Fenomena Dhamma

Sunday, October 16, 2016

PANDA LUCU YANG DULU MENG-GEMASKAN KINI TELAH WAFAT, SETELAH USIA TUA BANYAK JASANYA MENGHIBUR PENGUNJUNG KEBUN HEWAN DI HONGKONG, CHINA, AUSTRALIA, AMERIKA DSB...











Panda Raksasa Tertua di Dunia Mati di Hong Kong-Jia Jia. (Foto: Reuters)-Jia Jia. (Foto: Reuters)-Rahman Asmardika-Jurnalis


HONG KONG - Jia Jia, panda raksasa tertua yang hidup dalam pemeliharaan meninggal di usia 38 tahun pada Minggu, 16 Oktober 2016 di Ocean Park, Hong Kong. Jika disetarakan dengan umur manusia, usia panda tua itu telah melebihi 100 tahun. Keterangan dari kebun binatang mengatakan kondisi Jia Jia semakin memburuk dalam beberapa pekan terakhir. Nafsu makannya hilang, dia tidak lagi makan dan tidur, bahkan dia tidak lagi bisa bergerak sendiri. Jia Jia akhirnya dimatikan oleh dokter hewan di Ocean Park agar tidak mendderita lebih lama lagi.

“Dia adalah anggota keluarga kami dan dia akan sangat dirindukan...dia telah berperan sebagai duta hewan yang penting bagi spesiesnya,” demikian pernyataan yang disampaikan BBC, Senin (17/10/2016).

Lahir di alam liar di Sichuan, China pada 1978, Jia Jia dihadiahkan kepada Hong Kong pada 1999. Penyerahannya menandai pemindah tanganan kota itu dari Inggris dua tahun sebelumnya. Sejak saat itu, Ocean Park menjadi rumahnya. Panda umumnya hidup antara usia 20 tahun di alam liar dan 25 tahun di penangkaran. Usia Jia Jia membuatnya tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai panda raksasa tertua yang hidup di penagkapan.
(dka)

BERITA REKOMENDASI
Seorang Sopir Bus Mabuk Tewaskan Perempuan di Hong Kong
Legislator Termuda Belum Ingin Hong Kong Merdeka dari China
China Waspadai Hasil Pemilu Legislatif Hong Kong

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home