Menjadikan Umat Buddha Lebih Baik dan Smart (Cerdas).. Ke-12.


Buddha bersabda: Siapapun yg berani Mengubah, Menambah, dan Menyelewengkan Ajaran-Ku (Dharma-Tipitaka), maka setelah Mati Dia akan masuk ‘NERAKA’, maka TUNGGU SAJA yah…Ingat setelah MATI….



Dasar si ‘DUNGU BEGO BANGET’ bikin Konsep Yuhan YME dg Udana VIII: 3. Sembarangan saja, Memang Pantas disebut: ‘ Orang2 Dungu dan Bego Banget’.



Jelas Orang2 yg bikin Konsep Tuhan YME dg Udana VIII: 3 adalah menunjukkan ber-Paham Fanatisme Sempit, Egosentris, Arogansi, Teoritis Mati Dogma dan Teks Book. 


Parahnya lagi, sdh jelas dlm Tipitaka tdk ada Konsep Tuhan YME tapi si C.Wowor dan Umat Therawada Indon malah bikin Konsep Tuhan YME dg Udana VIII: 3 digunakan sebagai Dalil yg dpt dipertanggung jawabkan.



Ini artinya bahwa tindakan si C.Wowor dan Begundal serta para Kroconya Umat Therawada Indon sdh Mengecoh Umat dan Pemerintah Indon, berani Mengelabui Umat dan Pemerintah Indon, membuat Pembodohan Umat, Penyelewengan Ajaran Buddha. Terakhir: Meng-Acak2 Tipitaka, Mengubah, Menambah dan Merusak Tipitaka.


Sungguh Sangat Berat Karma Buruknya Orang2 spt itu. 
Inilah yg bhante sebut si ‘DUNGU dan BEGO BANGET’.
Buddha bersabda: Siapapun yg berani Mengubah, Menambah, dan Menyelewengkan Ajaran-Ku (Dharma), maka setelah Mati Dia akan masuk ‘NERAKA’, maka TUNGGU SAJA yah…Ingat setelah MATI….


Fakta Sejarah: Dewadatta setelah Mati masuk Neraka Avici krn telah Memecah belah Sangghaa, hingga Dewadatta saat/detik2 mau Mati terjadilah: Bumi Terbelah Lebar di depan Dewadatta lalu masuk tanpa didorong oleh siapapun…akhirnya Buddha menyatakan bahwa Dewadatta masuk ke Alam Neraka Avici yg sangat mengerikan Siksaannya.


Semoga berguna untuk menambah Pengetahuan dan Wawasan Dharma.
Mohon Maaf jng Marah yah bila ada yang salah dan tidak berkenan di-Hati si Bego Banget. Sadhu.

Jaga Pikiran-mu yah..jng biarkan ke-arah Negatif; Marah..Benci..Dendam.Irihati..  sgera Kendalikan..agar tdk disebut Umat Therawada Indon yg DUNGU dan BEGO BANGET..

Belajar Diskusi Dharma dg cara Bijak dan Elegan pake Akal Sehat (Logika), kl tdk bisa jng Komen itu lbh baik, krn tdk menambah Karma Buruk anda, sadhu.



KOMENTAR:


1. sudah bhante, besarkan hatinya. buddha gotama sendiri beberapa kali juga pernah kesel dg para brahmana yg seolah2 bertanya ingin tau tetapi sebetulnya hanya ngetest ilmu pengetahuan, ingin menyalahkan, ingin menjatuhkan, dll, tetapi pada saat diberitahu yang sesungguhnya malah menghindar dan berputar2. begitu keras kepalanya mereka sampai buddha gotama menyebutnya di dalam sutta sebagai "wahai orang bodoh". bahkan saat berdiskusi dg brahmana saccaka yang tidak fair, kekesalan buddha dirasakan oleh bodhisatva vajrapani yang hadir membawa vajra (petir) dan siap diarahkan pada saccaka bila selalu menolak kebenaran yang telah diungkapkan oleh buddha. kasihanilah mereka yg membuat seorang bhante yg menjalankan dhamma vinaya dg cukup baik menjadi demikian kesal, nanti hidup mereka tidak bahagia bhante.



2. @ Tarra Lozhang sabar ya memang itulah karakter 95% umat Theravada merasa paling hebat, paling murni & paling benar dlm mewarisi dhamma yg diajarkan Guru Agung kita, stlh melihat kenyataan yg ada umat Theravada itu sbnrnya sangat tinggi egonya & selalu menonjolkan diri Dgn sikap seperti itu bgmana dpt mengklaim bahwa paling benar & paling murni dlm mewarisi dhamma yg diajarkan Sang Buddha Fakta2x dlm kehidupan tlh mempertontonkan & menunjukkan bahwa umat Theravada kelompok Panjika & C. Wowor yg merasa hebat & pintar sekali dlm vinaya, sutta & abhidhamma sbnrnya mereka pelawak2x yg telah mempermainkan dhamma.



3. semoga semua pembelajar dhamma bahagia dan menemukan kebenaran yang ultimate, bertemu dg guru yang terampil dan unggul dalam banyak metode, hidup damai dalam praktik dhamma, dan mencapai pembebasan pada akhirnya. sadhu sadhu sadhu.



4. sebetulnya untuk menjernihkan ini perlu diskusi terbuka antara yang memahami adi buddha dan yang menolak. saya pernah beberapa kali mengajak mereka untuk berdiskusi, tetapi selalu ditolak dan dihina : "buat apa saya mendengarkan ceramah mu? pandangan konyol mu hanya untuk orang tolol yang tidak mengerti ajaran buddha." dan mereka ini umumnya adalah pembelajar abhidharma muridnya pak pandit kaharudin. mereka sama sekali tidak ingin tatap muka untuk diskusi hanya karena beranggapan pengetahuannya sudah final dan orang lain adalah bodoh serta tidak paham sama sekali. kenapa saya ingin sekali berdiskusi dg mereka? karena ada beberapa hal yang tidak bisa saya uraikan dg tulisan mengenai pemahaman ini. ada metode yang ingin saya tunjukan kepada mereka sehingga mudah2an mereka langsung memahami saat saya menunjukan beberapa kali saja tanpa perlu banyak diskusi karena mereka sudah cukup pintar dan banyak belajar. tapi ya itulah, selalu hanya ejekan saja yg saya dapatkan. tidak mengapa lah, suatu saat pasti akan datang waktunya bagi saya untuk menjelaskan. namaste.



5. maaf bhante apakah pantas bhante ngucap seperti itu? apakah jubah bhante hnya untuk topeng biar disegani umatnya? apakah GURU BUDDHA mengajarkan murit2nya untuk ngatain umatnya.



6. putra seka, semua orang bisa kesal. bhante kan juga manusia, bukan robot. tetapi kesalnya seorang bhante yg berlatih tentu lebih terkendali dibanding siapa saja yg tidak berlatih. coba untuk memahami hatinya ya. tidak ada yang sempurna selain buddha. bahkan buddha sendiri pun sempat beberapa kali kesal dan itu terekam di dalam sutta. tetapi kesalnya mereka tidak mencelakai, lebih karena cinta kasihnya untuk mencerdaskan kita yg terlalu sulit diberi pengertian. coba bila anda memiliki anak yg keras kepala dan anda marah. apakah anak anda boleh mengatakan : kok orang tua seperti itu ya? Hehehe.



7. Bacalah dengan seksama dan cerna dengan baik maksud dengan tulisan di atas... jangan hanya membaca judul dan sebagian atasnya saja... tidak mungkin seorang bante berani menullis hal yang salah .... marilah bersama sama renungkan arti tulisan yang terselip makna ajaran yang sebenarnya .... KEBENARAN .... capek deh ..... ternyata banyak yang salah mengartikan sebuah tulisan yang berkata kata tak biasanya ..... carilah jawaban dari diri "MENGAPA",,"KOK BISA YAA" ....



8. Orang yang tak pernah di katakan dungu atau bodoh, ia takkan belajar dari sgala kesalahan yang ia perbuat sehingga dia selalu tinggi hati dan tak pernah mengerti atas kesalahan yang ia perbuat.. Hendaknya kita menelaah kembali segala kata - kata yang orang ucapkan...jangan hanya menjudge kalau kata2 itu kasar...kata2 itu buruk...kata2 itu menjijikan...belajar menelaah kembali sgala ucapan dengan akal sehat...mengapa begini..mengapa begitu...mengapa seorang bhante sampai berkata seperti itu... ada akibat pasti ada sebab nya... maaf kalau saya ada salah kata2...amitofo...sadhu.


9. @tarra,, mudah2 an nti ada berjodoh ya ketemu dlm seminar2 ttg Adi Buddha.. Smoga sukses selalu ...tq brow. sama2 sukses dalam materi dan spiritual.



Teman2 Yg Bijak Tarra Lozhang, Pencari Dhamma, TamanDharma, Tarra Lozhang, Tan Ruslan, Dedi Liu Chandra, Fera Kartika, Fransiska Fang Anumodana atas Pencerahan Dharmanya yg sangat berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan Dharma jd luas, semoga Karma Baiknya selalu mengiringi anda dlm hidup hingga mencapai Kemajuan dlm Praktik Dharma, Kesuksesan, terapai segala cita2nya, sampai menuju Pantai Bahagia, Sadhu.


Memang tdklah mudah Menyadarkan Orang2 yg sdh Ter-Sesat Pandangan Dharma/ Jalan Dharmanya, tapi setidaknya kita sdh memberi Jalan yg ter-Baik Utamanya bagi Generasi Muda yg akan menentukan Masa Depannya.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "