Sejarah Dinasti Xia




FILSAFAT & NASIHAT KUNO dari CUNGKUO

Sejarah Dinasti Xia

夏朝的故事

Xia chao de gu shi


Dinasti Xia merupakan dinasti pertama dalam sejarah Zhong guo, daerah kekuasaannya mencangkup: bagian selatan provinsi Shan Xi 陕西, bagian barat provinsi Henan 河南. Dinasti Xia berdiri pada tahun 2205 sebelum masehi, didirikan oleh Da Yu 大禹. Beliau adalah salah seorang figur yang paling dihormati dalam sejarah Zhong Guo. Yu yang agung (Da Yu) berhasil mengatasi & meniadakan bencana banjir. Para penduduk sangat mencintai & menghormati beliau. Karena itu, baginda Shunmenyerahkan tahta kerajaan kepada Da Yu (禅让) shan rang, turun tahta & menyerahkan mahkota kerajaan kepada orang lain yang bukan anggota keluarganya).

Shan rang, merupakan sistem pemerintahan paling ideal yang berlaku di Zhong Guo pada jaman itu, tahta kerajaan tidak diturunkan kepada anak-cucu melainkan diberikan kepada orang yang bijaksana & cakap. Semisal, pada jaman baginda Yao hiduplah seorang anak yang bernama Shun. Shun adalah seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tua, mengasihi saudara-saudaranya, sangat dihormati oleh khalayak umum. Begitu mengetahuii jika Shun merupakan orang yang bijaksana & cakap, baginda Yao segera mencari & mengangkatnya sebagai pejabat untuk membantu beliau mengurus kerajaan. Pada akhirnya baginda Yao menyerahkan tahta kerajaan kepada Shun. Dengan argumentasi yang sama, selanjutnya Shun memberikan tahta kerajaan kepada Da Yu.

Di masa senjanya, sebenarnya Da Yu ingin meneruskan tradisi shan rang, hendak memberikan tahta kerajaan kepada Yi. Akan tetapi Yi tidak mampu memberikan kontribusi yang nyata untuk kerajaan, rakyat tidak memberi dukungan. Karena para penduduk merasa berterima kasih kepada Da Yu, mereka mendukung Qi, putra Da Yu untuk melanjutkan tahta kerajaan. Sejak saat itu, Zhong Guo menganut sistem pemerintahan dinasti yaitu: kedudukan sebagai raja diturunkan kepada anak-cucu yang berasal dari 1 keturunan一脉相传yi mai xiang chuan/一家所有yi jia suo you.

Dinasti Xia berdiri selama 440 tahun. Karena menjalankan pemerintahan dengan kejam, raja terakhir dinasti Xia, Xia Jie夏桀, berhasil dikalahkan & dibunuh oleh Shang Tang商汤. Karena dinasti Xia adalah dinasti pertama dalam sejarah Zhong Guo, kata Xiamenjadi sebutan umum untuk masyarakat Zhong Guo kuno. Selain Xia, sebutan lain untuk masyarakat Zhong Guo kuni adalah Hua Xia 华夏.

Diterjemahkan secara bebas dari buku Zhong guo li shi gu shi (san dai) 中国历史故(三代), terbitan Zhong hua min guo qiao wu wei yuan hui yin xing 中华民国侨务委员会印行.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Komentar

Perantau mengatakan…
helow zie zheng ming . boleh saya minta nomor contact ada . mau tanya2 ttg sejarah tiongkok kuno

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “