" POLEMIK BUDDHA BAR SERI KE-3 "

Diskusi Dharma Facebook.

Fakta dan Realita




Diskusi: Tnya; apa tanggapan bhante mengenai umat buddha yang memecahkan masalah dengan cara berdemo?perlukah demo?kalo menurut saya, bnyak cara yang bisa di tempuh umat buddha bukan dengan berdemo.saya sedih dan malu lihat umat Buddhist, tapi bukan seperti umat Buddhist,menurut bhante dan teman2 yang lain gmna?Teman2 tlg ks komen yg benar d berguna, sadhu.


Jawab: Buddha Bar pusatnya di Paris-Prancis menyebar ke Negara yang mayoritas ber-agama Kristiani, Indon mestinya meniru Malaysia yang tidak member izin Buddha Bar. Penyebaran Karaoke dengan nama Buddha Bar plus di dalamnya dipasang patung Buddha, hal ini pasti ada misinya yang kita belum tahu.

Namun, bila diamati dari kasus –kasus lainnya yang serupa, seperti film Kartun Nabi Muhamad, Fitna, Ayat-ayat Setan, dsb. Nampaknya, mereka (kristiani) sudah kehabisan akal sehatnya, dengan caranya sendiri menyebarkan pola-pola pelecehan agama yang menggunakan alat bantu tsb.

Tentu ada alasannya, menurut mereka (kristiani) banyak umatnya yang pindah ke agama Islam dan yang lebih parahnya pindah ke ajaran Buddha, bahkan secara sporadis, contohnya para selebritis papan atas Holywood yang kita tidak perlu menulis nama-namanya.

Sementara di dalamnya sendiri (kristiani-katolik), banyak kasus para Pastor terlibat kasus sodomi anak dibawah umur yang jumlahnya ribuan kasus. Hingga Paus Paulus sendiri yang harus turun tangan untuk menyelesaikan kasus Sodomi anak kecil, sebab diselesaikan oleh yang lain dibawah Paus Paulus tidak bergeming.

Fenomena ini menjadi acuan bagi kita bahwa sebenarnya umat Kristiani ini sudah tidak punya Etika lagi dalam menyebarkan ajaran Yesus yang dipercaya sebagai Tuhan lah, Allah lah, Bapak di Surga lah, disebut Roh Kudus lah, si Gembala Kambing lah, dsb.
Menyikapi polemik Buddha Bar, bhante mendukung teman-teman demo dengan cara tertib, damai, sopan, tidak arogan, menjaga emosi jangan sampai berapi-api. Bahkan bhante sudah dua kali menulis di Blog soal “Polemik Buddha Bar”.

Apakah Negara Indon akan kembali menjadi Negara yang di JAJAH oleh Negara lain?
Andaikata, sampai harus DUA KALI DI JAJAH apa kata DUNIA?
Berarti, anak-cucu anda pasti harus berjuang panggul bamboo runcing kembali.
Apakah anak-cucu anda siap? Walahualam, cape deh…




Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya:


1. Sy mengikuti perkembangannya dr mulai musyawarah perwakilan Sanggha dlsb memang kita sebagai umat sudah mlakukan yg baik.

coba saya mau tau dulu,tindakan apa lagi yang dapat dilakukan supaya pihak terkait akan mau "meng-iya-kan/melirik" kasus ato hal ini,,,selain demo kemarin?

2. selamat malam bhante. ok mgkn saya menjawab dr sudut pandang saya sebagai umat yg belum melepaskan duniawian. memang benar budha mengajarkan kt hrs mengasihi n bersabar tetapi tanpa memberikan kepada mrk ke eksistensi an kt kyknya bklan kt dianggap tdk ada n diperlakukan sewenang2. berdemo bkn utk melawan dgn fisik keras tp memberitahukan kpd mereka, kami ada tlg hargailah kami. kami jg ada harga diri. cthnya budha bar. sampai kapan kt mau diam dimn junjungan kt dilecehkan? saya umat biasa jg punya bts kesabaran jg dimana keliatannya tp memberitahukan keberadaan kami mgkn akan terus dilecehkan. itu hanya pendapat saya pribadi. jk ada yg menyinggung harap dimaafkan krn saya masih melekat pada duniawian. Salam.

3. namo buddhaya..setahu saya umat buddha indo. berdemo tdk melalui kekerasan tp dgn membaca kan parita2 suci (mav klo info sy salah) mnrut sy tu sngt baik..Sbg cont: tragedi buddha bar...karna itu salah 1 cara agar suara kita d dengar.

4. demo bukan jalan yg hrs di tempuh bg umat buddha.krn ajaran buddha mengajarakn cinta kasih universal kepada smua mahkluk.

5. Menurut sy agama budha dr dulu tidak pernah megajarkan untuk bersifat anarkis,tp bkn juga untuk di lecehkan,kalau sampai ada pihak yg melecehkan atau sampai mengambil nama budha agung untuk di jdkan nama bar,kita sbagai umat budha harus bertindak!! Berdemo bkn sifat dr sang budha.bagaimana kita cari solusi dan di bicarakan dgn kepala dingin tampa hrs ada bentrokan fisik.sadhu..sadhu..sadhu.

6. Boleh berdemo ☂άρĩ harus menjaga agar hati tidak ikut panas jadi sah" Ω̶̣̣̥̇̊jǎ̜̣̍ berdemo .

7. Namo buddhaya bhante,menurut saya,memang Sang Buddha tdk pernah mengajarkan kita untuk berdemo seperti ini,namun demo ini sah2 saja sepanjang tidak melukai dan merugikan orang lain dan berorientasi pada tujuan yang baik,karena demo yg dilakukan ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga agama Buddha dari ancaman perpecahan dan pelecehan
walaupun saya sendiri pun agak cangung dgn demo ini karena kita sbg umat buddhis indonesia,inilah permulaan kasus demo umat buddhis.

8. Kita sdh melakukannya dngan sebaik mgkn, tanpa kekerasan, dan tanpa korban, kcuali papan nama budha bar.

9. Namo Buddhaya....Bhante....klo menurut saya....kita sebagai umat Buddha umat perumah tangga hrs bisa membedakan peraturan terhadap Bhante dan umat perumah tangga.gak mesti jadi umat Buddha harus tampil beda toh....?
klo sedikit2 demo itu baru perlu di pertanyakan.....?
klo ini kan enggak....tentu saudara2 kita uda mengupayakan dgn cara yg lbh lbh baek....tapi gak ada hasil.saudara mau rupang Buddha di buat jadi latar belakang penari2 erotis klo kita biarkan apa jadinya nanti.....?
coba kita pikirkan dgn bijaksana....dan ngapain mesti malu si....? saudara uda sangat berlebihan....! saya yakin bkn tujuan utama dr saudara2 kita utk berdemo....mrk uda berupaya dgn segala cara tapi pengusahanya aja yg bandel....
semoga semua mahkluk berbahagia.

10. Slamat mlm teman2.Selamat mlm jg bhante.U wktnya mkn?U mkn blm teman2??Pd dasarnya org yg melakukan aksi demo,itu org yg gk berpendidikan atau termakan hasutan.

11. Namaste bhante, ijinkan saya menanggapi pernyataan tersebut... berdemo sesungguhnya tidak dilarang dalam agama buddha, sejauh tidak menimbulkan anarkis dan menimbulkan penderitaan bagi orang lain. Kenapa orang berdemo ? karena adanya sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani mereka terutama menyangkut keyakinan umat beragama. Negara Indonesia adalah negara demokrasi, jadi sah sah saja umat Buddha berdemo, apalagi dengan tujuan yang baik yaitu membela nama baik agama. Sabbe Sattta Bhavantu Sukhitata semoga semua makhluk berbahagia.

12. Hehe... Seandainya kharisma keBuddhaan masih terjaga dengan rapi seperti jaman kejayaan pada abad ke-9.mungkin hal seperti ini dan itu tidak akan terjadi.bukan dengan demo kita menunjukan aspirasi kita.melainkan dengan sikap seorang buddhist dari masing2 individu,saya yakin sekali para dewa2,naga,dan mahkluk lain tidak buta matanya dengan kebenaran.

13. Sis Lia : mungkin anda pernah mengalami kejadian pahit disaat orang berdemo... sesungguhnya FABB yang melakukan demo, sudah cukup baik dan damai tanpa anarkis... BBU.

14. namo Buddhaya bhante...mungkin saya sedikit menanggapi, demo sebenarnya adalah bagian dari proses demokrasi, apalagi kita berada dan bernanung di negara demokrasi, selama tidak melanggar hukum positif dan tidak mengganggu orang lain, why not? sedang untuk @lia natalia, harap bedakan demo dengan tindakan anarkhis yaaaaaa.

15. qt g blh slg tuduh/rbt tp shrsny qt sbgai umat hrs bs mcri solusi yg tbaik dlm slsaiin mslah.

16. Sebenarnya saya juga gak setuju sama demo tapi semua ini tidak akan terjadi jika pemerintah cepat menanggapi masalah ini,sudah ditutup tapi bisa buka lagi.Buddha mengajarkan cinta kasih terhadap sesama tapi saya cukup bangga umat Buddha dapat melakukan dengan tanpa kekerasan dan penuh kedamaian, semoga hal ini tidak terulang lagi.

17. Budha Bar Laporkan FABB Terkait Pengrusakan.

18. namaste bhante jika cara baik-baik sdh tempuh tapi tdk berhasil.satu-satunya cara yaitu berdemo.dinegara buddhis seperti thailand,vietnam,tibet,dll.itu sering terjadi bahkan ada korban jiwa.ditibet mereka mengatakan mgkn tanah mereka bs direbut tapi agama mereka tdk bs diambil.jd sah-sah aja jika tdk ada jalan lain.


19. Namaste bhante, tdk bnyak ys saia bisa katakan, cos apa yg ada dlm benak pikiran saia udah ada yg kemukakan.
@lia natalia, maaf sbelum'a, klo anda blg tindakan tmn2 se dharma itu tdk berpendidikan anda slh bsr!! Itu hnya sebuah pembelaan dari tmn2 se dharma!!! Cb di telaah LαǤï, apa tmn,saudara se Dharma yg kmrn demo, sering melakukan'a?? Lebih baik kita membahas Dharma bersama atau melakukan latihan Vipasana dari pada harus ber demo, cape tau muter2an panas2an, demi di tutup'a sebuah Bar!!
Itu aja ceh dari saia.

20. yendari chen: pernahkah saudara mendengar tentang cerita nagajurna mengencingi buddha rupang diatas altar sebuah kuil dan di depan umat2nya?? Klo baca jgn setengah2 harus sampai habis,dan juga jgn malas untuk belajar.

21. Namo Buddhaya Bhante_/\_ :Mengenai Aksi Damai Anti BUDDHA BAR,sy pribadi sgt mendukung mereka,krn dari yang sy ketahui sebelumnya sdh mereka tempuh berbagai cara agar Buddha Bar tsb ditutup,kalo hanya nama saja tdk begitu masalah,ttp ternyata bukan hanya itu saja melainkan apa2 saja yg terdapat di dlm bar itu jg sangat memprihatinkan sy,ada begitu banyak nama,mengapa hrs memakai nama tsb yg mnrt sy tindakan mrk itu ada unsur kesengajaan yg menjurus kpd pelesehan agama,krn kalo hanya utk menarik minat pengunjung ke tpt hiburan seperti itu tanpa memakai nama tsb sy yakin jg akan rame kalo dia memakai "bar" diblkgnya (utk org2 yg haus akn hiburan mlm)Sebagai umat awam beragama Buddha,jg sbg WNI sy sgt tdk setuju dgn tindakan ini,krn kita hidup di negara yg berdasarkan PANCASILA,slh satu wujud pelaksanaannya adlh toleransi beragama (sila I dan II),yg mana PANCASILA adlh dasar negara RI yg terdiri dari bermacam suku dan agama,tindakan mrk berarti jg tidak menghargai PANCASILA,kalo umat Buddha tdk bertindak,sy yakin pasti akan muncul efek2 negatip ke dpnnya terutama bagi generasi muda umt Buddha.Agama Buddha diakui di INDONESIA,ttp sprt kok TIDAK DIANGGAP kalo dgn berdirinya BUDDHA BAR ini,ats dasar inilah saya menyatakan setuju dgn AKSI DAMAI para simpatisan agm BUDDHA,dan mereka jg sudah sangat berusaha keras utk ini,baik secara fisik juga mental,sy pribadi sangat menghargai dan salut akan tindakakan mrk,asal ttp menjaga aksi itu secara damai dan terkendali.

22. Bhante ijinkan saya nyanyi:Garuda pancasila,akulah pendukungmu,patriot proklamasi setia berkorban untukmu,pancasila dasar negara,rakyat adil makmur sentosa,pribadi bangsaku,ayo maju..maju,ayo maju..maju...
Itu lagu jaman dulu,sekarang garudanya sudah tua,banyak kutu2 disayapnya hehe.. Sabbe sankara anicca seperti saudara yendari chen katakan.

23. Namobuddhaya .. Selamat malam Bhante dan selamat malam juga teman-teman disini .. Maaf sebelumnya jika pandangan saya tentang masalah Demo ini.. Setuju saya dengan pendapat teman-teman semua, seharusnya memang kita tidak perlu Berdemonstrasi jika saja kita umat Buddha bersatu dan saling kompak tentu pemerintah akan memperhatikan aspirasi dan keinginan umat Buddha dan tidak mungkin Buddha BAR dapat izin operasionalnya.. Karna kita terpecahlah maka adanya Buddha Bar.. bagi yang tidak ikut berdemo tidak salah.. Karena berbagai alasan dan sudut cara memandangnya dan bagi saya yang ikut berdemo juga ada berbagai alasan untuk ikut berdemo.. Walaupun mungkin kitapun tak inginkannya..
Kalo mau jujur sebenarnya yang salah adalah umat buddha sendiri yang tidak solid jadi bisa dihina dan dilecehkan.

24. Namo Buddhaya Bhante.., mengenai aksi demo kmrn menurut saya sah sah aja soalnya dengan cara apa lagi agar kita sebagai umat buddha menuntut supaya buddha bar itu mengganti namanya dan.. mengeluarkan semua ornamen yg mencerminkan agama buddha, masa nama agung sang buddha ada dipiring,gelas sampai ke asbak, yach semoga dengan kita sering membaca paritta, melakukan aksi damai, dan memohon pengharapan kepada Sang Tiratana supaya masalah buddha bar ini cepat selesai,mungkin ini satu ujian kesabaran untuk seluruh umat Buddha, yach... semoga dech yg punya buddha bar itu terbuka mata hatinya untuk mengganti nama barnya, sadhu.


25. Namo buddhaya bhante... Saya bangga sbg umat buddha krn agama buddha lbh mengutamakan cinta ksh sesama makhluk, jd buat apa demo tuk menyelesaikan mslh, lagian sprt mslh yg kt hadapi skrg nih simbol/pernak-pernik buddha digunakan tuk tempat hiburan, kt jgn tersurut emosi, ambil positifnya aja bhw simbol buddha lbh bs mendtgkan hoki/rezeki makanya diletakkan di sana, lagian rasa hormat & kagum kt ama sang buddha kan gak bkurang hanya gara2 mslh itu... (itulah perbedaan kt dg umat agama lain) utk teman2 yg udah mengusahakan thanks atas usahanya tp tlg dicoba deh...Jgn terpancing.

26. dl...saya prnh liat di berita...di thailand banyak bhikku yg berdemo dan bnyk bhikku luka di pukul oleh tentara....sekaarang umat BUDDHA berdemo berdemo..demi membela nama Sang Guru yang dinodai...sya sangt mendukung.yng penting umat Buddha...membela tampa melawan...sprt MAHATMA GHANDI.

27. Jangan sampai masalah ini memecah persatuan dan kesatuan umat Buddha karena harusnya masalah ini malah mempererat rasa persaudaraan umat Buddha dan umat beragama lainnya.karena diluar masalah ini harusnya ada pihak2 yang lebih bertanggung jawab.Timbul akibat tentu ada sebabnya. cobalah melihat dari kacamata yang penuh kesadaran tanpa emosi dan melepaskan kepentingan masing2 dan mengakui bahwa ada kesalahan yang harus diperbaiki oleh Pemerintah dan pihak Buddha Bar dengan tidak memaksakan keinginan demi keuntungan yang dapat merugikan dan menyakiti pihak lainya. Bila saja mempunyai pikiran seperti ini tentu semua manusia dapat hidup damai dan berdampingan satu sama lainya tanpa menyakiti. Ibarat orang tua yang dihinakan, seorang anak tentu akan membela orang tuanya tanpa mempermalukan dirinya sendiri. Walaupun saya tidak setuju dengan demo2, tetapi dapat saya pahami inilah yang dilakukan oleh FABB melakukan demi membela kehormatan orang tuanya.

28. FABB melakukan "AKSI DAMAI TOLAK BUDDHA BAR",tanpa melakukan kekerasan...mereka tlh berusaha mempertahankan prinsip damai itu...dan tlh bekerja keras mempersiapkan aksi itu hingga dini hari/juga tidak tidur...mari kita hargai mereka,seandainya ada masukan yg lbh BIJAKSANA,tmn2 blh comment di wall FABB...NAMO BUDDHAYA tmn2 semuanya...be good,be mindfull n be happy.

29. Kalau saja nama barnya sesuai dgn 'agama' pemiliknya, saya rasa pagi dibuka, siangnya dibakar massa, klau dibiarkan saya kawatir besok atau lusa akan ada "maaf" discotik buddha, pijat plus2 buddha, karaoke buddha dll, kalau yg tidak sependapat saya minta maaf, namobuddhaya Bhante selamat malam.

30. Maaf saudara piah.. Saya pribadi baru ikut berjuang karna ada dorongan hati dan tidak terpancing oleh siapapun karna kita Sebagai manusia yang masih jauh dari kesucian diri masih melekat pada para perumahtangga dan masih mengenakan baju untuk menutupi diri dari rasa malu .Tolong ajari saya bagaimana jika almarhum ibu atau ayah anda ada di kloset. Masih bisa menerimakah?
Bukankah Bhikhu juga masih menggunakan rupang Buddha sebagai mediasi.. Mohon dicerahkan .

31. mungkin anda yg bertanya baru tau adanya buddha bar...tahukah anda sdh berapa lama buddha bar berjalan?udah dua thn.sy pribadi aja salut dgn umat buddha yg bgt sabar.jln dgn kata2 dan smp pengadilan sdh di jln kan.tetapi buddha bar tetap buka.knp kita hrs malu berdemo.untuk menggungkapkan aspirasi kita terhadap pemerintah..yg penting kita berdemo tdk anarkis.sy mohon sbg umat buddha bersatulah jgn smp di kotak kotak kan sama org yg tdk bertanggung jwb.

32. NAMO BUDDHAYA_/\_ tmn2 seDHARMA...mari kita hargai dan hormati wall BHANTE SUDHAMMACARO ini...hati dan pikiran ttplah terkendali dgn baik dan bijaksana,kita semua adalah sama.

33. Kalau demo rasanya tidak cocok bagi umat Buddha.Saya rasa masih ada solusi lain yg lebih baik buat kita yg Buddhism.

34.memang benar dlm agama buddha diajarkan khanti(sabar) kita sebagai umat harus memiliki kesabaran dlm menghadapi suatu mslh.berdemo itu suatu tindakan protes agar mereka mergerti apa yg kita inginkan,bukan untuk memaksa seseorang.

35. They struggle for the truth. Bravo..! Demonstration? It's OK. No weapons, no stones, no grumbling, no anger. I see that all were done because of love. They did it with the most polite way for a peaceful aim. The crowd were not anarchist. Grade "A" from me to them all. We support their way this time. If only we have a good chance to negotiate it..
If only. (teman dari USA)

36. Met mlm Namo Buddhaya Bhante.... Negara kita Indonesia adl negara yang memegang azas demokrasi, masalah berdemo dlm hal ini menurut saya sah2 saja dilakukan,selama kita melakukan aksi demonya dengan tertib,aman dan tidak melakukan kekerasan /anarkis dan tidak menimbulkan serta merugikan pihak lain.


37. Dalam berdemo,orang yang ikut serta itu membuat suatu kekuatan untuk melawan orang2 yang sudah bertindak semena-mena dan tidak bertanggung jawab.


38. Coba anda pikir!! Jika para aktivis umat Buddha tidak melakukan aksinya dengan cara berdemo,apakah aspirasi kita menentang BB tuk segera dibubarkan ada yang mau dengar???


39. Istilahnya; Mana yang lebih kuat lidih sebatang dengan lidih segenggam!! Apa bisa lidih sebatang dapat membersihkan halaman yang kotor cepat bersih?? Tidakkan !!!.
Justru, bila lidih itu disatukan dan dikumpulkan dari berbatang-batang lidih maka kegunaannya dpt lebih bnyk dan lbh efektif.


40. @ Lia Natalia ; Sy hargai hak kamu tuk berkomentar seperti itu, tapi seharusya kamu malu dan berpikir 1000X bila mau mengeluarkan kata2 tsbt. Anda yang pintar dan berpendidikan tidak patut dan pantas berbicara demikian. Trims.

41. Andai Buddha masih hidup dijaman ini, kuyakin Sang Buddha hanya tersenyum ............. Apakah dengan Demo akan merubah keadaan?? Kalau Buddha Bar tutup, apakah akan membuat kita menjadi suci??Apakah keberadaan Buddha Bar menambah penderitaan kita?? Aku lahir dari Karmmaku sendiri, dan aku akan menikmati hasil Karmmaku sendiri.

42. andai buddha masih ada..kita tdk akan berdemo..saya yakin buddha bar akan di telan bumi dgn sendirinya.

43. Bhante: Temn2 ks komen blh tp jng lupa kepala d hati hrs tetap dingin, disini kesemptan anda belajar mengndalikan emosi, jngn cm ngajarin orang lain kalau bs mengndalikan emosi dg saling memberi komen, anda akan maju batinnya. Bhante hnya sediakan sarana, ada yg minta kaca sdr.Andy Tri Wijaya maaf kaca msh di toko.Bhante juga manusia blm bebas dri lobha, dosa d moha, kita semua hrs belajar, kpn lagi, sebab apa yg anda lakukan (sebab-akibat) akan berbuntut msh panjang. Justru dg diskusi ini teman2 memberi solusi yg terbaik, ambl yg terbaik jng salah paham.Smg berguna, sadhu.
44. Seandainya buddha bar klu bkn nama buddha bar, yg namanya menyakut
salah satu nabi agama tetangga mungkin bkn saja di demo,kemungkinan
sdh rata dgn tanah. Siapapun tdk akan terima bila jungjungannya dilecekan.
Umat buddha berdemo krn buddha bar tdk sesuai dgn nilai penghormatan agama2
di indonesia yg merupakan muatan hakikat sila KETUHANAN YG MAHA ESA,
dlm pancasila dasar NEGARA,dan peraturan hukum berlaku di indonesia.


45. Dlm penyelesaian kasus buddha bar,krn ada pro dan kontak,maka umat
buddha mengalang demo damai.Jadi mengapa hrs merasa malu,dan melihat
umat buddhis bkn sbg umat buddhis.

46. Agama buddha diharmati dunia krn sampai hari ini belum perna sbg pemicu
keributan apalagi pemicu terjadinya perang. Seharusnya kita bangga
bisa melihat umat buddies saling bahu membahu, bkn saja bertujuan hanya
menutup buddha bar,tapi juga utk tujuan2 kesejahteraan yg lain.


47. Dalam diskusi kali ini kita mesti hati2 menyikapinya,contoknya
bisa saja aku ini salah satu pendung buddha bar. NOMO BUDDHAYA,
SALAM METTA.

48. PERHATIAN !! Komentar2 ini hny pendpt dr msg2 org yg berbd pemikiran,bkn untuk menjelekan/menjatuhkan,beri masukan d skpi dgn kepala dingin. Kita hanya ingin berbgi d slng share aja koq .Bhante Yuni mhon jgn dihapus,ini seru d bgus!! Trims.

49. Inilah tempatnya yg selama ini saya cari. disini kita bisa bertukar pikiran dan menambah wawasan kita tentang Buddha Dharma,tapi bukan tempat untuk saling menyerang. SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITATA.

50. Menurut saya , semua kembali kepada Cetana (Niat) , bila Cetananya baik tentu saja hal itu baik, walaupun cara yang dipakai itu tidak semua orang setuju, tetapi toh di landasi oleh niat yang baik, bukan untuk membuat rusuh atau membuat kekacauan, hanya supaya suara bisa di dengar saja, jadi harap teman-teman yang lain juga bisa memaklumi, walaupun saya sendiri juga kurang setuju dengan cara demo, tetapi karena pada dasarnya demo(buddha bar) itu di landasi oleh niat yang baik, maka saya juga tidak menentang cara demikian.

51. Ada yg bilang:semoga semua mahkluk berbahagia,salam metta,namo buddhaya.tapi mana kenyataannya??Tong kosong nyaring bunyinya.
pantas agama buddha terpecah pecah belah. Kalo memang belum isa menjadi manusia yg baik,tolong jangan rugikan orang lain atau mahkluk lain.kebenaran bukan teori,tp dipraktekkan.seharusnya seorang bhikku tidak mendapat pertanyaan seperti ini.cobalah setiap orang belajar untuk bercermin setiap saat.apa yg kurang,apa yg hrs diperbaiki.

52. Bhante menurut Bhante bagaimana cara yang terbaik menyikapi hal ini? karena saya sudah membaca semua comment dari umat. Saya ingin membaca pandangan Bhante mengenai hal ini selaku perwakilan dari persekutuan Sangha.. Apa yang harus dilakukan selaku umat buddha bila menghadapi masalah seperti Buddha Bar? karena sudah berdemo maka Buddha Bar ditutup tetapi banyak pro kontra.Siapa yang harus bertanggung jawab dalam hal ini? Apakah ini cobaan untuk umat Buddha?Terima kasih Bhante, semoga kami semua menjadi cerah dan tidak ada kegelapan dalam bathin kami. _/|\_Anumodana Bhante.

53. assalamualaikum. saya cukup mengikuti saudara buddhist skalian ttg Buddha Bar, sy rasa aksi kalian kmrn sprti bom waktu yg skian lama diam dan diacuhkan. mmng tdk ad cara lain utk memberitahu pihak berwenang bhw BUDDHA mmpnyai hak yg sama dgn ISLAM & agama lainnya di Indonesia. wassalam.



54. kl menurut saya yah Bhante, seharusny umat Buddha tidak perlu sampai berdemo untuk memecahkan masalah..... tp kami sebagai umat Buddha juga memiliki kesabaran yg terbatas karena kami masih manusia yg awam blm memiliki pencerahan yg baik...... maka dari itu timbul lah rasa ketidakpuasan para umat Buddha karena suara mereka tidak didengar sehingga kesabaran pun habis dan emosi pun naik dan akhirny terjadilah demo untuk menyelesaikan masalah mereka, karena dengan bicara baik" masalah mereka tidak dapat terpecahkan.sekian menurut saya Bhante.... mohon maaf sekali apbila ada kesalahan dalam kata" karena sy adalah umat Buddha yg masih harus dimbimbing dalam perjalanan hidup saya agar tidak salah langkah.sadhu sadhu sadhu


55. Suatu kebenaran itu blm tentu disenangi at disukai oleh org2 yg mmg tdk suka kebenaran.Jgn putus asa d pantang menyerah dlm mencari suatu kebenaran.Sy 1 dr sekian byk org yg mendukung d mendoakan anda dlm melakukan perjuangan ini.Trims smg buah karma baik ini segera melimpahi anda yg melakkan perjuangan dgn gigih d semangat.ok



56. Mohon ajari saya Bagaimana atasi solusi Buddha Bar tampa harus Berdemo ? Apakah setiap orang harus menerima dan tidak permasalahkan penistaan dan pelecehan yang terjadi disana, dengan mengatakan biarlah karma yang akan menyelesaikannya.. Ohh sungguh indah terdengarnya sepertinya sudah jadi arahat semua nih umat Buddha.


57. Tutup Buddha Bar memang tidak akan sucikan kita .!
Bila ingin jadi suci yah jalani dan jadi arahat dahulu..


58. Jangan munafik lebih baik kita jujur dengan keadaan batin kita yang masih banyak debu yg melekat janganlah Dhamma dipakai sebagai selimut menutupi kekotoran yg masih ada banyak pada diri kita.


59. Jujur saya belum bisa, Apabila ada orang yang menampar atau meludahi wajah saya lalu saya hanya cuma berkata sancai sancai Amitabha.
Begitulah saudara setiap Agama punya simbol-simbol suci yang harus dihormati dan disucikan Sama halnya dengan Abu leluhur yang masih harus didoakan


60. Guru Agung Sang Buddha rela menderita selama 6 tahun demi kasih sayangnya pada kita.. Selayak dan patutnya kita menghormati rupang Buddha bukan hanya sebagai simbol simbol kesucian tetapi lebih dari penghormatan dan tempat kita Bersujud kepada sang Buddha sebagai wujud persembahan doa perlindungan dan memohon tercerahkan.


61. Tentang berdemo atau apapun, saya pikir ini adalah cara mengungkapkan / menyampaikan sesuatu maksud aja. tetapi apabila ini dilakukan dengan menggunakan EMOSI, maka akan berbahaya. yang namanya demo udah jelas dikarenakan ada yang tidak menyenangkan atau ada pihak yang telah melecehkan kita. Bila tdk, untuk apa berdemo ? Andaikan masalahnya selesai dan yang ditakutkan adalah Batin kita telah menjadi kotor. ajaran Buddha mengajarkan kita melihat ke dalam, bukan ke luar.
Tidak ada yang salah dengan dunia luar, tetapi ada yang salah pada diri kita sendiri.
dan perlu diingat : Sang pelaku kejahatan sebenarnya bukanlah orang Jahat, mereka
melakukannya karena BODOH.
Sorry ya saudara2, jika ada yang salah dengan ungkapan saya.


62. Sori tan sulie...Kalo km mrasa tersinggung... Tp itu pendpt sy, krn mnrt sy rupang buddha hanya simbol penghormatan bkn utk di sembah, krn dg ada ato tdk rupang buddha sy ttp bs mlakukan penghormatan, buddha bs diwujudkan dlm pikiran... Kamu mau gmn cara pandang/pendpt itu hak kamu... & thanks atas sarannya nanti kalo ortu udah alm akan sy ehipassiko... Heheeeeeeee.


63. klu demo dgn motivasi yg baik, sah2 sj, sbb tdk semua mslh bs terselesaikan tanpa demo, udh kt lht bnyk sekli di fenomena ini, jln lembut blm tentu bs jln, tp demo yg baik, tanpa anarkis itu ok2 sj.krn penyelesaiaan mslh blm tentu selalu hrs dgn cara lembu,br bs sukses, mlhn bnyk yg gagal dgn cara terlalu lembut, wisdom dipakai apabila perlu, dan memang saaatnya perlu demo.demo cendrung keberhslnnya lbh tinggi.dan nyatanya kan lumayan skrg sukses.klu didiamin lembut2 kpn tunbtas mslh, mk itu wisdom dipakai when it is needed termsk wisdom berdemo., krn tdk semua demo itu jelek.dan juga tdk semua demo itu baik, jd sah2 aja lht motivasinya apa dan jls pandangannya.


64. Candi borobudur atau dasa bhumi sambarabuddhara dibangun abad ke-9 oleh indra gunattha dan samaratungga (ayah dan anak) tidak dibangun secara berurutan melainkan melalui suatu proses ritual yg dihubungkan dengan 5gunung (sindoro,sumbing,semeru,merbabu,merapi) dan 4sungai (kebale,elo,progo,bengawan solo) yg menyimbulkan 5benua dan 4samudra.jaman dahulu digunakan utk perjalanan ritual dari umat buddha seluruh dunia,tp sekarang cuma buat tontonan dan arena photo studio.dari dulu kok ndk ada yg protes ya?


65. Sudahlah teman2 Buddha Bar sudah ditutup mengapa kalian masih menggendongnya didalam kepala kalian? lebih baik turunkan beban dan coba melangkah ke depan dengan hati dan pikiran ringan dengan penuh kesadaran yang harus dilakukan ke depannya demi meningkatkan bathin kita masing2 kearah yang lebih baik jangan berhenti dijembatan yang sama dan yang lalu jangan di khawatirkan terus yang di kemudian hari akan kita hadapi dengan jiwa dan hati yang baru. Saat ini adalah kenyataan yang harus kita hadapi,Buddha Bar sudah tutup, mengapa kita masih belum menutup perbedaan ini? saat ini kita banyak yang berbeda pendapat karena masing2 memiliki keinginan yang berbeda.Semakin besar keinginan semakin besar penderitaan.Cabutlah semua keinginan satukan hati didalam Buddha dan Dhamma, hadapi kenyataan sebagaimana adanya dan bersikaplah sebagaimana mestinya.Tiada yang kekal didunia ini, baik perselisihan,persahabatan bahkan ruang dan waktu tiada yang abadi.Semua adalah ilusi untuk mengembangkan bathin dan hati Buddha kita. Setelah mengerti tinggalkan semua kerisauan dihati.Tiada yang dapat digenggam kemarin,hari ini maupun yang akan datang.



66. Namo Buddhaya.. Mari kt tetap jg hati n pikiran kta. Krn adany pro n kontra dr mslh ini jgn smpi menimbulkan kmarahan, sling ejek dll. Ingatlah, kt saudara dlm Dharma :-) klu d lhat dgn baik, yg brdemo n tdk brdemo mempunyai tjuan yg sama kan? Untuk mnjaga "kehormatan/martabat" umat Buddha. Hny yg brdmo trn k jln n yg tdk brdemo dgn doa d ctya atau mgkn dgn cra lain. Terima ksh u saudara2 yg sdh brjuang. Mdh2an pemerintah mau mendengar aspirasi kt.. Mari brpegangan tgn, brsatu, bktikn bhwa kt jg solid :-) Smga smua mhluk berbhagia.


67. ya cukup berterima kasih aja sama para anggota sangha juga,karena tanpa ada anggota sangha yang dukung,FAAB ga akan ada keberhasilan sampe hari rabu kemarin...dan perjuangan masih lom tuntas,ada beberapa point yang harus dimenangkan bersama lagi untuk mencapai titik akhir mengenai penolakan/pembubaran "B BAR!!! namaste alll....dan untuk bhante' makasih ya untuk topik ini,namo buddhaya.

68. Candi borobudur atau dasa bhumi sambarabuddhara dibangun abad ke-9 oleh indra gunattha dan samaratungga (ayah dan anak) tidak dibangun secara berurutan melainkan melalui suatu proses ritual yg dihubungkan dengan 5gunung (sindoro,sumbing,semeru,merbabu,merapi) dan 4sungai (kebale,elo,progo,bengawan solo) yg menyimbulkan 5benua dan 4samudra.jaman dahulu digunakan utk perjalanan ritual dari umat buddha seluruh dunia,tp sekarang cuma buat tontonan dan arena photo studio.dari dulu kok ndk ada yg protes ya? saya pernah dengar tentang 10 hari tahap prosesi sebelum peringatan purnama siddhi.skrng baru ketemu sebagian saja,sisanya masih susah didapat.entah hilang atau ada sebagian orang dari dinas tertentu yg coba menghilangkannya.

69. Namaste Bhante, daripada demo saya usulkan upacara doa bersama agar pemerintah turun tangan atas masalah ini. Hadirkan semua bhante dan undang umat Buddha se Indonesia di lapangan Banteng misalnya . bukankah hal ini positif ? Metta to us


70. Namo buddhaya. Dharma itu tlh berkelana dr india ke semua wilayah asia,dn dimana-mana tlh mempengaruhi dn tlh diserap olh budaya setempat,kemampuan mempengaruhi secara positif dn didlm wktu yg bersamaan jg mengadakn penyesuaian diri trhdp budaya setempat mrpkn salah satu dr ciri2 karakteristik dharma,Namun trdpt suatu bahaya didlm hal yg demikian itu, trdpt musuh yg dekat dn yg penampakannya halus,itu adlh ktka agama buddha dn budaya setempat mnjdi membingungkn dimana org2 sampai menyamakan agama buddha dgn kebudayaannya sndiri dn sebaliknya,hasilnya adlh utk menyebar luaskn budaya stmpt drpd utk memberikn dorongan pd org2 agar rajin berusaha utk mencapai pencerahan..
Agama Buddha,Agama besar didunia yg paling tua,mempunyai catatan bagus dlm soal toleransi,suatu hal yg blh dibanggakn olh seluruh umat buddha,Hampir tdk prnh didlm sejarah pjgnya yg sudah 2500 thn,agama buddha memulai suatu peperangan atau kekacauan yg mendtgkn bencana kematian..
Dewasa ini,manusia tlh mencapai titik dimana mereka dpt menghancurkan dirinya sndiri secara tuntas,dgn demikian sikap agama buddha tsbt merupakan salah satu sinar harapan pd situasi yg sgt menyedihkn dewasa ini,utk dpt mempengaruhi situasi secara positif ditujukan kpd kita,masyarakat buddhis..

Tetapi seringkali dlm dunia buddhis,ajaran triratna direndahkan nilainya,org2 mengucapkannya secara mekanis belaka,tnpa ada niat utk berubah,apa bila keadaan ini dpt dibetulkan,maka tanah suci itu berada pd lingkungan hdp kita tnpa pencemaran polusi lingkungan itu sndiri..
Sadhu3x


71. capeh deh baca semua komen, tapi saya setuju dengan semua pendapat teman teman. Semua bagus bagus deh. menurut saya asalkan kita bisa menerima apa adanya, maka kita tidak akan terpecah belah. Mau demo ya bagus ? kenapa ? karena saya punya rumus matematika untuk kehidupan manusia awam :

+ dikali + = +
- dikali - = +
+ dikali - = -
- dikali + = -

bila demo adalah negatip, tapi kalau kita gunakan untuk mendemo yang negatip seperti Penistaan agama maka hasilnya akan positp.

ngak demo juga bagus ? napa ? karena sesuai dengan ajaran Agama BUDDHA, semua punya sebab akibat dan semua ada kammanya. Kalau kita melakukan demo, secara agama BUDDHA mungkin bisa menimbulkan kamma buruk dan kalau kita biarkan maka mereka ( buddha bar ) yang akan memiliki kamma buruk.jadi secara agama BUDDHA mungkin bagus utk ngak demo.

Dan sekarang yang lebih lucu lagi Buddha bar udah ditutup malah yang umatnya yang bertengkar.Bersatulah, kita adalah sama, cuma beda cara pandang dan persepsi saja.

Jadi yang mau demo silahkan dan yang ngak mau demo, dirumah baca paritta untuk mengurangi kamma buruk pendemo . maka kita jadi bersatu walau cara kita lain. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.


72. Ya kt sbg penganut Buddha, melihat cara2 yg tdk bijaksana merasa nda enak dan malu, baiknya kita hadapi dngn cara menghadap langsung pd bpk kt P SBY, dan mohon kebijaksanaannya utk mengatasi mslh BUDDHA BAR.


73. Purwaning Carita, Wahai anak cucu waspadalah, kyai semar beri ujar, umat buddha pada samar sudah lama pada nyasar, hanya berpikir Buddha Bar. Sejak jaman purwa kala, masalah patung selalu bikin bingung, umat Buddha jangan hanya gandrung wujud watu agung digambar seperti Guru Agung dipuja dijunjung. Sadarlah, Buddha berasal dari budi, perbuatan luhur suci dan mulia.



74. Selamat pagi menjelang siang Bhante dan teman2 karena Ego saya masi besar jadi nongol lagi dehh.. Hehe.@sujono tan apabila jadi capek baca jangan dibaca, gitu ajah koq repot.. Btw terimakasih juga yah udah kasih like dicomentku.

Bhante buat stats sengaja untuk kita semua diskusi dan memberikan pendapatnya masing2. Bagi saya ini sangat Bagus biarpun ada perdebatan bahkan tampak seperti saling serang sebenarnya untuk menganalisa tingkat emosi diri kita, sampai sejauh mana pengendalian diri kita (emotional intelegencia) dan kejujuran dari setiap perkataan kita.Pemahaman kita terhadap masalah.

Pengertian kita dan sejauh mana empati kita. kalau mau jujur sepertinya kita masih jauh dari bijaksana, sebab kita tidak dapat menahan diri untuk tidak berkomentar.. kesabaran dan ketelitian tidak terlatih baik, kurang memahami masalah buddha bar dan tidak melihat langsung apa yang terjadi disana.. Sudah komentar yang ikut demo bodoh ! Bukankah ini menunjukkan kita tidak bijak dan tidak ekhipasikho ?

Rekan-rekan sedharma yang saya cintai,mohon maaf apabila kata-kata saya kasar thd sdr.. Saya tidak ada niat sedikitpun untuk melecehkan sdr..
Saya hanya amati tiap kata-perkata dan memberikan balasan dari koment sdr..
Janganlah terpancing emosi bila mau ikut komentar lihat dan baca tiap kalimat kata perkata,
Dan Dhamma jangan digunakan untuk saling menggurui.. Sebab kitapun masih Tahap belajar semua untuk mempraktekan Dhamma.



75. Selamat siang...saya rasa tidak ada salahnya berdemo selama tidak menimbulkan kekerasan.Umat Buddha yg saya tau sangat sabar dan sangat mengerti akan adanya hukum karma,jadi saya rasa mereka smua masing2 tau apa yg mereka perbuat.
Dan juga di agama manapun tidak ada larangan utk ber demo...
yg ada ajaran utk kita agar kita bisa berbuat kebajikan.
dan demo x ini yg saya liat suatu kebajikan bagi seluruh umat beragama dan juga bagi negara. Maaf klo ada kata2 saya yg salah.


76. Ini saya bukan membicarakan agama,melainkan umatnya yg sudah tertutup matanya dan sudah melenceng dari jalan yg lurus.
Saya sebagai umat Khatolikpun malu akan adanya kejadian2 yg seperti Bhante sebutkan. dan saya sebagai umat yg penuh dosa dan masiih awam tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa berdoa agar smua kembali ke jalan yg benar..jujur saya merasa sangat beruntung karena saya sudah diterangkan tentang hukum karma walau saya hanya mengerti sedikit,setidaknya pelajaran ini sudah mengingatkan saya untuk berbuat kebajikan walau belum bisa sepenuhnya saya berbuat kebajikan.
Salam damai selalu utk smuanya. Maaf ya klo ada kata2 saya yg menyinggung.


77. Namo Buddhaya...
Saya akan menjawab sesuai pandangan saya...
Menurut saya,tidak perlu berdemo,namun jika seperti Buddha Bar yang nggak mau menutup tempat tersebut,itu pantas didemo.



78. Namo buddhaya. Tidak sepatutnya umat buddha melakukan demonstrasi meskipun sekarang lagi jaman-jamannya berdemo, dimana ajaran welas asih kalau kita berbuat melalui pikiran, ucapan dan tindakan sebagai pemuas ledakan emosi, dan dimana saddha atau keyakinan/kepercayaan terhadap pemerintah dan agama kita sendiri untuk menyelesaikan masalah dengan bijak. Sang buddha tidak pernah membuat tindakan yang merugikan beliau dan orang lain ketika beliau dipitnah dan dinista, dengan begitu beliau mampu membuat orang tersebut bersujud dan berlindung kepada triratna.


79. awalnya agama Buddha berkembang tanpa dengan kekerasan..sebab agama Buddha mengajarkan cinta kasih...cobalah kita berdoa..agar orang2 sadar..dan kembali dengan Pandangan Benar,pikiran benar dan mata pencaharian benar....itu yang terbaik bagi kita untuk berdemo.


80. Menurut sy tdk perlu demo.buat apa? Semua kan anica ketidak puasan karena kekotoran bhatin kita ke melekatan kita suka dan tidak suka.kita harus tetap menyadarin aja.semua tdk kekal.


81. Anumodana Se7 dgn Bhante sekarang.. Karena Buddha Bar sudah tutup Jadi sudah tidak perlu lagi berdemo.

82. sory ya bhante' kalo saya sendiri demonya agak arogan dikit kemarin,soale udah tanggung bhante pas kemarin,dengan mikirnya pokoknya hari itu BB' harus bubar dalam 1 jam..he he he,,!!!

@tan sunlie: enak aje ga perlu demo lagi he he he(smile).. andai BB lom tutup total/ngerubah semua ornamen2 yang berbau buddha,semua harus tetep terus teguh berjuang :)bubarkan BB' itu sudah harga mati (goceng)...ha ha ha....lol:)


Kesimpulan:

Bagi umat Buddha ‘Demo’ adalah pilihan akhir dengan niat baik untuk menjaga kerukunan hidup ber-agama, sebab kerukunan hidup ber-agama di Indon dilindungi UUD. Bisa dibayangkan andaikata tidak ada cara kerukunan hidup ber-agama di Indon yang masyarakatnya Heterogen dan Pluralis yang berbeda agama banyak jumlahnya, tersebar di seluruh Nusantara.

Ditambah ledakan penduduk yang siap menjadi Bom waktu tiap saat, bisa menjadi Pemicu terjadi gesekan dan kerusuhan dimana-mana, kalau tidak diantisipasi. Kita sebagai warga yang baik sudah seharusnya menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, akan terjadi. Sebab yang rugi kita semua.

Pemerintah yang Lamban dan sering Terlambat dalam mengambil Kebijakan mengatasi faktor pemicu keributan. Yang seharusnya tidak terjadi, malah dibiarkan dan lebih suka Pembiaran hingga menunggu sampai terjadinya keributan dan akhirnya merugikan semua pihak. Sungguh sangat disayangkan.

Karena itu, kita sebagai umat ber-agama yang tahu dan mengerti sikon di Indon ini, secara pribadi saya mengajak semua pihak ber-agama untuk menahan diri dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul.

Intinya, kita harus memiliki pengendalian diri secara penuh setiap saat, jangan mengumbar emosi, dan anarkisme sebab yang akan rugi tetap kita semua.
Diharapkan kepada pihak terkait dalam hal ini: BUDDHA BAR PLUS” mohon dengan hormat agar segera mengganti nama dan menyimpan simbol-simbol agama Buddha, untuk saling menghormati hak kerukunan hidup ber-agama di Indon.

Mencari uang di Indon diberi kebebasan tapi dengan cara yang Elegan dan terhormat. Kita sudah seharusnya menciptakan hidup Rukun, Damai, saling Asah, saling Asih, saling Asuh, demi mencapai kehidupan yang lebih baik. Untuk bekal yang pasti akan kita bawa MATI, karena manusia siappun itu pasti akan MATI.
Hidup di dunia ini hanya sekejap, dan sementara sedangkan segalanya tak ada yang kekal abadi.

Seandainya, anda memiliki harta dan uang segudang hasil bisnis seperti Buddha Bar, namun begitu anda Sakit Parah semua yang anda miliki tak ada artinya sama sekali, apalagi bila kemataian menjelang tiba menjemput anda, lebih tak ada manfaatnya. Sebab ketika anda MATI, semua yang anda miliki tak akan bisa dibawa, juga tak dapat menolong.

Hanya amal perbuatan yang baik dan buruk yang akan dibawa oleh anda, yang akhirnya menentukan kemana anda akan pergi selanjutnya. Alangkah indahnya bila amal perbuatan anda sesuai dengan kaidah agama yang anda anut. Bukan menentang dan mencari serta memicu keresahan umat agama lain (Buddha). Terimakasih bila anda pemilik dan partnernya mau membaca dan mendengar himbauan kami umat Buddha. Semoga amal kebajikan anda yang kelak akan dibawa MATI, dapat mengantarkan anda ke alam Surga yang penuh Kedamaian dan Kebahagiaan.

Apa yang dibahas disini, bukan untuk menghina dan melecehkan agama apapun, semua yang saya tulis berdasarkan fakta dan bukti yang ada di sekitar kita, demi Pencerahan Batin kita semua.

Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut bahagia karenanya, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Comments

Denis L. Toruan said…
Sbg salah 1 tokoh agama Budha (yg konon terkenal welas asih), Anda koq justru mengumbar kebencian ya dengan mengatakan "Kristiani sudah keilangan cara2 lain untuk menjelek2kan/melecehkan agama lain???

Dibayar brp sih sama pihak2 tertentu untuk mem-blow up isu ini??

Dosa.. Sungguh dosa.. Amitabha.

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "