Kitab Di Zi Gui ke-26. Lanjutan…




Mari kita Belajar dan me-Ngajarkan Budi Pekerti dan Bakti kpd Anak2…


说长,此
不关 己,莫
人善,即思
,以渐跻

Bi shuo chang, ci shuo duan
Bu guan ji, mo xian guan
Jian ren shan, ji si qi
Zong qu yuan, yi jian ji

Jangan mudah mempercayai gosip yang mempergunjingkan kejelekan orang lain. Hal yang tidak berhubungan dengan kita tidak perlu dipedulikan. Jadikanlah kelebihan/kebaikan orang lain sebagai panutan bagi diri sendiri. Pada awalnya kita tidak bisa menyamai kebaikan orang tersebut, dengan tekun & tak jemu memperbaiki diri, lambat-laun kita dapat mengejar ketertinggalan tersebut.

Pada jaman antar kerajaan sedang berperang/zhan guo, putra mahkota kerajaan Weimenjadi tawanan kerajaan Zhao. Baginda raja Wei mengutus Pang Gongbernegosiasi dengan kerajaan Zhao dalam rangka untuk membebaskan sang pangeran. Sebelum berangkat menjalankan tugas, Pang Gong berkata kepada baginda raja Wei:”Jika ada seseorang yang mengatakan di tengah kota terdapat seekor harimau yang menggigit & melukai para penduduk, apakah anda akan percaya?”Baginda raja Wei menjawab:”Saya tidak percaya!”Selanjutnya terdapat orang kedua datang melaporkan jika di tengah kota terdapat seekor harimau yang buas, apakah anda akan percaya?””Saya mulai menaruh rasa curiga.” Jawab raja Wei. Pang Gong melanjutkan perkataannya:”Tak lama kemudian, datang orang ketiga melaporkan hal yang sama.

Apakah anda masih merasa ragu & tidak percaya?””Kalau sudah 3x, saya pasti percaya & tidak lagi ragu.”Pang Gong berkata:”Di tengah kota jelas-jelas tidak mungkin terdapat harimau yang dapat melukai & menggigit para penduduk. Akan tetapi karena ada 3 orang melaporkan hal yang sama, lantas membuat orang lain merasa benar-benar ada seeokor harimau. Sekarang saya hendak menuju ke kerajaan Zhao. Jarak kerajaan Zhao dengan kerajaan Wei sangatlah jauh. Setelah saya meninggalkan kerajaan Wei, pastilah ada banyak orang yang datang menghadap baginda untuk membicarakan saya. Saya berharap agar anda dapat menyelidiki kebenarannya & tidak mudah percaya gosip.”

Dahulu kala di Zhong guo hiduplah seorang raja yang baik, bernama Tang Tai Zong唐太宗. Beliau bukan saja seorang raja yang berbakat besar & berpandangan luas, akan tetapi juga bersedia menerima segala kritikan sehat yang membangun. Baginda Tang Tai Zong memiliki seorang pejabat yang bernama Wei Zheng魏征. Wei Zheng adalah seorang pejabat yang jujur & berani memberikan kritik membangun. Begitu melihat baginda Tang Tai Zong melakukan kesalahan, Wei Zheng segera memberikan peringatan. Berkat bantuan Wei Zheng, baginda Tang Tai Zong dapat menghindari banyak kesalahan fatal. Saat Wei Zheng tiada, baginda Tang Tai Zong berkata:”Dengan menggunakan tembaga sebagai cermin, kita dapat memeriksa apakah pakaian yang dikenakan sudah rapi/belum?

Dengan menggunakan orang lain sebagai cermin kita dapat melakukan introspeksi 铜为镜可以知道自己的衣冠是否整,以人为镜可以知道自己是否有过错 yi tong wei jing ke yi zhi dao zi ji de yi guan shi fou zheng qi, yi ren wei jing ke yi zhi dao zi ji shi fou you guo cuo. Sekarang Wei Zheng telah tiada, saya kelhilangan seseorang sebagai cermin.”

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “