Fenomena Dhamma

Sunday, April 24, 2016

Rayakan Ultah 26, Hubble Potret Nebula Mempesona Jum'at, 22 April 2016 - 21:03 wib Rayakan Ultah 26, Hubble Potret Nebula Mempesona (Foto: NASA) Kustin Ayuwuragil Desmuflihah-Jurnalis CALIFORNIA – Teleskop Antariksa Hubble (HST) kini berajak 26 tahun. Para astronom menandai bertambahnya umur teleskop ini dengan memotret kecantikan Nebula Bubble atau yang biasa disebut NGC 7635.





Menurut Tech Times, Jumat (22/4/2016), Hubble pertama kali diluncurkan ke luar angkasa pada 24 April 1990 bersama space shuttle dan sekaligus menandai misi STS-131.

Nebula Bubble sendiri sangat besar, panjangnya mencapai tujuh tahun cahaya dari ujung hingga akhir. Jarak ini kira-kira 50 persen lebih besar dari ruang antara Matahari dan bintang terdekatnya, Alpha Centauri. Objek ini berada sekira 7.100 tahun cahaya dari sistem planet kita.


"Dengan Hubble membuat ulang tahun ke-26 di seluruh bintang rumah kita, Matahari, kami merayakan acara ini dengan gambar spektakuler dari interaksi yang dinamis dan menarik dari bintang muda dengan lingkungannya. Pemandangan Nebula Bubble, dibuat dari gambar WFC-3, mengingatkan kita bahwa Hubble memberi kita barisan depan kursi dalam mengagumi alam semesta yang menjadi inspirasi kita hidup, "kata John Grunsfeld, astronot Hubble yang juga administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA.


Karena terbuat dari banyak layer dengan temperatur berbeda, gas yang terbentuk di Nebula Bubble akan berwarna-warni. Ini memberikan astronom Hubble informasi mengenai struktur khas nebula. (kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home