Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-16.





置冠服,有定位
勿乱顿,至污秽
衣贵洁,不贵华
上循分,下称家

Zhi guan fu, you ding wei
Wu luan dun, zhi wu hui
Yi gui jie, bu gui hua
Shang xun fen, xia chen jia

Saat kita kembali dari bepergian, baik pakaian/topi maupun sepatu  yang ditanggalkan  harus diletakkan pada tempatnya. Sama sekali tidak diperbolehkan menaggalkan pakaian/topi maupun sepatu  di sembarang tempat. Sembarang menanggalkan pakaian/topi maupun sepatu   selain menyebabkan apa yang kita kenakan menjadi cepat lusuh & kotor, juga membuat tempat tinggal kita menjadi kotor-berantakan. Dalam hal berpakaian yang diutamakan adalah kebersihannya bukan keindahannya. Selain itu gaya berpakaian & berdandan setiap orang harus menyesuaikan dengan kedudukannya dalam masyarakat.

Pada jaman dinasti Tang, hiduplah seorang penyair terkenal yang bernama:Wang Wei王维. Dalam kehidupan sehari-hari, Wang Wei tidak suka mencari nama maupun keuntungan pribadi, sangat memperhatikan kebersihan. Tempat tinggal Wang Wei senantiasa tampak rapi & bersih. Setiap hari, setelah kembali dari istana, ia selalu menyapu lantai, kemudian menyalakan kesturi麝香. Menjadikan seluruh ruangan dipenuhi oleh bau harum. Setiap orang yang berkunjung ke rumahnya serasa berada di dalam sebuah kuil, suasananya begitu tenang & hening. Setelah itu, Wang Wei duduk, belajar & membuat puisi. Karenanya saat orang lain membaca karya Wei Wang akan dapat merasakan nyaman & leluasa.

Zhang Sun Dao Sheng长孙道生 adalah seorang jenderal yang hidup pada jaman dinasti Wei Utara北魏. Sehari-hari Zhang Sun Dao Sheng berperilaku jujur & baik hati. Meskipun medapat kenaikan pangkat yang tinggi, gaya hidupnya tetap-tiada berubah. Model pakaian yang dikenakan sederhana, saat bersantap juga tidak menuntut aneka lauk-pauk. Baik saat menjalankan tugas maupun sedang beristirahat sama sekali tidak menunjukkan sikap yang angkuh-sombong. Masyarakat menganggap Zhang Sun Dao Sheng sama dengan tokoh suci yang hidup di jaman purba: Yan Ying宴婴. Saat menjadi seorang perdana menteri, Yan Ying juga tidak merubah gaya hidupnya, tetap hidup sederhana. Seorang pejabat seperti Zhang Sun Dao Sheng yang jujur-tidak korup & berfoya-foya, sederhana & hemat barulah layak untuk disebut sebagai tonggak kerajaanm patut untuk kita hormati.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “