Fenomena Dhamma

Sunday, April 24, 2016

Techno of The Week: Alasan Air Laut Terasa Asin Sabtu, 23 April 2016 - 10:05 wib (Foto: Oceanservice.noaa) Dini Listiyani-Jurnalis - JAKARTA – Pernahkah Anda secara tak sengaja menelan air laut saat berenang di pantai? Air tersebut terasa sangat asin, dan lantas apa yang menyebabkan air di laut bisa menjadi asin dibanding jenis air lainnya? Dilansir Oceanservice.noaa, Rabu (20/4/2016), rasa asin pada air laut berasal dari batu di daratan. Hujan yang turun di daratan mengandung beberapa larutan karbon dioksida dari udara.





Ini menyebabkan air hujan menjadi sedikit asam karena asam karbonat yang terbentuk dari karbon dioksida dan air. Karena hujan mengikis batu, asam dalam air hujan dapat memecah batu.

Proses ini menciptakan ion, atau partikel atom bermuatan listrik. Ion-ion ini terbawa dalam aliran ke sungai dan pada akhirnya ke laut.


Banyak ion terlarut yang digunakan oleh organisme di laut dan dihilangkan dari air. Sisanya tidak digunakan dan tertinggal untuk jangka waktu yang lama, di mana konsentrasi mereka meningkat dari waktu ke waktu.

Dua dari ion yang paling lazim di air laut ialah klorida dan natrium. Keduanya membuat lebih dari 90 persen semua larutan ion di laut. Sehingga, sodium dan klorida yang asin membuat air laut terasa asin. (din)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home