Menjadikan Umat Buddha Lebih Baik dan Smart (Cerdas).. Ke-11.



MAU LANJUT…? BIAR TUNTAS…YAH…

APA PERBEDAAN: KONSEP ADI BUDDHA vs KONSEP UDANA VIII: 3?

Apa Alasannya dan tlg Jelaskan uraian dan sebabnya..


KOMENTAR:


1. Sadhu sadhu sadhu, bhante.


Kesimpulan, dalam mengemukakan sanghyang adi buddha sebagai landasan ketuhanan bagi buddhisme terutamanya di indonesia, bukan masalah bagi saya apakah rekan theravada mau mengadopsinya atau tidak, yang terpenting adalah mereka memahami konsepnya dan mau mendengarkan penjelasan secara komprehensif tentang apa itu adi buddha. apakah rekan theravada mau menyebutnya atau tidak itu tidak lagi penting.
 


Saya masih berpikir bahwa kesalahpahaman kerangka pemikiran rekan theravada yang langsung menolak mentah2 doktrin adi buddha bukan hanya dikarenakan adanya ignorance ttg apa itu adi buddha, karena memang belum ada yg menjelaskan secara gamblang hingga hari ini, tetapi juga karena fanatik sempit yang tidak ingin membuka diri bergaul dengan kemajemukan filosofi dalam kehidupan bermasyarakat. ego sentris ini telah melahirkan kesombongan diatas kesucian pengetahuan yang digemborkan. ini tentu bukan cara berpraktik dharma yang benar. semakin belajar dan mengerti seharusnya semakin tumbuh kerendahan hati, toleransi, kemampuan untuk mendengarkan dan memahami, dan berdiskusi dari hati ke hati tentang pandangan benar, bukannya memaksakan pengetahuan terbaiknya. ini adalah sebuah attitude dalam pergaulan.



Barangkali juga yg timbul dalam pemikiran rekan theravada saat mendengarkan ttg ketuhanan dalam buddhisme adalah sebuah penyamarataan dengan konsep ketuhanan dalam pandangan keyakinan lain, sehingga timbulah pertanyaan : "mahadewa manalagi nih?". apalagi setelah menemukan naskah adi buddha dalam versi tantra yang penuh dengan simbolik tanpa dilandasi dasar pemahaman yang benar. maka ditariklah kesimpulan dg cepat : memang benarlah adi buddha itu adalah seorang mahadewa atau mahabuddha atau deity apapun yang berwujud dalam satu dan lain rupa, dan ini pasti adalah pandangan salah (tanpa mengonfirmasikan terlebih dahulu pada yang menguasai topik ini).


 
Apakah tuhan harus selalu berbentuk? apakah tuhan harus selalu mencipta dan mengawali? apakah standar tentang tuhan harus selalu mirip dg yang lainnya yg sudah diakui orang banyak?



we are different, we have our own view. this god are not that god. this god are not like the god we are thinking about. we (samsara and nirwana) all the fenomena are the god itself.



Mengenai makna simbolik tentang kemunculan, perwujudan, manifestasi, penciptaan, pemilik alam semesta dll yang dikaitkan langsung dengan adi buddha di dalam naskah tantra, mari kita pelajari bersama. dan saya siap untuk memberikan keterangan, bila diperlukan saya bisa mengundang kepala biara sera untuk memberikan penjelasan tentang ini karena beliau adalah praktisi senior kalachakra tantra yang mengkhususkan diri untuk melakukan puja adi buddha. sekian dan terima kasih atas waktunya dan perhatiannya. mohon maaf bila ada penyampaian yang kurang berkenan. tulisan adalah tanpa ekspresi dan emosi. tentu bila berkesempatan diskusi tatap muka akan terlihat seperti apa ekspresinya.


Namaste. _/\_ atau barangkali ada teman2 disini yang ingin menyelenggarakan sebuah seminar : DISCUSSION ON ADI BUDDHA. saya rasa pasti banyak yang tertarik untuk menyimak.



3. Tepat sekali penjelasan @Tarra Lozhang mengenai konsep Adi Buddha versi Vajrayana/Tantra. Adi Buddha adalah Pencapaian Tertinggi.


Ke- 1. konsep Adi Buddha telah diterima oleh pemerintah negara RI sbg konsep ketuhanan YME agama buddha yg sah, untuk mempersatukan aliran agama buddha di indonesia, candi borobudur sbg tolak ukur nya.. Konsep Udana VIII:3 merujuk Nibbana yg dibuat "CW" ruang lingkupnya hanya sebatas oknum theravada indonesia yg ter"santet" oleh petinggi2 organisasi theravada indonesia...


Sudah ada konsep kenapa dibuat lagi ya?
Apakah ini namanya memecah belah Sangha ?
(semua nya terjawab di fb bhante sudhammacaro)
Ke-2 Penganut konsep ketuhanan YME Adi Buddha lebih bersifat universal, Sedangkan penganut konsep ketuhanan Udana VIII:3 (organisasi theravada indonesia) byk yg emosional, egonya terlalu tinggi (mungkin otot2nya terlalu tegang akibat salah meditasi xi xi xi..) dan berpikirnya terlalu sempit ttg pengetahuan dharma shg jd fanatik...


Terbukti byk yg delcon dr fb bhante... Mohon maaf jika ada kata2 yg salah atao tidak berkenan di hati, maklum umat awam yg baru belajar ttg pengetahuan Dharma.. Santai santai omithofo.



Setuju sekali konsep KeTuhanan yg dibuat Pak C.Wowor itu hanya utk menutupi bila berdebat dgn umat Nasrani krn Pak C.Wowor pemeluk agama Buddha perantauan (hijrah dari Nasrani ke Buddha) stlh hijrah membawa banyak mslh, terpecahnya sangha yg sdh ada dibentuk 1953 (Sangha Agung Indonesia) di Indonesia krn Pak C.Wowor (mantan Bhikkhu Aggabhalo) bersama2x 4 Bhikkhu lainnya yg memecahbelah sangha yg sdh ada dgn mendirikan STI thn 1976 makanya konsep utk agama Buddha apapun yg dibuatnya cenderung sensasional & bersifat ingin menonjolkan diri tapi hal ini justru dikagumi oleh petinggi2x lainnya dlm organisasi Theravada

 
Sesuai kenyataan & fakta yg mengagumi beliau benar2x bodoh, mau diajak melawan arus yg sdh disetujui oleh konggres WALUBI 1980 & mau diajak berpandang salah



4. Ini Pesan dari Guru Agama Buddha yg tdk mau disebut namanya:

 
Ya.. Yang Mulia... Komennya seru-seru... Yang Mulia hebat membakar nafsu amarah mereka. Hingga mereka jantungnya berdebar-debar mau copot... saya salut sama Yang Mulia..nanti saya ikut komen biar tambah seru..yah…


Umi Grace S rajin bener bahasnya jd tinggal selangkah lagi bisa masuk...pergantian gelar..hihihihi...Ayo Umi Grace S.mumpung Yg Bijak Tarra Lozhang msh sempat mengajar anda ajak teman2-mu biar jd Orang Bijak dan jng jd Orang DBB terus..Malu sama yg muda2 tauk?



Menjaga pikiran sendiri sebenarnya susah susah gampang ! Kalau mau mudah aja tp pelaksanaanya susah ! Gimana pikiran yg positif itu kita kembangkan tp yg namanya negatif jg bisa timbul secara bergantian ! Berhubung saya belum bisa kendalikan pikiran ,mohon petunjuk dr yg sdh bisA mengendalikan lebih baik !silakan saya tunggu komentnya ! Trimakasih.


5, Iya setuju sekali, komen pakai akal yg sehat klo pakai emosi menunjukkan pelaksanaan Dhammanya NOL BESAR.



6. Luar Biasa Terimakasih Kami Umat Buddha kpd para Sesepuh zaman dulu: Alm. Bhante Thiaketuko, dan Alm.Maha Sthawira Ashin Jinarakkhita (Sukong) dan Sesepuh Umat Buddha dulu. Yg telah merumuskan Konsep Tuhan YME/ Ketuhanan YME di Indon demi Penyelamatan Ajaran Buddha masa itu, yg akhirnya behasil sebab smp saat ini kita dpt mengenal Dharma, mempelajari dan Praktik Dharma dg Bebas dan Bahagia, Sadhu. Semoga Karma Baiknya menerangi Perjalanan Beliau para Sssepuh Umat Buddha dlu yg telah berjasa Menyelamatkan Ajaran Buddha di Indon dari dulu hingga saat ini, Sadhu.


7. INTERMEZZO:
 

Yg Bijak Tan Ruslan, ngerogoh/merogoh Sukma itu tdk usah ke Myanmar 30th …lama amat.., bhante sdh bs buktikan dlm wkt singkat cara ngerogoh/ merogoh Sukma. Aha hahahaha.. gampang banget caranya yaitu: cari orang yg namanya si Sukma ketemu lalu Sakunya di-Rogoh..rebes deh.. Ini cara Merogoh/ Ngerogoh Sukma model Jadul.. hihihihi…


8. Terimakasih Luar Biasa Yg Bijak Tarra Lozhang yg telah menjelaskan secara sederhana bhante merasa kagum atas Pengetahuan Dharma anda yg Luar Biasa dan sangat berguna bagi Umat Buddha di Indon, krn Konsep Adi Buddha  selama ini masih Teka-Teki tdk jelas secara Dharma. Semoga Yg Bijak Tarra Lozhang dg Pengetahuan Dharmanya terus berkembang hingga mengantarkannya ke Pantai Bahagia Nibbana...Sadhu.



9. Konsep Tuhan YME dg Udana VIII: 3 yg dibikin oleh si C.Wowor dan Umat Therawada Indon adalah menunjukkan Teoritis Mati, Dogma dan Teks Book. Tdk ada Nilai Pemahaman Dharma secara Praktisi Dharma.


Krn Substansi dari Konsep Tuhan YME dg Udana VIII: 3 adalah Konsep Mati dan Dogma.
Sebab itulah, yg bikin Konsep Tuhan YME dg Udana VIII: 3 yg dibikin oleh si C.Wowor dan Umat Therawada Indon layak mendapat Gelar si ‘DUNGU dan BEGO BANGET’ 


Sementara Konsep Tuhan YME Adi Buddha dari Sagin yg dibikin oleh Alm.bhante Thitaketuko dan Alm. Y.M. Maha Sthawira Ashin Jinarakkhita serta Umat Buddha Indo menunjukkan Nilai Pemahaman Jernih Praktisi Dharma yg Sangat Tinggi sehingga  berguna menambah Pengetahuan Dharma dan membuka Wawasan jadi Luas.


Sebab itulah,yg bikin Konsep Tuhan YME Adi Buddha dari Sagin yg dibikin oleh Alm.bhante Thitaketuko dan Alm. Y.M. Maha Sthawira Ashin Jinarakkhita serta Umat Buddha Indo layak disebut Orang2 Bijak masa kini. Selain Konsepnya Jelas dan Substansinya menunjukkan Pemahaman Jernih dari para Praktisi Dharma yg bernilai Tinggi.


Juga dg Tindakannya tsb, Alm.bhante Thitaketuko dan Alm. Y.M. Maha Sthawira Ashin Jinarakkhita serta Umat Buddha Indo sangat Berjasa Besar krn telah Menyelamatkan Ajaran Buddha di Indonesia ini, hingga kita dpt mengenal Dharma dan Praktik Dharma dg benar dan bahagia, Sadhu.


Demikianlah menurut pendapat bhante semoga berguna menambah Pengetahuan Dharma dan membuka Wawasan jadi Luas, Sadhu.





Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "