MEDITASI Dalam Bentuk Sebuah Lingkaran..



Dalam berlatih, jangan berpikir bahwa kamu harus duduk untuk bisa bermeditasi, jangan pula berpikir bahwa kamu harus berjalan kesana dan kemari untuk bisa bermeditasi (Cangkamana-Meditasi Jalan istilah modern).


Jangan berpikir seperti itu.


Meditasi adalah sebuah latihan yang sesungguhnya sangat sederhana. Apakah ketika kamu sedang memberikan sebuah khotbah Dhamma, duduk di sini mendengarkan Dhamma, atau pergi dari sini, kamu tetap dapat berlatih di dalam hatimu.

Tetap sadar terhadap apa yang patut dan apa yang tidak patut. Jangan memutuskan bahwa tidak apa-apa untuk mematuhi latihan-latihan bertapa selama retret musim hujan dan kemudian meninggalkan latihan tersebut setelah retret berakhir.


Hal ini tidak baik. Latihan tidak berjalan dalam cara seperti itu. Hal ini dapat disamakan seperti membersihkan sebuah ladang. Kita terus memotong rumput, memotong rumput, dan kemudian berhenti ketika kita capek. Kita meletakkan cangkul kita dan baru datang satu atau dua bulan kemudian. Alang- alangnya sekarang telah lebih tinggi daripada tunggul pohon.


Jika kita mencoba membersihkan daerah yang telah kita bersihkan sebelumnya, maka akan terasa berat bagi kita. Suatu waktu Ajaan Mun pernah berkata bahwa kita harus membuat latihan kita berbentuk sebuah lingkaran.


Sebuah lingkaran tidak pernah mempunyai akhir. Ia akan terus berjalan terus-menerus. Tetaplah berlatih secara terus-menerus tanpa berhenti. Saya mendengarkannya dan saya berpikir, “Ketika saya telah selesai mendengarkan ucapan ini, apa yang harus saya lakukan?”


Jawabannya adalah dengan membuat kesadaran kita: “Akaliko (bhs Pali)”: artnya tanpa batas waktu. Pastikan bahwa pikiran mengetahui dan melihat apa yang patut dan apa yang tidak patut, sepanjang waktu, baik sedang duduk, berdiri maupun berjalan.


Sumber: "108 Perumpamaan Dhamma" - Ajahn Chah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “