Fenomena Dhamma

Tuesday, October 18, 2016

Pengelohan makanan yang tepat Lebih Sehat Saat ini, banyak sekali orang yang mencoba untuk menjalankan diet raw food atau diet yang mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya tanpa melalui olahan sama sekali. Namun, raw food sebenarnya bukanlah hal baru dan sudah dilakukan sejak jaman dahulu.







Contohnya saja, ketika Anda mengonsumsi lalapan mentimun, kubis, daun kemangi, selada, dan kacang panjang yang dimakan bersama dengan sambal. Nah, hal tersebut sama dengan program raw food diet I dan mudah dilakukan. Namun, Anda pun perlu mengetahui cara mengolah sayuran dan buah-buahan secara tepat hingga tak mengurangi kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut.

Selain itu, cara pengolahannya pun perlu Anda perhatikan untuk memanfaatkan nutrisinya secara maksimal. Dan, berikut beberapa makanan yang bisa Anda sajikan secara mentah tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

• Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang umumnya diolah untuk campuran sup, capcai ataupun oseng-oseng tempe, tahu ataupun ayam. Namun, perlu Anda ketahui bahwa brokoli dapat kehilangan enzim myrosinase jika dipanaskan. Padahal jika Anda tahu, enzim tersebut dapat membantu membersihkan liver dari zat-zat yang berpotensi terhadap kanker. Jadi, Anda bisa mengonsumsinya secara mentah dan membumbuinya saja. Namun, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum mengonsumsinya.

• Tomat
Tomat merupakan makanan yang mengandung vitamin C. Tomat sangat berguna dalam mengobati dan mencegah anemia. Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Selain itu, tomat pun mengandung beta karoten dan vitamin E yang membantu menjaga kulit dan rambut. Tomat paling sering diolah dengan cara dibuat jus.

• Jamur
Jamur yang diolah dengan di masak akan membuat potassium yang ada di dalamnya keluar dengan maksimal. Misalnya saja, Anda mengolahnya dengan cara ditumis, rebus, panggang, ataupun dibakar. Jamur sangat berguna dalam membangun massa otot pada tubuh Anda.

• Paprika merah
Paprika akan lebih baik jika dikonsumsi secara mentah. Pasalnya, paprika merah yang mengandung vitamin C akan kehilangan manfaatnya jika Anda mengolahnya dengan cara dipanggang, goreng, atau pun dibakar.

• Asparagus
Beberapa orang sering kali mengonsumsi asparagus dalam bentuk sup kental dengan daging kepiting atau pun dipanggang dengan steak. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa nutrisi yang terdapat dalam asparagus akan lebih maksimal jika dimasak dengan hanya dikukus saja. Hal ini sangat berguna dalam melawan kanker.

• Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisinya. Bayam memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium yang akan bertambah banyak saat dimasak. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara dibuat sayur bening yang cocok dikonsumsi setiap hari.

• Bawang bombai
Bawang bombai merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan aliran darah serta dapat memicu alis tumbuh lebih cepat. Caranya adalah dengan menghancurkan bawang bombai dan peras sarinya. Lalu, oleskan pada area alis dan diamkan selama beberapa jam sebelum membilasnya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home