Fenomena Dhamma

Sunday, April 24, 2016

Begini Cara NASA Tanam Kentang di Mars Rabu, 20 April 2016 - 19:30 wib Begini Cara NASA Tanam Kentang di Mars (Foto: NASA) Kustin Ayuwuragil Desmuflihah-Jurnalis- CALIFORNIA – Film fiksi ‘The Martian’ tampaknya telah menginspirasi Badan Antariksa Amerika (NASA) untuk menanam kentang di Mars. NASA percaya bahwa dalam lingkungan terkontrol, mungkin untuk menggunakan tanah Mars untuk menumbuhkan kentang. Kini, lembaga ruang angkasa tersebut telah bergabung dengan International Potato Center yang berbasis Lima, Peru, untuk membuat pertanian kentang di Mars.





Sebagaimana diberitakan Perfscience, (20/4/2016), para peneliti NASA dan International Potato Center telah melakukan tes pada 65 jenis kentang Peru untuk melihat mana dari mereka yang bisa ditanam di Planet Merah. Kentang telah dipilih sebagai makanan bagi astronot yang mungkin memulai misi ke Mars pada 2030-an karena tanaman ini beradaptasi dengan berbagai iklim. Selain itu, kentang sangat bergizi dan memiliki semua elemen makanan yang harus dimiliki.

“Ini bukan tugas yang mudah untuk mengambil organisme hidup Bumi ke tempat lain di ruang angkasa. Para ilmuwan juga belum pernah melakukan itu sebelumnya,” kata astro-biologi NASA, Julio Valdivia-Silva.

"Saya sudah melakukan tes dalam kondisi tertekan, tetapi tidak pernah jadi stres. Saya tidak berpikir mereka akan tumbuh di udara terbuka di Mars. Mereka harus menanam mereka di bawah kondisi yang terkendali, di kubah," kata ilmuwan Walter Amoros dari International Potato Center.

"Dalam 'The Martian', Mark Watney menggunakan tanah Mars untuk menumbuhkan kentang dalam lingkungan yang terkendali dari 'Hab'."Pada kenyataannya, tanah di Mars sebenarnya memiliki nutrisi untuk tanaman bertahan hidup di Mars!" tulis NASA di blog-nya.


NASA berencana untuk meluncurkan misi berawak ke Mars pada 2030-an, dan lembaga ini akan manfaatkan program kentang jika astronot menumbuhkan makanan di planet keempat dari Matahari itu. Tanah Mars kaya akan nutrisi tanaman penting seperti seng, besi, nitrogen dan kalium. Namun, suhu rata-rata planet minus 84 derajat Fahrenheit ditambah badai debu dan atmosfer tipis dapat menimbulkan kesulitan. (kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home