Gara2 Semangkuk Mie




FILSAFAT & NASIHAT KUNO dari CUNGKUO

Gara2 Semangkuk Mie

一碗面

Yi wan mian


Setelah berselisih paham dengan sang ibu, seorang remaja putri merasa dongkol, memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah. Rasa lapar membuat dirinya mondar-mandir di depan sebuah kedai mie yang terletak di ujung jalan. Pemilik kedai yang baik hati menghidangkan semangkuk mie untuknya seraya berkata:”Nak, silahkan dimakan. Tidak perlu membayar!”

Si remaja putri pun mulai memakan mie yang diberikan, tak terasa ia menitikkan air mata. Ia berkata kepada sang pemilik keledai: ”Tuan, terima kasih. Kita tidak saling mengenal, akan tetapi anda begitu baik terhadap saya. Sebaliknya, hanya karena masalah kecil, ibu tega memaki & memukul saya, bahkan mengusir saya dari rumah. Bagaimana ibu bisa begitu tega terhadap saya? ”

Sambil merapikan mangkuk, sang pemilik kedai menyimak cerita si remaja putri. Usai mendengarkan cerita, sang pemilik kedai berkata kepada si remaja putri: ”Nak, saya hanya memberi mu semangkuk mie, mengapa engkau begitu bersyukur? Sebaliknya ibu mu telah memasak untuk mu nasi & mie selama belasan tahun, mengapa engkau tidak mensyukurinya? Pantaskah engkau berselisih paham dengan Ibu-mu?”

Mendengar perkataan sang pemilik kedai, si remaja putri merasa malu, segera menghabiskan mie yang diberikan, bergegas pulang ke rumah. Hari telah senja, dari kejauhan tampak sang ibu berdiri di depan pintu, dengan rasa gelisah menengok kesana-kemari mencari keberadaannya.


Catatan: Perasaan sakit-hati dapat menutupi watak asli kita yang baik, melupakan kebaikan yang diberikan oleh anggota keluarga. Ingatlah selalu kebaikan ibu, biarlah akal budi senantiasa menyinari relung hati kita sehingga watak asli yang baik bisa muncul.

Diterjemahkan secara bebas dari www.dfg.cn

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “