“ KEMASUKAN DEWA-DEWI TIDAK ADA DALAM AJARAN BUDDHA “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

NamoBuddhaya Bhante.. _/l\_ Bhante sehat? Semoga Bhante Sudhammacaro selalu diberikan kesehatan.. sadhu3x.


Saya ingin menanyakan 2 pertanyaan kpd temen2 dan Bhante.. Mohon penjelasannya.

 
ke-1. Dalam agama konghucu/ Buddha ada yg namanya Tangsin/ orang pintar atau orang yg Kemasukan Dewa-Dewi, seperti kemasukan dewi Kwan Im, Kongco, dan lainnya.

Bagaimana menurut ajaran Sang Tathagata?
Apakah Sang Buddha pernah menjelaskan tentang hal tersebut?
Apakah benar jiwa seorang manusia bisa dimasuki dewa- dewi sungguhan?
Mohon penjelasannya temen2.  Trimakasih banyak temen2 dan Bhante..

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.

Teman2 maaf kl komen bhante salah.  


Kesimpulan: Guru Agung Buddha tdk ada penjelasan soal Kemasukan Dewa-Dewi spt yg anda tanyakan. Alasannya, sebab zaman Buddha msh hidup mahkluk halus langsung Nampak dan mampu bicara layaknya manusia biasa.

Adanya Kemasukan Dewa-Dewi, Hal itu terjadi mulai di zaman modern sdh maju, alasannya yg benar tdk tahu entah kenapa. Barangkali krn mahkluk halus sdh tdk Nampak dan tdk mampu bicara langsung kpd manusia. Maka, semua pesan2nya disampaikan melalui Kemasukan. Kadang juga, orang suka melihat dan mau tahu, atau bertanya soal Nasib, minta sembuh, dsb melalui Media Orang Kemasukan tsb.

Sebagian orang ada yg mampu menjadi Medium Mahkluk Halus, tp entah jenis apa. Dan ada yg benar2 mampu menolong orang sakit bisa sembuh, atau memberi petunjuk lain yg berguna bagi dirinya dan keluarganya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo buddhaya bhante.seseorang yg kemasukan itu memang benar adanya tp makhluk yg masuk ke dalam tubuh manusia itu bukan dewa-dewi ato yg lebih tinggi derajatnya dr manusia.biasanya yg merasuki tubuh manusia itu berasal dr alam yg lebih rendah.cuma kadang orang ngaku2 aja dimasuki dewa atau dewi atao apalah gitu karena hal itu kadang disalahgunakan untuk ngobatin orang jadinya kalo dikatakan kemasukan dewa atau dewi gitu kan orang jadi lebih yakin.



2. Namaste bhante! Namo buddhaya teman2! Mohon koreksi klo shareingnya salah! Didalam buddhisem kita mengenal Alam brahma/alam para Dewa dimana masih dipengaruhi oleh indrawi sperti manusia. Mereka ( para dewa/dewi masih bisa lahir di alam manusia) jadi tidak, ada Ýåħġ aneh/tahayul bila mereka meminjam rupa kita utk berkomunikasi ( dalam hal ini menolong manusia). Namo buddhaya.



3. Sore bhante, menyimak komen teman teman saya ini menambahkan. Sebenarnya sebagai penganut ajaran Buddha tentunya kita tidak perlu lagi mencari tangsin. Karena kita tentunya sudah mengetahui hukum sebab akibat. Dan yg bisa menolong kita tentu diri kita sndri. Tetapi sebagian dari masyarakat mngkin belum mengenal ajaran buddha dengan baik. Hanya rajin keklenteng sembahyang dengan dupa saja. Karna itu apabila menemui kesulitan tentunya mereka mencari tangsin. Nah dari yg saya dengar mrka diberi saran u/ banyak baca paritta, fang sen, dan disuruh menyapu vhira... Rajin berderma... Saya rasa keberadaan tangsin ada sisi positifnya juga...




4. Namo buddhaya Bhante, ada terdapat banyak alam tetapi hanya disinilah dialam manusia kita bisa menimbun karma baik. Karena itulah makhluk2 yg berada dialam lain merasuki manusia dan membantu/menolong manusia. Biasanya tidak semua mnusia yg bisa dirasuki, hanya yg tertentu saja(ini sy kurang tau bhante, kenapa ª? Sy pernah dgr crt tmn ada tmnnya yg kristen malah dia diikuti dan dipaksa agar jadi tangki gt u/ mnlg org) dan yg pasti tangsin( bisa dibilang cenayang juga ª bhante?)Ada juga yg aspal, yg tujuannya u/cari uang...begitulah penjelasannya menurut saya bhante kalo ada salah mohon dikoreksi.




5. dalam agama buddha ada 31 alam kehidupan , 4 alam menyedihkan seperti alam neraka alam binatang alam setan dan alam iblis atau raksasa , biasanya yg sering masuk kedalam tubuh manusia itu dari alam setan atau jin atau raksasa , hanya sebagian kecil dari alam dewa , seperti dewa pohon dewa bumi dewa air , kalo dari alam brahma itu tidak mungkin , karena brahma bisa menjelma apa saja , jadi tidak perlu masuk tubuh manusia , 

di thailand orang banyak piara kumantong ( setan cilik ) atau namkua ( jin / raksasa berbentuk wanita cantik ) , tujuan mereka piara setan dan jin hanya untuk pelet orang belanja kedalam ketoko , selain itu untuk cari jodoh . kalo disini di klenteng klenteng banyak yg bisa loktung atau kesurupan dan mengaku dewa kwan kong dewi kwan im atau dewa cikung yg mana kebenarannya di ragukan , mereka menyamar agar manusia lebih yakin dan percaya , padahal itu hanya bisikan dari para asura ( jin raksasa iblis ) , karena asura punya kesaktian / kemampuan , kadang dewa bumi pun tidak bisa melawan nya . sebagai umat yg telah mengenal dhamma dan mengerti hukum sebab akibat sebaiknya tidak perlu bertanya pada loktung atau orang kesurupan.



6. Namo Sabbe Buddhaya Bhante. Buat saudara/i sebagian yang mengatakan itu adalah benar/minimnya pengetahuan. Saya pribadi/maafffff.....tidak mempercayai seorang manusia yang jiwanya begitu kotor(dosa, lobha, moho) bisa dirasuki dewa/dewi apalagi buddha yang begitu suci bebas dari kekotoran. Jika dewa/dewi/buddha ingin menolong manusia mengapa ia tidak menampakkan diri tapi mala merasuki manusia????? Hantu saja bisa menampakkan diri. Dewa/dewi/buddha lebi tepatnya leluhur saja. Dalam tradisi buddha sebenarnya ini dinamakan ter-pengaruh bukan kerasukan. Jangan mempercayai sesuatu dari tradisi2 sebelum kebenaran terbukti. Maaf bukannya kata2 ini berunsur nyindir agama tetangga/KFC. Wahhh pertanyaannya kerENnNn... (>ˆˆ)> ωªªκªªkaa <(ˆˆ<). Binggunggg dechhh ..



7. pengalaman saya waktu ke beberapa vihara kwan im pou sat , setiap saya sio pue hasilnya selalu ditertawakan oleh mak kwan im , seolah beliau berkata pada saya JIKA SUDAH TAHU HUKUM SEBAB AKIBAT UNTUK APA BERTANYA LAGI ? YG BISA MENOLONG DIRIMU HANYA DIRI SENDIRI , BANYAK BERBUAT JASA KEBAJIKAN, SUCIKAN HATI DAN PIKIRAN, JANGAN BERBUAT JAHAT, ITULAH JALAN KEHIDUPAN. segala sesuatu timbul ada sebabnya , segala sesuatu lenyap karena sebab sebab telah habis . ingin kekayaan ? banyak berdana . ingin sehat ? banyak fangsen dan tidak membunuh . ingin jodoh dan anak ? banyak fangsen dan kasih makan jatim piatu . ingin kesucian ? pergi jadi bhikku dan meditasi di hutan hutan thailand . di dunia ini tidak ada yg instan kecuali sedapmi hihihihi sponsor iklan .




8. namo budhaya bhante... selamat pagi.... baru sempat menyapa hari ini.... mertua saya sudah berpulang ... masi dalam perjalanan ke barat sampai hari ke 49 nanti.... semoa beliau di tunggu amithaba budha di pintu kebahagian... dan terlahir lebih bahagia dari saat kehidupannya.. sadhu..


9. demikian yg tercatat dlm Sutra Samyuktaratnapitaka: Buddha beserta murid2nya memang sdh sering memperlihatkan berbagai abhijna, terutama dlm menaklukkan ajaran sesat maupun siluman iblis. Sang Buddha bertujuan ingin mengajak para umat utk bersarana/membangkitkan keyakinan org2 pada Sadharma. melarang menggunakan abhijna AGAR umat tidak hanya mengharapkan abhijna, lalu mengabaikan Sadharma utk dipelajari. memang zaman skrng ini sdh terbalik...

sngt disayangkan akan merusak Sadharma. KEKUATAN yukta (kontak batin) seseorag akan muncul sendirinya dgn mendalami Sadharma,, meyakini dan bersarana pada Budhisme dgn keyakinan sejati.. dan ada org2 tertentu yg benar2 bisa melakukan tugas2 dr langit utk membantu org lain...

zaman skrg batin mnsia itu sdh terkotori oleh ego (keinginan) yg instan...jdi dgn segala cara asalkan bisa memenuhi keinginan tsb.hati2 saja menjalaninya...pikiran n perbuatan yg positiv akan menghasilkan kebaikkan yg akan diterima..semua itu tidaklah sama.mnsia ini punya sisi gelap n terang ..pilihlh yg terbaik menurut PIKIRAN/ BATIN MASING2..Omithofo...percaya/ tdk dgn adanya kekuatan ( tang sin) kembali lgi apa yg dialami n bagaimana menyikapinya n berjodoh /tdk dgn semua itu....Omithofo slmt malam Bhante SSMHSB



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
Kemasukan dewa ada. Datang dan buktikan sendiri. Bisa konsultasi. Tidak bisa dibohongi. Silahkan buktikan kalau tidak percaya. Telpon 5816851.Kwan Lung. Yang masuk dewa kwan kong.
Bidakcatur mengatakan…
biasa memang harus memiliki kuasa atas itu, untuk bisa kemasukan dan hanya orang pilihan yang bisa mendapat berkah seperti itu. namun harus diluruskan kembali bukan kemasukan seperti kerasukan setan, tetapi kemasukan disini diartikan sang dewa memberikan arahan kepada umat manusia dan pilihan untuk melakukan hal yang baik, untuk memperbaiki kesalahannya.

kunjungi juga situs prediksi angka jitu kami
- Prediksi Angka Sgp
- Bocoran Angka Hk
- Prediksi Sydneypools
- Rajatoto
Unknown mengatakan…
Mnrt saya ini tergantung pemikiran kalian, dalam agama Budha diajarkan kalimat bgni "datang, saksikan, dan buktikan"... Kita sbgai umat beragama yg dibekali pikiran hrs bs mikir membedakan baik dan ga baik, baik dan tdk baik ada didalam diri kita sendiri, segala pertanyaan apapun jawabannya ada didlm diri kita sendiri, hanya saja kita belum bs mendapatkan kunci pencerahan tiap masalah. Meski ada yg bisa kemasukan dewa dan mengatakan kalau dia adl dewa, apa kita mau percaya gitu aja pdhl kita ga bs lihat, hanya diberitahu kalau itu dewa dan ini tidak termasuk dalam ehipasiko. Mahkluk yg merasuki tubuh manusia bisa saja menyampaikan kebenaran kepd kita diawal2 utk membuktikan jika ucapan dia benar agar kita percaya bahwa itu dewa dan menjadi nurut padanya, lalu dikemudian hari mungkin saja kita akan diarahkan kejalan yg krg baik tanpa kita sadari krn kita sdh percaya padanya.
Dan lagi mnrtku jika dewa dewi tingkat tinggi ga mngkin merasuki tubuh manusia jika mau menolong. Beliau punya cara sendiri utk menolong manusia tanpa pinjam tbh manusia. Dan lagi hati2 dengan pencurian berkah.

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “