MENJADIKAN UMAT BUDDHA YG LBH BAIK DAN CERDAS..Ke-6



“ KONSEP TUHAN YME THERAWADA INDON ISINYA NGACO INI PEMBODOHAN UMAT “


Fakta Sejarah: Konsep Ketuhanan dari SAGIN Sanghyang Adi Buddha yg dulunya Menyelamatkan Umat Buddha dari Peraturan Pemerintah tentang Ketuhanan Yang Maha Esa, di sebut SESAT, di-Tentang habis2an, disebut tdk ber-Dasarkan Tipitaka dst….

Padahal, Konsep itu Awalnya Ide dari Alm bhante Thitaketuko (anggota STI) wkt Kongres Walubi di Yogya (th 1980an kl tdk salah), dan sdh di-Setujui oleh Forum para bhikkhu/ bhikshu dan para Sesepuh Umat Demi utk Menyelamatkan Perkembangan Agama Buddha di Indo, Syaratnya hrs ada sebutan Ketuhanan YME.

Setelah terbentuk STI (Sanggha Therawada Indon) tiba2 si wowor bikin Konsep Ketuhanan YME Versi baru: NIBBANA disebut Ketuhanan YME dg Udana VIII:3.

Anehnya, Konsep Ketuhanan Wowor itu NGACO krn NIBBANA disebut TUHAN YME, Mana Boleh?

Tp Kebanyakan Umat Therawada Indon Nurut saja dg membuat Pembenaran Sendiri, membela habis2an dst..  Jadi Ga Lucu kan..


Kebanyakan Umat Therawada Indon tdk tahu Balas Budi Jasa para Sesepuh, tdk tahu Menghormati para Sesepuh yg dulu, malah suka Mbalelo, MEMBEO MANUT SAJA sama yg Salah, dan Membabi Buta Nelen Mentah2 Konsep NGACO tsb dan tdk Berani Kritik/Lawan meskipun SALAH di-Ikuti Terus
.
Umat Therawada Indon kebanyakan Bego Banget  tdk tahu Balas Budi Jasa para Sesepuh, tdk tahu menghorhati para Sesepuh dulu, malah membela yg Salah hanya lht wowor yg bikin dianggap Pinter Teori Dharma jd manut saja, Mem-BEO, mem-Babi Buta, Nelen Mentah2. Padahal, Konsep inipun tdk ber-Dasarkan Tipitaka, inilah yg bhante katakan jng Ikuti Jejak “Orang2 DUNGU Umat Therawada Indon”.


Semoga berguna untuk menambah Pengetahuan dan Wawasan Dharma.
Mohon Maaf bila ada yang salah dan tidak berkenan di-Hati anda. Sadhu.

Motivator Dharma bilang: Kalau anda mau Maju dan Sukses, bangun pagi hrs Gunakan Pikiran Positif, dg belajar Komen yg Jujur, Benar dan Berguna. Sebaliknya, kl anda bangun pagi Gunakan Pikiran Negatif, pasti Usaha/ Kerja anda tdk akan Maju dan Sukses. 

Silahkan kl mau Komen yg JUJUR, benar dan berguna, terimakasih sadhu.


Komentar:

1. luar biasa Y.M. Bhante Sudhammacaro. Katannyukatavedi ya Bhante... Lanjutkan bhante... hahaha, ampun deh bhante ...hihihihi..
Iya begitulah STI suka2x mengubah konsep KeTuhanan semaunya krn merasa paling suci, paling hebat & paling murni dlm mewarisi ajaran Sang Buddha STI dari awal pembentukkannya thn 1976 sdh memecah belah sangha yg sdh ada makanya tdk heran pula sikap arogannya STI selalu muncul dlm setiap perilakunya selalu merasa THE BEST padahal dlm prakteknya menjlnkan dhamma NOL BESAR.

santai santai , coba yang kira kira emosi gara gara kata BEGO dan merasa dirinya orang orang dungu silakan atuh marah marah di sini,hahahaha. karena menyadari ada yang ngak beres dan merasa di bodohi itu maka Bhante sudhammarco membeberkan kepada umat lainnya, coba kalian gunakan insting , perasaan , serta logika kalian , apakah seperti demikian.

Lebih baik kita bodoh tetapi kita bisa mengetahui hal yang benar dan salah , di bandingkan kalian pintar tetapi tak sedikitpun memakai perasaan untuk mengetahui salah dan benar itu sama saja dengan 0 BESAR . saran saya sih jangan terlalu fanatik deh kalau mempelajari sesuatu , netral mana yang sekirannya baik kita ambil,
Tapi renungkan apa kah itu benar, dan juga yang salah kita renungkan kembali apa yang salah dengan ini, sekiranya kita cocok gitooo yang kita petik, hahahaha. Dimana ada api pasti ada air untuk meredupkan , belajar menghargai , jika kurang berkenan ya di abaikan saja , jangan malah koment yang membuat terlihat semakin Bodo , ego dan munafik . sorry loh sebelumnya . sadhu sadhu sadhu.


@Dedy Liu Chandra sy setuju sekali dgn komentar anda, dlm berkomentar & berdebat di forum terbuka seperti pakailah logika. Jujur & kesabaran bkn emosi & sifat fanati & munafik yg berlebihan sikap2x seperti ini memperlihatkan kedunguan, kebodohan serta praktek melaksanakan dhamma hanya lip service atau NOL BESAR.

Itu semua juga hanya konsep. Ketuhanan yang sebenarnya hanya bisa kita ketahui bila kita telah mencapai kesucian.

Namo budhaya..... " Tidak ada siapapun di dunia ini yang selalu di puji dan di cela.tidak ada siapa pun di dunia ini yang selalu benar dan selalu salah.karena di dalam kebaikan pasti masih ada sebuah keburukan,dan di dalam keburukan pasti masih ada kebaikan ". Sadhu.


2. Konsep ketuhanan Sanghyang Adi Buddha sama konsep ketuhanan Nibbana emang ada bedanya dilihat dari kacamata tipitaka? Bukannya sama" konsep ngaco? Jadi koq bisa"nya ya ngatain konsep yg lain bego, spt kura" ketawain penyu...hmm. Btw, luar biasa ya bhante satu ini bisa ngatain orang lain bego bgt...hmm.


3. hehehehhh... grace dari dulu gak berubah, selalu sensi :D kalau baca harus teliti, gunakan nalar jangan gunakan perasaan... tapi bisa dimaklumi sih secara wanita kan memang selalu mengutamakan perasaan ketimbang nalar logika.


4. Yeah TDDK jg ngak pnah berubah senengnya debat kusir mlulu...coba dijawab dulu pertanyaannya...konsep Sanghyang adi buddha sama konsep nibbana benar ngak sama dgn konsep ketuhanan mnrt tipitaka? Lah pasti ngak benar donk...lah wong tipitaka ngak mengenal konsep ketuhanan! Trus apa dasarnya bhante suddhamacaro mengklaim yg satu bego yg satu bijak? Silahkan TDDK.


5. indon adalah sebutan warga negara malaysia buat indonesia untuk merendahkan warga negara indonesia, Apakah bisa gunakan bahasa yg lbh sopan lagi selain kata indon.


6. anda menghakimi konsep keyakinan umat lain,apakah dengan pikiran anda yang penuh dengan kebencian terhadap Sangha tertentu.menunjukan anda sudah benar...SADARI PIKIRAN ANDA ITU !!!


7. kalo batin anda melihat ini bisa memicu "perang baru" maka sebaiknya tidak perlu dikomentari, tulisan ini sepertinya membela secara membabi buta dan tidak elegan, walau saya sendiri penganut/pengikut "Adi Buddha" sebagai sebutan final Ketuhanan di Agama Buddha yang saya anut ini.


8. Sabar & jangan menggunakan emosi dlm berdiskusi seperti di forum ini klo tdk sepaham dgn pendapat pihak lain silahkan menggunakan argumen2x yg membuat pihak lain mengerti pendapat anda Dlm tulisan di forum ini Bhante jelas2x menuliskan bahwa STI pada awal terjadi konsep KeTuhanan dlm agama Buddha sdh menyetujui saat di saat konggres WALUBI dihadiri para Bhikkhu dari 3sangha yg resmi pada era thn 1980an.

Bahkan konsep ini awalnya dari almarhum Bhante Thitaketuko yg nota bene merupakan Bhante dari pihak STI Pada thn2x selanjutnya mengapa STI berubah pikiran bahkan dgn arogannya mengatakan konsep keTuhanan yg sdh disepakati bersama2x di konggres WALUBI pada saat itu SESAT Bila melihat kenyataan fakta yg telah terjadi maka STI bagaikan menjilat ludah kembali Bagi sy pribadi melihat STI adalah sangha tapi banyak sekali perilakunya yg tdk mencerminkan praktek dhamma yg baik.

Fakta yg ada cenderung arogan merasa STI sdh paling hebat, paling baik & paling murni dlm mewarisan dhamma yg tlh diajarkan Sang Buddha Blh juga kita bilang Bhante juga manusia perlu diingat sila para Bhikkhu 227 sedang umat awam 5 -8 seharusnya para Bhante lbh baik dlm praktek dhamma bknnya arogansi yg sering dipertunjukkan oleh pihak STI.


9. Faktanya konsep ketuhanan tidak dikenal dalam Buddhisme/Tipitaka...Kalau pun mau dipaksakan konsep ketuhanan supaya Buddhisme bisa eksis di negara Indonesia ini yang memaksakan paham Theis pada warganya, ya jelas konsep nibbananya pak Wowor lbh bisa dipertanggungjawabkan karena ada landasannya yaitu Udana 8:3. Kalo konsep Sanghyang Adi. Buddha apa landasannya? Jelas" ini cm konsep bikinan yg tidak ada landasannya sama sekali di Tipitaka...ya sudah sepantasnya dikoreksi. Kedepan mungkin saja konsep ketuhanan nibbana juga akan dikoreksi oleh anggota STI yang akan datang dimana mgkn saja negara ini sudah lbh terpelajar shg tdk memaksakan konsep Ketuhanan lagi....apa ntar saat it mau protes lg ngatain STI jaman it bego tdk hargai jasa leluhur... Lucu polah pikir bgt.


10. @Grace... anda gak sadar bilang gitu? anda sendiri pendebat dan selalu mendebat saya tapi masih bisa bilang orang lain senengnya debat kusir... jadi kamu sama sekali gak nyadar dirimu pun gak lebih dari pendebat kusir hahahahhh :D jangan munafik lah jadi perempuan grace... yg ditulis bhante -> " namo sanghyang adi buddhaya digunakan untuk menyelamatkan umat buddha" ... baca lagi yg teliti grace. mana ada bhante mengclaim yg satu bego yg satu bijak, saya ga nemuin itu dalam tulisan bhante... itumah hasil persepsimu sendiri grace.

Grace>> konsep nibbananya pak Wowor lbh bisa dipertanggungjawabkan karena ada landasannya yaitu Udana 8:3. Kalo konsep Sanghyang Adi. Buddha apa landasannya? ======= ow itu toh rupanya yg bikin grace naik darah :) bagi saya kedua konsep itu cuma karya sastra, sama2 bukan buddha yg ngajarin... dan itu udah jelas dituliskan bhante kalau konsep adi buddha lahir karna keterpaksaan demi menyelamatkan eksistensi agama buddha. nah kalau tujuan konsep adi buddha tsb sudah berhasil menyelamatkan, lalu kenapa mesti ditambah2in dan di rekayasa sedemikian rupa, apa tujuannya menjadikan nibbana sebagai tuhan? cuma dengan ilmu cocoklogi dgn mencari2 kesamaan yg ada di tripitaka apanya yg bisa dipertanggung-jawabkan?


11. Grace Setiawaty: TDDK, kalo mau diskusi it mengenai substansi ya...Anda perlu cermin dulu tiap kali saya diskusi/debat walau pedas adalah mengenai substansi tidak spt Anda yg sibuk kritik mengenai pribadi orang. It yg ak sebut debat kusir do...fiuuh Bhante Suddhamacaro jelas" bilang yg satu pihak BEGO...Anda buta ya? Kalo gw persepsi dia anggap pihak yg satunya bijak, it berarti saya msh mandang ini Bhante bgs...bisa liat org lain bijak. Jadi maksudmu Bhante ini bilang 2-2nya Bego gr? Jadi org jgn munafik lah! Udah jelas" tulisan di atas mendiskreditkan satu pihak, masa berani tulis ngak berani ngaku termasuk yg copas!


12. Grace Setiawaty: TDDK, yg bikin ak naik darah ada Bhante yg bisa nyebut orang BEGO...pake huruf besar lagi...walaupun it Bhante cm gelar, org yg berani menyandangnya setidaknya ada tanggung jawab moral atas apa yg disandangnya mencerminkan Bhante secara keseluruhan.



13. kamu tau gak grace akibat ulahnya si wowor itu yg selalu menjual konsep ketuhanannya kemana2... bhante ashin jhinarakita yg kena getahnya, bhante ashin yg selalu dijadikan bahan olok2 segelintir orang2 yg seperti kamu... karna bhante ashin dianggap biang penggagas namo sanghyang adi buddhaya. dan bhante suddhammo berniat baik menceritakan sejarah yg sebenarnya untuk mengembalikan nama baik su kong tapi malah kalian tuduh yg bukan2....


itulah hebatnya kalian theravada2 palsu, theravada2 akar rumput yg fanatik. yg cuma bisa berjihad demi mensucikan keimanan buta kalian, rela mengamuk dan memaki orang yg dianggap bersebrangan tak perduli jika yg kalian maki itu seorang yg masih menjalankan patimokha sila.

semuanya dilakukan hanya demi mempertahankan gengsi dan harga diri, harga diri sebagai umat theravada yg merasa dirinya paling benar sehingga lupa jikalau sejak kalian masih duduk dibangku kanak2, bhante sudhammacaro sudah lebih dulu theravada dibanding kalian, ingat bhante sudhammacaro itu mahathera...

kamu itu siapa grace? sudah pernah jadi pertapa berapa tahun? saya juga sudah lebih dari 20 tahun mempelajari dan meneliti theravada, tapi saya tinggalkan label "kehormatan" itu karna saya malu melihat kelakukan umat theravada akar rumput seperti kalian, kelakuan fanatik yg hobbynya mengamuk dan lempar sendal ketika dikritik.


14. hanya orang bego yg marah2 ketika disebut bego, kalau tidak bego kenapa bisa marah2? saya juga theravada dan seperti yg saya tulis diatas saya udah lebih 20 taon theravada, tapi saya gak marah ketika bhante mengatakan kebanyakan bego, karna saya memang bukan yg kebanyakan itu.

 buat apa saya mata2in kamu, la wong status2 mu sendiri koq yg tiba2 muncul di beranda :) makanya lain kali kalau mau marah2 baiknya tulisanmu itu dibuat privacy supaya gak kebaca diruang publik.

grace, saya ini cuma cermin... jika gak suka dengan apa yg kamu lihat pada pantulan cermin saya, sebetulnya ada dua hal yg bisa kamu lakukan, pertama kamu berpaling jangan melihat ke cermin, yg kedua silakan kamu memecahkannya... sehingga kamu dapat mengerti apa itu pribahasa buruk rupa cermin dibelah.


15. Emang cm gw yg lu komentarin status"nya? Kemarin jg barusan komentarin status org, anak Binus it kan...hayoo ngaku aj emang tkg intip u.

TDDK, kalo cermin gw...maunya gw poles biar bersih mengkilap ngak dibiarin kusam, kotor...it bedanya gw ma u ya. Ok?


16. la iya lah grace... saya dalam mendidik kan perlu melihat seperti apa orang yg saya didik, saya tidak sembarangan mendidik orang dimana semuanya saya pukul rata. makanya jadi ceweq tuh jangan ke pede an napa.... walau wajahmu itu cantik namun hatimu tidak... jadi cobalah mempercantik hatimu biar matching sama wajahmu.... *** dan setelah ini saya lagi2 di issue kan merayu grace.


17. udah ah, masa yg laen ga dikasih kesempatan komentar sih... saya cukup sampai disini... kalau masih ada unek2 silakan dilampiaskan di grup buddhisme indonesia, disitu saya udah bikin trit buat melempar sendal kepada saya, grace dan siapapun juga saya persilakan lempar sendal di trit sana.


18. ya karna saya mencari yg berhati cantik dan itu seperti mencari jarum di tumpukan jerami... selain dari itu saya kan mengikuti anjuran sang buddha, jika tak kau temukan teman yg lebih baik darimu, lanjutkan terus pengembaraanmu walau dalam kesendirian. Haiyaa...kalo begini caramu merayu cewe pantes msh tetap jomblo aj u sampai skg.


19. TDDK, yg bikin ak naik darah ada Bhante yg bisa nyebut orang BEGO ======= huahahahhh... Grace, sudah sejak lama saya memperhatikan karaktermu... kamu itu emang orang yg selalu gampang naik darah... bukan cuma bhante seorang yg bikin kamu naik darah... sebaiknya kamu baca2 kembali status2 di facebook mu itu... hitung sudah seberapa sering kamu naik darah.

Eh TDDK, mau gw gampang naik darah kek, mau gw kayak nenek sihir kek...suka" gw...it gw sendiri. Yang ngak tau malu it org berani nyandang nama tinggi semacam Bhante, Taman Dharma tp kelakuan sama ucapan ngak bisa dijaga... Btw, u hobi bgt mata"in org trus komentarin ya? Hei TDDK, sudah jelas disini Bhante Suddhamacaro yang maki" orang bego, dungu...pinter benerr Anda mutar balikan fakta.



20. saya mengritik pribadi orang??? yg saya kritik disesuaikan dengan tulisan kalian, tulisan mencerminkan kepribadian. jadi kalau secara kebetulan hal tsb mengena pada kepribadian harusnya perbaiki tulisan kalian.
Grace>> Bhante Suddhamacaro jelas" bilang yg satu pihak BEGO...Anda buta ya? Kalo gw persepsi dia anggap pihak yg satunya bijak ====== nah itulah kamu cuma bisa berpersepsi... baguslah kamu sadar, dan semoga kamu tetap menyadari.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "