“ MAKNA dan MANFAAT TASBIH DLM AGAMA BUDDHA”

Diskusi Dharma Facebook.


Tanya: Bhante ada sedikit pertanyaan polos dari aku apa manfaat tasbih? Apakah setiap butiran biji tasbih yang dimasukkan doa bisa melindungi dan memberkati kita ketika sedang dibawa keluar rumah? terimakasih Bhante Sudhammacaro, mohon pencerahannya.


Jawaban Bhante Sudhammacaro:
Tasbih lebih banyak digunakan oleh aliran Mahayana dan Vajrayana/ Tibetan, alasannya aliran ini tujuannya untuk mencapai tingkat Buddha. Jadi bisa diibaratkan perjalanan mereka sangat jauh, dan banyak godaan, rintangan, dan melelahkan. Juga aliran Mahayana dan Tibetan cenderung mengembangkan Metta dan Bodhicitta, maka ada Mantra: Om-Mani-Pedme-Hum, dsb, yang kata-katanya singkat agar lebih mudah dan cepat diingat bila menggunakan tasbih.

Sementara aliran Therawada; Jarang menggunakan tasbih, alasannya tujuan mereka lebih singkat hanya mencapai Arahat.
Metodenya juga simple: Sila, Samadhi dan Panya. Namun, aliran Therawada bukan berarti tidak boleh dan tidak ada yang menggunakan tasbih, di India, Srilanka dan Thailand sebagian mereka juga menggunakan tasbih dalam laku meditasi dengan sebutan Bud – dho, dsb.
Bila diamati: Menggunakan tasbih lebih tepat bagi orang yang super aktif pikirannya.


Menurut bhante: Walaupun aliran Threwada jarang menggunakan Tasbih, tapi jangan fanatik terhadap benda Tasbih, dengan mengatakan menyudutkan aliran lainnya. Sebab, untuk mencapai tingkat kesucian Arahat-pun tidak mudah, ingat Y.A. Ananda yang bisa mengingat semua isi khotbah Buddha Gotama, dan suka ikut kemanapun pergi.

Namun, Y.A.Ananda tidak bisa mencapai Arahat hingga Buddha Gotama wafat. Hal ini menunjukkan bahwa orang untuk mencapai Arahat bukan berarti harus ahli Dharma dan hafal semua isi Tipitaka. Bukan hanya ahli berdebat Dahrma, juga bukan ahli teori Dharma setinggi langit, lalu orang tersebut bisa cepat mencapai Arahat.

Yang paling penting; kita harus berusaha menjadi orang baik dan benar menurut Dharma, itu saja dulu jangan terlalu muluk-muluk punya ambisi Arahat, tapi prilaku fanatik bahkan Munafik tidak terpuji. Ada nasihat: Bila tidak sanggup latihan meditasi yang tinggi, alangkah baiknya jika tidak berniat jahat dengan pikiran, ucapan, dan melakukannya kepada orang lain dan semua makhluk.



Terimakasih atas dedikasi dan komentar anda:


1.kita jgn mendewakan sbh alat apapun.krn karma baik kta lah yg akan melindungi kta dr macam bahaya.sadhu*3

2. Yg bisa melindungi kita adalah diri kita sendiri, tasbih hnya mediator utk memusatkan konsentrasi kita sewaktu meditasi agar pikiran & tasbih bisa bersinergi dlm pemusatan pikiran secara optimal.
‎3. Jadilah pulau bagi dirimu sendiri, jadikan Dhamma pelindungmu, tidak dimanapun pelaku kamma dapat bersembunyi dari akibat kammanya'. Namo Buddhaya.

4. Bagiku tasbih hanya dipakai ů†Ķ menghitung parita,adalah salah bila Åđã yang menafsirkan tasbih bisa utk pelindung ato memberkati kita,yang dpt melindungi kita adalah dari kita ߪcã parita,perbuatan prilaku ucapan pikiran._/|\_ amitaba.mohon keterangannya bila yang kukatakan salah bhante

5. Smua benda itu sama tp keyakinan itu beda jd benda apapun lau kita bnar2 yakin trhdpx mk bs saja benda trsbut akn menunjukn hal yg tdk dkuasai manusia, bgtu pula lau kita yakin n mw melatih diri bhwa kita pun akn memperoleh hal2 yg mkin tdk dmiliki org lain.

6. Tasbih itu sebagai sarana melatih konsentrasi ketika membaca mantra ato dharani. agar pikiran kita tidak "lost" ketika membacakan hal itu. bukan sebagai jimat, @piyo tambahan di mahayana juga di pake buat nien fo:D

7. Bhante, tradisi Theravada mmg ada tasbih?, setau saya hny org yg punya kekuatan batin yg bisa melakukan itu, spt phu at altar Bodhisatva yg dpt mengusir roh jht. Apa pendapat saya benar, kl salah mohon dikoreksi. Anumodana.
8. Tasbih di ibaratkn media utk mlath knsntrasi. Bnda apapn yg layak, prakts dan simpl bs d gunakn sbg pnggnti tasbih. Mf.

9. Namo Buddhaya.Sebenarnya dengan terus kita membaca sutra berulang kali serta sering melaksanakan kebajikan, kita telah melindingi diri kita dari segala hal yang dapat menimpa diri kita. Itu saja sudah cukup. Mengenai tasbih, itu hanya alat bantu konsentrasi kita dalam membaca sutra. jadi kesimpulannya, tasbih yg dipergunakan dalam membaca sutra tidak dapat membantu kita dalam sesuatu hal/permasalahan/melindungi diri kita, tapi membaca sutra dan melaksanakan kebajikanlah yg dapt menolong kita dari sgl hal buruk yg mungkin menimpa kita.Sadhu..sadhu..sadhu.Amitabha.


10. samanda damai:ditradisi theravada setahu saya tidak ada tasbih..tasbih itu ada ditradisi vajrayana.bhante:mohon penjelasannya yg lbh singkat..namo buddhaya


11. Teman2 se Dhamma, setiap agama harus memiliki kitab suci, dan kitab suci agama Buddha adl Tripitaka, sudah pernahkah kita membaca Tripitaka? Marilah kita mendalami ajaran Sang Buddha melalui sarana yg paling bisa dipercaya, yaitu Tripitaka. Namo Buddhaya...


12. Kl mnrt aku tasbih itu sebuah accesories. Di pakai buat kalung atau di pakai di pegelangan tangan."buat mempercantik diri alias buat pd :) (maaf itu versi saya sendiri)
Kl mnrt sy dlm pengalunturan doa dlm bentuk apapun itu hrs dgn ht yg bersih + dari prilaku n perbuatan kita sehari hari. Bkn dari segala bentuk mediator apapun. Mediator yg paling murni ada batin kita sendiri dlm sgala alunan doa ataupun perbuatan. Yg hrs kita hilangkan adalah kemelekan (bentuk brg"tasbih =sugesti" atau sarana apapun).
Maaf ya ini semua jawaban versi saya sendiri.Kl ada kt tdk berkenan mohon minta maaf.Sabbe satta bhantu sukkitata.Semoga semua makhluk akan hdp lbh berbahagia.sahdu3x


13. kl mnrt aku tasbih itu sebuah accesories. Di pakai buat kalung atau di pakai di pegelangan tangan."buat mempercantik diri alias buat pd :) (maaf itu versi saya sendiri)
Kl mnrt sy dlm pengalunturan doa dlm bentuk apapun itu hrs dgn ht yg bersih + dari prilaku n perbuatan kita sehari hari. Bkn dari segala bentuk mediator apapun. Mediator yg paling murni ada batin kita sendiri dlm sgala alunan doa ataupun perbuatan. Yg hrs kita hilangkan adalah kemelekan (bentuk brg"tasbih =sugesti" atau sarana apapun).
Maaf ya ini semua jawaban versi saya sendiri.Kl ada kt tdk berkenan mohon minta maaf.Sabbe satta bhantu sukkitata.Semoga semua makhluk akan hdp lbh berbahagia.,
sahdu3x


14. Stahu sy, kalo kita mandi mesti pake sabun biar lebih harum, trnyata sabun jg berguna bg kita. Tidak semata2 karma kita yg buat kita harum.


15. Trlalu mgndalkan diri sndiri artinya takabur, krn menyangkal bntuan luar diri..kalo diri sndiri adlah segala galanya, maka tak perlu ada istilah pasien, dokter, murid dan guru.


16. Namaste bhante
menurut sy, banyak org berpandang salah.tasbih atau apapun itu tdk bs melindungi kita,karma baik yg melindungi kita.sy bingung dgn pertanyaan diatas kok tasbih diisi, mau isi pakai apa.kalau kita percaya pd hal-hal itu berarti org itu blm bs melepaskan kemelekatkan terhadap sesuatu(benda) n guru buddha mengajarkan kpd kita utk tdk memuja makhluk halus,benda-benda karena akan jd belenggu(terikat)bagi kita.tasbih mmg dipakai tp sbg alat saja.mungkin saja penjelasan salah.karena sy juga belajar.


17. Tasbih menurut w alat menghitung,bhs keren nya ato umum sejenis,Calculator..dipake wkt nien fo,gk mgkn nien fo sambil menghitung yg ada jd gk kônsen..mgkn bg sebagian bs nien fo tanpa tasbih tp mgkn sebagian gk bs..kt jg hrs menjaga baek tasbih yg udah kt pake,bkn krn memuja nya tp krn itu adl milik kt.jd sgala yg kt miliki kt hargai&kt rawat dgn baek..maaf ya,kalo apa yg tls ada yg tdk bnr.krn w jg msh perlu bimbingan dr teman2.. Tq. Amitofo..


18 Tasbih tdk bs melindungi kt,tasbi hya sbgai alat utk kt agar nien fo bs fokus n konsen agar tdk ngantuk saat nien fo


19Namo Buddhaya Tmn2 sedharma tasbih itu hanya sebuah media/benda yg membantu kita supaya lebih berkonsentrasi dalam baca paritta. klu ada yg anggap sebagai jimat gitu itu hanya utk menjaga hatinya tetap tenang dan hati selalu ada buddha,dharma, sangha yg melindungi bukan dari biji tasbih itu.


20. Klo tasbih bsa sakti/manfaat.,maka pemilik tasbih lebih sakti lg,,smua tergantung yakin(bkan hal gaib krn da hantu/lain sbg) tp krna kta yakin,fokus pd hal tertentu(parita,mantra/dllsbg).,menimbulkan energi..energi ini yg mengkontaminasi pd brang/apapun yg ada dsktarnya...energi ni akan berkumpul menjadi suatu bentuk apapun tergantung niat dan keyakinan(pengobatan,perlindungan,dsb)...smua tergantung fokus,dan keyakinan mendasar entah pd tuhan,budha,hantu dsb...tasbih hany sbg alat bantu menghitung agar tdk lpa jumlah dan/atau sbg waktu...pembuka kesadaran.,dan lbh PD dlm menjalankan laku agar fokus.


21. tasbih *lazimnya digunakan oleh para pemuka agama, maupun dikalungkan pd patung para buddha n bodhisatva. Tasbih dipandang sbg benda2 suci, biasanya umat awan tdk menggunakan sbg aksesoris tp lbh pdhal sakral. Pengertian lbh penting drpd teori, sbg alat pengukuh dan peringatan. Saat ada niat jht pd org lain mk saat tasbih melingkar pd tgn qt, mk qt akn sgr mengurungkan niat tsb. Itu slh satu kegunaan tasbih, jk qt mau memanfaatknnya. Sama halnya dgn rupang buddha, memberi pengertian yg bnr itu lbh penting drpd mengecamnya.


22. Makna tasbih lbh pada arti mengikat/menyatu...sperti rantai.,hendak umat adl saling merangkul berpelukan dlm pikir utk menyatukan dri dlm komunitas/sangha...jd dbilang sakti/manfaat krna persatuan yg kokoh.,bsa saling bantu saling mengisi tiada celah renggang bgai tasbih dan dlm tasbih da 1batas utama/pembatas sbg penanda..jumlah dmkian jga penanda tsb dlm komunitas ada 1org yg dtuakan/bijaksana sbg penengah..dan pengambil kputusan...dmikianlah tasbih dbentuk sbg pengingat/simbol kesadaran..._/\_


23. salam bhante,.tasbih yang sering dipakai utk doa atau mantra, memang lama kemaan akan terisi energi, positif atau negatif tergantung dari yg berdoa, apakah niat doa utk maksud tertentu atau doa utk alam semesta, saya setuju @kanghan wang, bhwa tasbih tdk menjamin utk melindungi & menberkati kita karna kembali ke karma, memang doa & matra utk maksud tertentu (kemelekatan) akan ada energi negatif yg bisa mempengaruhi kita, sehingga byk yg merasa punya kekuatan & ego muncul, klo yg positif kita akan terasa damai setiap berdoa, maaf klo ada yg salah,..


24. maaf sebelumnya seandainya kita percaya sesuatu benda bs melindungi kita tp tiba-tiba kecelakaan.bagaimanakah reaksi kita?kita pasti kecewa itu penyebab dukkha.org yg percaya pd hal itu biasanya umat buddha tradisional.umat buddha tradisional adlh umat yg melaksanakan bhakti tanpa mempunyai pengertian ttg buddhadharma.sy tdk melecehkan/menghina org lain.kita disini sama-sama masih belajar ttg dharma.mohon maaf yg sebesarnya jika kata tdk berkenaan


25. Anumodhana Bhante..._/\_ sorry mau ikutan.tasbih hanya utk pengingat saja sdh berapa kali kita membaca mantra tsb...itu saja sih klo mnrt sy..tks


26. Saya kl nienfo tdk menggunakan tasbih, lbh baik energi dialirkan pd rupang hny tuk melawan roh (black magic), kl tasbih saya alirkan pd gelang dulu tuk kematian hamster saya dilingkarkan sekllg bdnnya, setau saya gt, kl salah tolong dikoreksi.


27. Namo Buddhaya, tasbih klo sy ibaratkan spt piring dan makanan. Jk qt mau makan, qt menggunakan piring sbg wadah makanan. Jk tdk pake piring, psti makanannya acak2an. Tp yg membwt qt kenyang bkn piringnya, tp makanannya. Jk tdk ada isinya piring tsb, apa yg bs qt makan? Spt jg tasbih hny media utk nien fo. Jk tdk menggunakan tasbih, psti nien fonya acak2an, tp yg membwt qt tenang dan terlindungi bkn tasbihnya, tp nien fo dan keyakinan itu. Klo tasbih tdk prnh digunakan, diletakkan begitu sj, ya, jadi hiasan belaka. Pikiran memancarkan gelombang. Tasbih yg srg digunakan tentu sj pny getaran gelombang yg baik. bkn terletak pd tasbihnya. Tp kekuatan nien fo/mantra itu, tasbih hny media. Sy prnh baca sebuah cerita, seorg ibu rajin sekali membc sebuah mantra berulang2 dg pnh keyakinan, pdhl ia salah mengucapkannya. Dy menggunakan kacang kedelai utk menghitungnya. Krn dg penuh keyakinan, biji kedelai bs melompat sndr ke wadah yg lain setiap mantra dibacakan, begitu trs menerus. Tp begitu diberitahu ia salah mengucapkn mantra itu, ia menjd ragu setiap membacanya. Biji kedelai tdk lg lompat sendiri. Sy sependapat dg sdr Purnomo Yunus. Tasbih jg merupakan simbol, yg maknanya sgt dlm. Tasbih jg sbg alat yg dipakai untuk menunjukkan identitas para bhiksu yg memakainya. Bukan cm aksesoris.


28. Namo buddhaya,bhante dan teman2 sedharma yang berbahagia,menurut ajaran sang buddha kita harus dapat melepaskan suatu kemelekatan dan keterikatan,
yang di mana akahirnya mencapai kebuddhaan jika tercapainya semua itu,dengan pandangan benar,tasbih di aliran trevadha memang jarang memakai tasbih sebagai alat spritual di dalam ajaran sang buddha,tetapi di dalam aliran mahayana dan tantrayana juga vajrayana sering memakai tasbih sebagaii alat spiritual,

tetapi di dalam dua aliran tersebut tidak diajarkan kalau alat tasbiih tersebut dapatt dimasukin doa dan untuk melindungi kita dari hal2 buruk dan dapat menghilangkan karma buruk,jika tasbih dapat difungsikan seperti hal tersebut maka kitaa tidak lagi melakukan puja dan melafalkan nama buddha sendiri,kita dapat memohon kepada para bhikkhu dan bhikuni untuk dapat memberikan doa terus,,ke tasbih dan terlindungkan di mana pun kita berada,

dalam pandangan dua aliran tersebut adalah mengajarkan kita selalu ingat kepada buddha,,dengan melafalakan nama buddha di dala hati atau pun mengucapkannya lewat bibir kita,ketika nama buddha terus dilafalkan maka di hati dan pikiran,terus ada buddha,maka terlindunglah kita dari perbuatan yang buruk dan niat yang jahat,,
dan disanalah dari perbuatan,pikiran dan hati ini menjadi bersih,,apakah diri kita tidak terlindungi lagi?

Dan misalnya jika suatu hari anda lupa membawa tasbih keluar rumah dan meninggalkannya di suatu tempat yang anda lupa di mana anda taruh,,apakah diri anda merasa kehilangan pelindungan dari tasbih yang terisi doa tersebut ?
Dan teman atau pun orang lain meminjamkan/memberi tasbih kepada anda yang baru,,dan tidaak terisikan doa2 apakah anda dapat menerimanya langsung dan percaya bahwa tasbih yang baru ini dapat melindungi diri anda?

Otomatis anda tidak begitu siap menerimanya karena anda merasakan belum terisikan doa2 ,ini sering saya lihat selama saya menjadi seorang buddhist,,karena kemelekatan dan keterikatanlah yang membuat kita menjadii berpandangan salah,,
tasbih yang sudah didoaakan oleh para bhiku atau pun kita sendiri yang mendoaakannya hanyalah sebuah cara untuk menambahkan suatu keyakinan di dalam hati dan pikiran kita,,selalu mengingat BUDDHA DHARMA DAN SANGHA
terkadang ada tasbih yang jumlahnya 108 butir,dan ada juga terbagi tiga bagian dan dibatasin dengan tiga bijii tasbih yang agak berbeda atau pun warna yang lainn,,
itulah yang melambangkan TRI RATNA,

dan semoga penjelasan saya dapat dimmengerti dan bermanfaat kepada saudara yang menanyakan hal ini,karena saya juga jarang melepaskan tasbih pada waktu dulu
ketika saya mendalami aliran mahayana khususnya di aliran sukhavati,,
tapi sekarang saya sudah melepaskannya karena saya yakin akan tri ratna dapat melindungi saya di mana pun saya berada,,asalkan saya mengikuti ajaran sang tataghata,dan dimana pun saya dapat melafalkan nama buddha di dalam hati dan pikiran ini,bahkan dengan langkah kaki,,menggerakan organ tubuh atau pun lagi bicara,,mau pun kadang berbaring.

sungguh indahnya dharma yang diajarkan jika diri kita dapat melepaskan suatu keterikatan dan kemelekatan,karena itulah BUDDHA,semoga bhante dan teman2 sedharma dapat menerima komentar sederhana ini ,dan apa yang saya pernah alami selama menjadi seorang buddhist,jika ada yang salah mohon diberikan petunjuk oleh bhante dan para bijaksana juga teman sedharma,akhir kata,,sabbe satta bhvantu sukhittata, semoga semua mhakluk hidup berbahagia,dan mencapai kebuddhaan dengan cara masing2 dengan tanpa membedakan satu dengan yang lainya,,
semoga diskusi dharma ini selalu ada dan dapat menambah kebikjasanaan kita sebagai seorang buddhist,

terimakasih kepada bhante sudhammacaro yang mulia dan terhormat,
berkat anda telah banyak saudara sedharma ingin bergabung di forum anda, di mana dapat menjalin hubungan buddhist di antara kita dengan harmonis,namo buddhaya,.

‎29. @Tony : terus sekarang anda bukan seorang buddhis..???


30. Maaf saudara anata,saya sekarang pun masih buddhist,,
maaf ya kalau ada kata yang salah di atas,maksud saya dulu juga menggunakan tasbih sebagai alat utama spritual ketika melakukan puja dan melafalkan nama buddha,,
cuma saya sekarang sudah melepaskannya biar pun ke mana saya pergi,,dan saya berusaha melatih diri dengan melafalkan nama buddha didalam hati dan pikiran,,
karena saya mendalami aliran sukhavati amithaba,,hanya melafalkan nama buddha amithaba,ya tapi saya pun netral kepada semua aliran,,dan ingin menambah semua masukan dan bertukar pikiran ke semua teman2 sedharma,
terimkasih ya saudara anata atas likesnya.


31. Apakah dahulu Budha menggunakan tasbih utk melindungi dan memberkati dirinya ktika sedang keluar?jika jawabannya tidak maka kita jg slayaknya berlaku sperti itu


32. Tasbi itu setahu saya untuk melatih konsentrasi pikiran. misalnya baca om mani padme hum atau Buddho Buddho.mohon maaf Bhante kalo pemikiran sy salah Namo Buddhaya


33. Setiap benda mati mampu merekam kejadian yg terjadi disekitarnya.jangankan sebuah tasbih yg sering dibuat berdoa,pijakan kakipun bisa mempunyai energi.


34. Setau saya kekuatan bkn pd tasbih, tp pd kekuatan doa at parita, tp hanya menangkal black magic dan roh jht(peta), kl karma tetap aja sesuai perbuatan dan buah karma masing2.


35. menurut saya... tasbih digunakan sebagai alat bantu untuk lebih fokus saat paritta dilantunkan...


36. saya percaya akan ada efect positifnya karena yg dibaca adalah paritta, getaran positif akan terpancar saat paritta tersebut dilantunkan dan akan terserap ke dalam bulir2 tasbih, sehingga effect positive akan tersimpan di dalam bulir tersebut.
memang tasbih belum ada yang meneliti effect positivenya apa. tetapi di Jepang pernah ada penelitian dengan air, hasilnya sangat mengagumkan partikelnya membentuk hexagonal yang sangat indah.


37. yang menberkati dan melindungi diri kita saat di luar rumah bukanlah tasbihnya, tetapi perbuatan dan perilaku kita. Semua bersumber pada diri kita sendiri dan buah karma kita sendiri. Mohon maaf kalau pendapat saya salah.


38. Namo buddhaya,tasbih mempunyai manfaat tersendiri...setau sy tasbih hanya alat yg mengingat kan kt bahwa jgn lupa kalo kt ini adalah umat Buddha dgn demikian kt harus berperilaku baik kalo tdk sia aja pakai tasbi .,.tasbih jg bs membantu mengingat kan kt kalo kt menghafal nama Buddha dan tentu kalo kt berkeinginan seperti misal nya ada yg bertekad ingin melafal nama Buddha sebnyk 1080x.. Dgn tujuan tertentu..



39. wah, kalo saya gampang aja mikirnya, karma baik emang melindungi kita, tapi bentuknya kan kita nda tau. bisa aja lewat tasbih. (saya setuju dengan jawaban mr henry yao), sama kayak kita naek mobil, pake sabuk pengaman, kecelakaan,slamet gara2 pake sabuk. Yang nglindungi kita sabuk atau karma baik? atau buah karma baik dalam bentuk sabuk? nda usah pusing2 mikir siapa pelindung, berbuat baik aja terus, Kalau mau pake tasbih, pakai aja, tapi jangan ketergantungan. karma baik masa lampau kita tak terbatas begitu juga yang buruk, jadi nyante2 aja


40. Bhante: Tasbih itu memang benr cm benda mati, cm alat dsb. Tp kl sdh diisi dg doa mantra, dharani dsb, mka benda mati tsb memiliki energi tergntung dri pikiran orng yg pke. Ada fakta yg bhante tau dri certa yg bs dipecaya bahwa ada orang gunakan tasbih tuk mantra, krn dia trus diserang santet, saking yakin d rajin, fokus d konsentr, akhrnya tasbih tsb keluar cahya gemerlap pada mlm hari, jdi dia sndri kget knp ada cahyanya? Setlh lht itu dia tambh rajin, satu hari dia batuk2 keluar butiran mirip mutira keras tp dahak putih. Lalu ditnyakan pd orang pinter ternyta dia emang lgi diserng santet, kl tdk pake tasbih pasti mutah darah katanya. Certa satu lg, ada ank kcl lelaki tiap hri kemanpun dia pergi selalu bwa boneka beruang smp mlm mau tidur tdk mau lepas, kl diambl nangis jerit2 lalu ditanyakn kpd orang pinter katanya boneka beruang itu sdh berisi energi kuat sekali krn anak tsb terlalu sayang sm boneka beruang spt dianggap anak beruang kesayangannya. Termasuk Dalai Lama, d para Rinponce dari Tibet selalu bwa tasbih yg isi 108 kdang yg 18/36 jdi tasbih bs menyerap energi pikiran kita. Simpulan; Yg penting kl mau gunkan Tasbih dg niat baik diisi pkiran positif aja, agr berguna bgi kita, sadhu.


41. Apakah Setiap Butiran Biji tasbih yang di masukkan doa ,Bisa melindungi kita ketika sedang dibawa keluar rumah? Mengapa Tidak.?hehehe.


42. Saya Pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri..Sebuah Benda kecil yang Bernama "WESI KUNING" atau " KEPOMPONG". kebal terhadap senjata api..?
dengan cara Di tes di masukkan ke dalam gelas..dan dari jarak 1,5 meter di tembak..
dan hasil nya ..gelas tidak pecah.Menurut Bhante..Bagaimana semua itu dapat terjadi.?
Terimakasih sebelum nya Bhante.


43. Namo buddhaya .Inilah yg dinamakan "KETERIKATAN MULAI PD TASBIH"tp keterikatan semacam ini tdk dpt dikatakan tak pantas, krna keterikatan tsbt bertujuan utk mengurangi keterikatan lebih lanjut,ajaran buddha tdk mengatakan"tdk diperbolehkan segala jenis keterikatan!"lebih tepatnya,terikat pada hal dasar (moral) utk mencapai hal yg lebih tinggi (pelatihan pikiran); dn setelah itu,terikat pd hal yg tinggi utk mencapai kebebasan total (NIBBANA).Krna stlh mencapai Nibbana,segala keterikatan akan lenyap dgn sndirinya,dn yg blm mencapai Nibbana,tentunya masih memiliki keterikatan didirinya.bedanya,keterikatan jenis apa yg berada didirinya itu? Ini jg alasan mengapa dikatakan ajaran buddha bersifat bertahap-tahap pelaksanaannya.
Pikiran ini terkondisi oleh objek mental;dgn adanya objek mental yg baik maka pikiran mnjdi baik,dgn adanya objek mental yg tdk baik maka pikiran tdk baik;dgn adanya objek mental yg rumit maka pikiran menjadi rumit;dgn adanya objek mental menenangkan maka pikiran menjadi tenang.Umpama rakit membawa kita ke pantai seberang,kalau kita tdk terikat dulu pd rakit itu,maka kita akan tenggelam. Saddhu3x


‎44. @All.Segala sesuatu yang kita tidak tau,tidak pernah dengar..Bukan berarti tidak benar.Bukan berarti tidak ada,bukan berarti TRadisional..hehehe


45. Saya pernah berdebat dengan seorang teman yang tak percaya dengan HANTU.
Lantas saya tantang ..jika benar dia tidak percaya hantu..maka malam jumat kliwon ,tengah malam..datang ke kuburan..
dan silahkan acak-acak kuburan.bukan kah Batu nisan hanya sebuah "BATU..? mengapa takut.?dan teman saya tersebut tidak berani..hahahaha.

Tentu saja 'ia' masih mencoba berkelit..dengan mengatakan "kurang kerjaan ,ngacak-ngacak kuburan.
hehehe..orang selalu berkelit mempertahankan pendapat nya..saya maklum itu.
lantas saya katakan lagi..ok..kalo begitu..anda cukup duduk saja..sambil membakar kemenyan.lagi2 ga berani..
Saya bilang mengapa harus takut..Kemenyan itu kan Hanya Getah dari sebuah pohon..?heheehe..ada-ada saja...padahal sebelum nya ia mengatakan tidak percaya hantu,dan mengatakan karma baik nya selalu melindungi..
tapi..jika tertekan dengan suatu kondisi..semua hafalan dan teori..hilang seketika.


46. atom aja yang sudah jelas secara ilmiah aja diakuki ada, kita nda pernah liat kok, apalagi makhluk lain yang beda alam kok sudah bisa bilang nggak ada gara2 nda pernah liat

‎47. @Rayno.Yupz..tepat sekali Teman..sama seperti udara,kita tak pernah melihat nya.


48. Dan Seandai nya..ada mesin waktu..kita balik ke 2000 tahun lalu,dan kita katakan pada penduduk setempat,
di masa depan ada benda yang terbuat dari besi dan ukuran nya sangat besar..bisa membawa ratusan penumpang..
hehehe..orang2 tersebut akan mengatakan kita gila..


49. Sama di zaman sekarang banyak orang tidak percaya tentang hal yang berbau Gaib.


50. Namo buddhaya.Air yg penuh tdk akan bergoyang dari bibir wadah,akan tetapi air yg separuh wadah akan bergoyang dn tdk tenang..sadhu3x

51. ‎@Namo Buddhaya.Jika..Dalam "kondisi" yang sama,air yang penuh dan tidak, juga tidak akan bergoyang. Namo buddhaya.


52. Segala bentuk terkondisi dn tdk ada kekekalan..sadhu3x


53. Tepat sekali..Tidak ada kekekalan..sama seperti air setengah wadah..bergoyang karena terkondisikan bergoyang.jika tidak "terkondisikan Bergoyang juga akan diam..hehehe


54. Mengenai ketidak kekalan..Setiap manusia di dunia ini telah mengetahui nya..dan bukan hanya umat buddha saja.hehehe


55. @Ricky.Dharma Bukan hanya berita tentang "Ketidakkekalan dan kemelekatan saja"."Dharma ada 2 jenis.

1.Dharma langsung.
2.Dharma tidak langsung.

Dharma langsung adalah ajaran-ajaran dari kata-kata yang di ucapkan Sang Buddha.

Dharma tidak langsung adalah ajaran-ajaran yang tidak di ucapkan,darimana saja..

Burung-burung menyanyikan dharma.tetangga yang ribut berteriak bernyanyi adalah Dharma dengan syair nya yang penuh makna.


56. Segala sesuatu di sekitar kita menyajikan realita yang diajarkan Buddha untuk kita lihat. Semua fenomena adalah ilustrasi dari karma,keberasalan yang saling tergantung.Kesunyaan.


57. Bhante: Rikishi Umaninora, maaf pertanyaan anda bhante tdk bs jwab/tdk tahu bs terjadi spt itu, d bru tahu dri anda. Tp kl di Thailand bnyak para bhante senior sdh ahli meditasi, suka membuat liongtin Buddha dsb, lalu di bckan partta dg kosentr yg kuat, d entah diisi dg energi apa, tb2 liongtin tsb ditembak tdk hancur, bahkn dicoba ayam/orang pun ditembak tdk tembus, akhirnya liongtin itu jdi rebutan mka nilainya hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Kl anda ke Thailand cb tinggl agk lama d keliling bnyak se x hal mistik yg sulit dipercaya.Sampai benda spt jimat tsb dijual hampir di seluruh pelosok Thai, sbb masyarktnya amt gemar hal2 tsb, conth Amulet juga smpe di jual di kelapa gading toko peralatan Buddhis.

Termasuk Tato yg dibuat dibadan dsb. Tato yg milik Luna Maya dll mungkin hnya sebtas seni, tp di Thai Tato itu memiliki nilai mistik yg luar biasa, untuk menangkal santet, dst. Juga wktu membuat tdk sembrang, yg pernh bhante lht sendiri, jam 01 tengah mlm bru mulai menyalakn dupa hrum, mantra2 dlu dg air diisi bunga 9 macam, lalu di percikan ke badan yg mau di Tato, setlah itu bru dibuat Tato oleh pra bhante yg ahli. Biasanya sampe pgi jam 04-05 jng slah paham. Smg berguna tuk menambh pengethuan d akhirnya mencrahkan anda semua, sadhu.


59. Tasbi tdk bs melindungi kt,tasbi hya sbgai alat utk kt agar nien fo bs fokus n konsen agar tdk ngantuk saat nien fo.


59. Thanx Bhante dan teman2 yg suka koment saya, lbh baik meditasi dulu, baru dibaca parita. Saya mau tanya. Kalau cuma diletakkan di altar vihara yg sering jd ruang meditasi dgn undang Bhante2, boleh dong lalu kita sendiri baca parita dgn dialirkan ke benda tsb? (kalau suruh2 Bhante kan malu), jd otomatis bisa jg x ya?


60. Yupz....saya setuju dgn bhante...trims bhante atas penjelasanny....saya mo tambahin sedikit...semua makluk hidup dan benda mati bs kt isi...dgn ayat"ato mantra"....msl kt slalu mengucap kan "Sabbe satta bhavantu suki tata"dgn slalu mengucapkan itu...hati kt bs tenang,damai,dan bahagia...krn mantra yg kt baca energiny masuk kedlm tubuh dan hati,dan sama sprt...benda mati....klo matra kt baca lewat tasbih akan dipenuhi energi dan energi itu telah menyatu dgn batin kt...itu pst akan mengeluarkan sesuatu hal yg gaib....sprtny Sang Buddha meninggalkan duniawi,mencari jati diri,dan menyatu dgn Alam dan Sang Buddha tdk menggunakan tasbih krn bdn Dia sudah dipenuhi oleh mantra" yg suci..itu saja tambahan sdkt dr saya...mohon dimaafkan jk da kt2 yg salah.



61. Bagi yg bisa lihat peta, asura, kalau batin dan kelakuan baik ditambah dana n meditasi, akan ada peningkatan penglihatan, mungkin saja meningkat kemampuan bisa lihat deva dan Bodhisatva, itu slh satu cara mengukur batin kita.


62. Selamat Siang Bhante dan temen2an sedharma maupun tidak. Bhante saya mau tanya pernahkah bhante melihat dewa dewa ataupun mahluk halus ?


63. semua coment luar biasa,..thx Bhante..


Kesimpulan:
Tasbih lebih banyak digunakan oleh aliran Mahayana dan Vajrayana/ Tibetan, alasannya aliran ini tujuannya untuk mencapai tingkat Buddha. Jadi bisa diibaratkan perjalanan mereka sangat jauh, dan banyak godaan, rintangan, dan melelahkan. Juga aliran Mahayana dan Tibetan cenderung mengembangkan Metta dan Bodhicitta, maka ada Mantra: Om-Mani-Pedme-Hum, dsb, yang kata-katanya singkat agar lebih mudah dan cepat diingat bila menggunakan tasbih.

Sementara aliran Therawada; Jarang menggunakan tasbih, alasannya tujuan mereka lebih singkat hanya mencapai Arahat.
Metodenya juga simple: Sila, Samadhi dan Panya. Namun, aliran Therawada bukan berarti tidak boleh dan tidak ada yang menggunakan tasbih, di India, Srilanka dan Thailand sebagian mereka juga menggunakan tasbih dalam laku meditasi.
Bila diamati: Menggunakan tasbih lebih tepat bagi orang yang super aktif pikirannya.

Zen Tanaka, maaf sampai saat ini bhante belum bisa melihat makhluk halus, baru merasa merinding rsanya d tdk enak dlm hati. Kl Dewa ada suasana harum seperti melati tapi tidak bisa nampak, karena bhante belum sampai ke tingkat itu. Trimakasih atas perhatian anda semua.

Mohon teman-teman jangan cepat emosi kalau memberi komentar yang lain, jaga hubungan kita dengan baik dalam disikusi ini kesempatan yang baik dan berguna, sebab komentar anda dibaca oleh banyak orang bahkan diposting di blog bhante.

Mohon maaf bila ada kekurangan.

Tulisan juga agar sesuai etika menulis karena hal2 itu mencerminkan karakter anda, bhante merasa bahagia bisa mengajak anda diskusi dan memberi pendapat orang lain bisa belajar dari sini, akhirnya mereka pun bahagia setelah mengerti Dharma, semoga anda semua maju dalam Dharma hingga tercapai segala cita-citanya, sadhu.

Semoga uraian singkat ini berguna bagi mereka yang sedang belajar tentang kebenaran universal - Dharma ajaran Buddha Gotama. Dengan pembahasan Tasbih, dsb, ini banyak masukkan Dharma yang amat berguna dan bisa membantu kita semua maju dalam belajar Dharma. Akhirnya, semoga kebahagiaan selalu menyertai kita yang gemar membahas Dharma.

Kami limpahkan jasa baik ini bagi semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahgia.
Ven.Sudhammacaro.
Penyusun.

Comments

Erich samuel said…
Bhante saya punya tasbih yang berjumlah 108 buah tetapi oleh anak saya diputuskan dan hilang sejumlah 4 biji sehingga tersisa 104 biji..jadi 4 biji itu boleh diganti dengan apa??
DJI Balboa said…
Bhante nama sy fuji.saya mau tanya: di dlm ajaran buddha terdpt beberapa aliran..apkh kita harus lbh mendalami beberapa aliran yg ada?atau sebaliknya,kita hanya fokus kpd aliran sang Buddha Gautama saja?krn mnrt saya kita adlh agama Buddha dg satu tujuan yaitu dpt mencapai pencerahan dlm hidup.mohon penjelasannya bhante...trmksh..nammo buddhaya...
Lukman Link said…
Terima kasih.. informasi tentang Makna dan Manfaat Tasbih sangat bermanfaat.
Untuk memudahkan menghitung bacaan tasbih bisa menggunakan tasbih giok, bisa di peroleh di www.tasbihgiok.com
Dicky Subroto said…
Tergantung kesadaran manusia y, karna manusia bukan cuma satu dimuka bumi, diciptakan lah manusia dgn pikiran yg berbeda2. Kehidupan manusia cuma 2, mau hitam atau putih... trima kasih

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "