaitu NIBBANA/NiRVANA. Tentunya kebahagiaan sejati (NIBBANA) adalah tujuan akhir tuk kita semua karena merupakan kebahagiaan tertinggi..sadhu..sadhu..sadhu..



1. Namo Buddhaya Bhante. Menurt sy, Buddha tdk pernh mengajarkan kita untk sembhyg dgn meminta minta. Semua berjalan dgn logika kita, datang, lihat dan buktikan. Dgn kita bersembhyg di wihara dan bisa mendgrkan Dharma, kita tlh mempunyai karma yg ckp baik. Dgn membaca parita, kita bisa mengulang ajaran Sang Buddha serta bs mengembangkan cinta kasih. Dharma, ajaran Sang Buddha mengajarkan kita untuk mencapai pembebasan mutlak, hidup penuh cinta kasih, byk berbuat baik, sucikan hati dan pikirn. Bukan mengajarkan kita untk meminta. Mengenai karma, kita tdk bs terpaku pd situasi dan kondisi di mana karma itu hrs kita terima secara mutlak. Kalo semua tersrh kpd karma, wah kacau hdp kita. Semisal kita skt, kita hrs mencari dokter, bkn menunggu karma kita. Bisa2 mati konyol kita kalo semua kita serahkan ke karma kita. Hahahahaha. Mohon koreksi dari Bhante kalo ada kesalahan.



2. mohon comment ya bhante.... Buddha tdk pernah ngejarkan untuk memohon kepada siapa pun termakasuk kpd buddha sndri...... Memang segala sesuatu di atur oleh karma tp harus di ingat segala sesuatu yg berasal dr pikiran pun berpengaruh... Dgn kt ber doa (yg tentunya tdk meminta2 ttp berharap semua makhluk termasuk diri kt sndri bahagia n bebas dr derita) dgn demikian pikiran kt menjadi positif n hdp pun otomatis akan menjadi demikian seperti yg kt harapkan....... Smga bermanfaat.... Terimakasih....



3. Pertanyaan nya lucu juga..berDOa di dalam agama budha merupakan keharusan yg di ajarkan Sang Budha tapi bukan meminta2 tapi semoga ...ini bisa di lihat di buku paritta,Sang Budha mengajarkan kita utk berusaha dgn usaha sendiri dan berlatih utk berbuat baik dan melepaskan kekotoran batin ....dewa dan dewi itu hanya membantu tapi kita yg harus berusaha...dgn kekuatan karma masing2...yg perlu kita contoh dari dewa dewi adalah teladan bagi kita sifat welas asih dan kebajikan dewa dewi ..itu saja...umat budha itu melatih DANA




4. Berdoa kepada Sang Buddha adalah waktu yg kita sisihkan untuk mendekatkan diri dengan NYA. Mengingat kembali jasa2 nya. Menjadi panutan dalam kehidupan sehari2. Dengan selalu mengingat ajarannya, kita dapat mengikuti ajarannya. Dan mengubah cara pikir, cara sikap, cara bicara. Dengan demikian membuahkan karma baik. Amitofo..



5. Buddha tidak mengajarkan untuk meminta minta apapun ... sembyang yg baik ialah bernamaskara rupam, relik, stupa, membaca parittha, gatha, sutta...berdana ke rupam, sarira relik, stupa...dan bermeditasi serta melatih moral...yg tepat ialah sudah PASTI KEADAAN, RUPA, BATHIN saja.


6.sembahyang; ingat terang n harum .....terang adh tidak berbuat salah (karma) haru adh menolong org.. tujuannya utk mengingatkan n menyadarkan kita jgn berbuat salah (karma / dosa). memberilah dgn tulus maka akan menerima yg terbaik...itulah fakta Sebab n Akibat,..bisakah melakukannya?...Alam Semesta akan melihat mendengar n melakukannya.Omithofo...SSMHSB slmt malam Bhante Be Happy.


7. Namo Buddhaya Bhante, menurut pandangan saya berdoa kepada Sang Buddha memang bukan meminta minta . Tapi dalam setiap doa kita hanya boleh berharap bahwa yang kita doa kan itu mempunyai niat baik sehingga akan memperoleh karma baik kita itu masak tepat waktunya sehingga apa yang kita harapkan bisa tercapai. Ini pendapat dari kamii.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “