Kisah You Zhan mirip Pelawak




FILSAFAT & NASIHAT KUNO dari CUNGKUO

Kisah You Zhan mirip Pelawak

优旃的幽默

You zhan de you mo
Gurauan you zhan


Pada jaman dinasti Qin, hiduplah seorang pejabat tinggi yang bernama You Zhan优旃. Meskipun perawakannya kecil, ia pandai melucu & membuat orang lain tertawa, apa yan dikatakan memiliki argumentasi yang masuk akal.

Suatu ketika, bertempat di istana, baginda Qin Shi Huang秦始皇 mengadakan sebuah perjamuan, para pangeran & semua pejabat diundang untuk bersukacita bersama. Suasana jamuan begitu meriah, tak disangka di tengah-tengah acara hujan turun dengan lebat. Para prajurit yang berjaga di luar istana basah kuyup karena terkena percikan air hujan, sangat kasihan.

Melihat keadaan itu, You Zhan menaruh simpati terhadap mereka. Ia berjalan menuju pintu depan, dengan sengaja berteriak:”Wahai penjaga, kalian semua bertubuh tinggi & kekar, apa manfaatnya? Meskipun terpilih menjadi prajurit istana merupakan sebuah kebanggaan, akan tetapi harus berdiri di luar & kehujanan? Tidak seperti saya, walaupun berperawakan kecil, tetapi beruntung karena bisa menikmati arak di dalam istana.”Mendengar celoteh You Zhan, baginda Qin Shi Huang segera memerintahkan para prajurit penjaga untuk beristirahat secara bergantian.

Pada kesempatan yang lain baginda Qin Shi Huang ingin membangun sebuah kebun binatang yang sangat besar, membentang dari timur ke barat. Mengetahui rencana tersebut, You Zhan berkata:”Betul...membangun kebun binatang, semakin besar semakin bagus. Di dalam kebun binatang, kita bisa memelihara banyak unggas & hewan. Jika musuh datang menyerbu, kita dapat menghalau mereka dengan hewan bertanduk.”Berkat gurauan yang penuh dengan nasehat dari You Zhan, baginda Qin Shi Huang mengurungkan rencana tersebut.

Pada masa pemerintahan Qin Er Shi 二世, putra dari Qin Shi Huang, terdapat rencana untuk mengecat benteng kota. Terhadap rencana ini You Zhan berpendapat:”Bagus. Meskipun baginda tidak memerintahkan, para pejabat akan mengusulkan untuk mengecat benteng kota beberapa kali. Bagi masyarakat, meskipun mengecat benteng kota membutuhkan biaya & tenaga, akan tetapi setelah dicat akan tampak indah. Dengan di cat halus & mengkilat, musuh tidak akan bisa memanjat benteng kota.”Mendengar penuturan You Zhan, Qin Er Shi tertawa, mengurungkan rencana untuk mengecat benteng kota.

Diterjemahkan secara bebas dari buku Zhong Guo gu shi (yi) 中国故事 (), terbitan  zhong hua min guo qiao wu wei hui yuan yin xing中华民国侨务委员会印行.


Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “