Fenomena Dhamma

Sunday, April 24, 2016

Anggota Gerak Tubuh Manusia Berasal dari Evolusi Insang Hiu? Rabu, 20 April 2016 - 19:00 wib Anggota Gerak Tubuh Manusia Berasal dari Evolusi Insang Hiu? (Foto: Gizmodo) Kustin Ayuwuragil Desmuflihah-Jurnalis CAMBRIDGE - Sebuah hasil studi mengejutkan dirilis oleh para peneliti di University of Cambridge. Menurut penelitian, anggota tubuh gerak manusia seperti tangan dan kaki boleh jadi merupakan hasil evolusi insang hiu.





Para peneliti di University of Cambridge menemukan bahwa anggota tubuh manusia, seperti insang ikan, tumbuh berkat gen yang dinamai Sonic the Hedgehog. Gen ini mengendalikan protein yang mempengaruhi pertumbuhan dan penempatan digit manusia selama perkembangan embrio.

"Di tangan, misalnya, Sonic hedgehog mengatakan ekstremitas sisi mana akan menjadi ibu jari dan sisi yang akan menjadi jari kelingking," Dr. Andrew Gillis, salah satu penulis studi tersebut, mengatakan kepada The Mirror Online.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa gen hedgehog menentukan pertumbuhan struktur pendukung insang, yang disebut sinar branchial. "Sinar ini benar-benar berperilaku seperti angka perkembangan. Pada dasarnya apa yang Gillis lihat adalah bahwa beberapa proses genetik yang membangun dan sinar pola insang merupakan dasar bagi pembentukan anggota gerak badang dengan jari tangan dan kaki. Itu adalah pengetahuan yang sangat menarik," terang Neil Shubin, ahli biologi evolusi di University of Chicago, kepada Gizmodo.

Gegenbaur, ahli anatomi asal Jerman berspekulasi bahwa sirip dan anggota badan terhubung karena kesamaan anatomi, sesuatu yang dulunya ditolak mentah-mentah karena kurangnya bukti fosil. (kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home