Fenomena Dhamma

Thursday, October 13, 2016

Panasonic kembangkan TV yang 'tak terlihat' jika sedang mati...



Merdeka.com - Perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic, sedang mengembangkan sebuah televisi canggih. Televisi ini sangat canggih hingga jika diletakkan di sebuah lemari, televisi ini hanya akan terlihat seperti pintu kaca. Namun ketika menyala, televisi ini akan jadi televisi biasa.




Televisi canggih ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan dalam Consumer Electronic Show di Las Vegas Januari lalu, namun kini televisi tersebut sudah mengalami perkembangan. Salah satunya membuatnya benar-benar 'tak terlihat.'

TV Panasonic yang tak terlihat jika dalam keadaan mati. © engadget.com

TV Panasonic yang tak terlihat jika dalam keadaan mati YouTube Panasonic Newsroom-Dilansir dari Daily Mail, salah satu rahasia utama untuk membuat televisi ini makin tak terlihat adalah mengganti layar yang menggunakan LED dengan layar OLED. Terbukti, televisi bisa tak terdeteksi dan benda yang ada di belakang televisi ini terlihat dengan sangat jelas.

Perbedaan mendasar dari OLED dan LED sendiri ada di bagaimana pixel mereka memancarkan cahaya. Pixel dari layar LED membutuhkan cahaya dari belakang untuk memancarkan cahaya di tiap pixelnya. Sedangkan OLED bisa memancarkan sendiri cahaya di tiap pixelnya.

Dilansir dari Engadget, Panasonic juga sedang berusaha untuk mengembangkan gambar yang setajam televisi biasa. Panasonic tak mau hanya sekedar mengembangkan televisi tak terlihat namun mengorbankan kualitas gambar. Hal ini dikarenakan prototip awal dari televisi ini membutuhkan sorotan cahaya dari belakang agar gambar makin terang. Namun dalam pengembangannya, cahaya 'backlight' tak lagi dibutuhkan.

Cara kerja dari televisi ini sebenarnya cukup sederhana, karena dua elektroda yakni katoda dan anoda, yang membungkus panel dari OLED terbuat dari substansi kaca yang tentu bisa memiliki opsi untuk menjadi transparan.

Untuk lebih mempercanggih lagi, Panasonic juga menyematkan aplikasi musik yang bisa dikontrol melalui gerakan tangan.

Baca juga:
Indocomtech 2016 targetkan nilai transaksi Rp 660 miliar
Tank baru AS ini jadi bukti teknologi buat militer makin 'ganas'!
Canon rilis EOS 5D Mark IV di Indonesia, berapa harganya?
Perkuat sisi keamanan siber, Microsoft tingkatkan investasi
Saat kulkas kini bisa buat nonton video porno
Tampilkan lebih sedikit

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home