“ HUKUM KARMA DENGAN CIONG SHIO SAMA TIDAK? “



DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

 Sore Bhante,
Saya coba merangkum perbedaan antara karma buruk dengan Ciong Shio.

Karma :
- Merupakan hasil dari perbuatan baik / buruk kita di masa lampau.
- Setiap orang akan memetik hasil dari perbuatannya. Jika berbuat baik maka akan berbuah kebahagiaan / baik.
Sedangkan jika berbuat buruk maka akan berbuah penderitaan / buruk.

Ciong :
- Merupakan kepercayaan tradisi orang China.
- Setiap orang akan mengalami ciong shio karena adanya ketidakselarasan antara shio yang bersangkutan biasanya antara shio yang sama dan shio yang selisih enam tahun dengan shio di tahun tersebut.

- Mempunyai arti berbuahnya karma buruk shio tersebut pada tahun yang bersangkutan.

Mohon koreksi dan penjelasannya dari temen2 dan Bhante. Makasih.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

 Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: HK dan Ciong Shio tdk sama, amat jauh berbeda. HK hanya mengupas yg berkaitan dg perbuatan manusia dan akibatnya. HK tdk bs menebak atau meramal nasib manusia yg blm terjadi. 

HK hanya mencegah manusia berbuat jahat agar tdk terperosok ke jurang penderitaan hdp saat ini maupun setelah mati. Hk (hukum karma) terlalu simple tapi luas cakupannya. 

Namun, Ciong Shio (CS) mampu menebak dan meramal nasib tiap orang sebelum terjadi. Selain itu CS mengupas prilaku manusia dg lingkungan, dsb lbh detil, dan mencegahnya.

Contoh: CS mampu menentukan pada hari yg istimewa melarang orang pergi ke orang mati, ke kuburan, ke tempat lainnya. CS meramal perkawinan beda 6 tahun tdk bgs, atau tdk mulus perkawinannya dsb.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Sy percaya waktu lahir, kondisi lahir, tmpt lahir, org tua yg melahirkan kita dll itu ŠёƱα mmg Ʊϑaђ tertata rapi sesuai dgn muatan karma kita masa lampau. Ini akan berpengaruh besar thdp kehidupan kita. Dlm hal ini dpt disimpulkan atau dihitung org yg ahli melalui ChiongShio. Apa yg akan terjadi pd kita saat ini mmg Ʊϑaђ ada& Þǝšƭΐ akan terjadi. Tdk ªϑª yg bs lolos ðařį hukum karma. Bahkan seorang Bhante seperti Bhikkhu Cakkuppala. Tp kualitas hukum karma yg kita τέяϊмα ßϊ§å bertambah atau berkurang tergantung pd perbuatan kita saat ini. Hukum karma tdk bs dihindari. Tp bs diperbaiki. Jika ChiongShio kita jelek, byk lah berbuat kebajikan. Mdh²an ßϊ§å mengurangi karma buruk yg akan kita τέяϊмα. Jika komen sy kurang berkenan, mohon dibantu. Namo Buddhaya!!




2. mnrt sy artikan aja keduanya itu...hukum kamma adalah hukum sebab akibat...chiong shio adalah shio bertentangan...mau tanya ada hubungannya hukum kamma dgn chiong shio...y klo mau di kupas seabis abis nya...y ada loh hubungan kamma...krn hukum kamma mencakup luas...tp mnrt sy sbgi umat buddhis harusnya brpandangan positif...slalu liat kedepan...jgn brpandangan negatif ...yg liat kebelakang...krn hukum kamma itu seperti lingkaran...lingkaran itu mau mulai kedepan tetap trhubung...mau mulai kebelakang jg bisa terhubung....jd mau pilih mana anda?...klo ingin jd org sukses dlm hidup...pilih ke depan...jgn lah buat kamma itu sperti terali bg diri kita...bagi sy chiong shio itu hanya 50:50...krn bagi sy sesuatu yg blum terjadi di depan jgn lah trlalu percaya ramal2 an.....mohon koreksi...trim's..om mani pad me hum. Anggap aja yg ciong itu kamu punya utang sama dia...



3. Hukum Karma , sebab-akibat ga lepas dari kehidupan saat ini.. ciong shio , ciong 3 6 9 katanya bisa di kias biar ga ciong lagi :-).. seperti nya sudah ada yg atur ttg kehidupan ini,, gelap-terang, siang-malam .. Byk berbuat pahala kebajikan hasil nya pasti kebahagiaan .. Maaf jika ada kata2 yg salah.. Amithofo. mau menghindar ciong,dengan berbuat baik dan benar juga berdana pada yang membutuhkaan..



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “