Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-18.




步从容,立端正
揖深圆,拜恭敬
勿践阈,勿跛倚
勿箕踞,勿摇髀

Bu cong rong, li duan zheng
Yi shen yuan, bai gong jing
Wu jian yu, wu bo yi
Wu ji ju, wu yao bi

Saat berjalan harus tenang & tidak tergesa-gesa, pada saat berdiri badan harus tegak. Ketika mengepalkan kedua tangan untuk memberi salam, harus membungkukkan badan. Sewaktu berlutut untuk bersujud harus sepenuh hati menaruh rasa hormat. Di larang berdiri di ambang pintu & menyandarkan tubuh di atas tembok. Tidak diperbolehkan duduk dengan posisi kedua kaki terbuka lebar mauoun duduk sambil menggoyang-goyangkan kaki.

Dalam bergaul Kong Zi sangat rendah hati & berhati-hati. Karenanya masyarakat luas sangat menghormati beliau. Ketika sedang berada di kampung halaman, saat bercakap-cakap dengan para sahabat, Kong Zi bersikap ramah & menaruh hormat. Saat menghadap baginda raja untuk berdiskusi, Kong Zi senantiasa dapat mengungkapkan pendapatnya dengan jelas & sederhana sehingga mudah dipahami. Sewaktu berbicara dengan teman sejawatnya, Kong Zi bertutur  kata dengan tenang-kalem & penuh keyakinan. Sebaliknya jika berbicara dengan pejabat yang lebih senior, rona wajah Kong Zi ramah-tamah & penuh hormat. Ketika baginda datang ke istana, Kong Zi menyambut beliau sesuai dengan aturan yang berlaku. Kesusilaan 7 sopan-santun yang diajarkan oleh Kong Zi mengacu pada tata krama jaman dinasti Zhou 周礼.

Pendiri dinasti Han汉,Liu Bang刘邦adalah seorang yang tidak gemar bersekolah. Suatu ketika, ia sengaja mengundang seorang pelajar yang bernama Li Yi Ji郦食其untuk datang menghadap. Saat Li Yi Ji telah datang, Liu Bang sengaja berbaring miring di atas pembaringan. Beberapa saat kemudian, memanggil seorang pelayan istana untuk membantu membasuh kakinya. Sikap Liu Bang memang keterlaluan, ia sengaja berlaku demikian karena ingin mempermalukan Li Yi Ji. Akan tetapi, Li Yi Ji tidak menanggapinya dengan amarah. Dengan penuh rasa hormat, Li Yi Ji mengepalkan kedua tangannya seraya berkata:”Baginda, jika anda ingin mengalahkan kerajaan Qintidak seharusnya bersikap sombong dalam menemuai orang tua yang berbudi.”Melihat Li Yi Ji tidak marah, akan tetapi dengan penuh rasa hormat memberi nasehat Liu Bang merasa malu terhadap apa yang baru saja dilakukan. Liu Bang segera berdiri & mempersilahkan Li Yi Ji untuk duduk. Liu Bang meminta petunjuk kepada Li Yi Ji tentang tata cara pemerintahan.

  
 
Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “