Fenomena Dhamma

Wednesday, May 09, 2012

“ VEGETARIAN TIDAK BOLEH MAKAN TELUR AYAM KAMPUNG APA BENER? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

selamat sore bhante..Namo Buddhaya bhante...

saya ingin bertanya kepada bhante...


saya pernah mendengar orng yg bervegetarian mengatakn kn kalau mereka tidak di perboleh kn untuk mengkonsumsi telur?

tp di sisi lain saya pernah mendengar lagi satu opsi clo umat yg bervegetarian boleh mengkonsumsi telur tp dari ayam negeri? Tdk blh makan telur ayam kampung.

jadi saya agak binggung dgn ini perkataan mereka, mana yg bener...demi untuk mengetahui penjelasan nya ,,,maka saya bertanya kepada temen2 dan bhante..

mohon petunjuk temen2 dan bhante....sebelumnya terima kasih bhante...


Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: Vegetarian tujuan awalnya ialah terdorong oleh rasa Belas-Kasih (welas-asih ) terhadap semua makhluk hidup sama dg mencintai Kehidupan. Hal ini adalah tekad dari seorang Bodhisattwa zaman sekarang, entah kalau di zaman Buddha waktu terlahir masih jadi umat awam juga disebut Bodhisattwa yg ditulis dlm kisah2 Jataka.

Memang di China dan Taiwan basisnya aliran Mahayana para bhiskhu/ ni dlm praktik vegetarian ada dua versi spt topik diatas malah ada yg tdk mau makan bawang putih dan bawang merah. Alasannya punya versi masing2, tapi intinya mereka berupaya utk mengikis Nafsu Birahi (raga), dan Lobha (keserakahan), Dosa (kebencian) serta Moha (kegelapan batin). 

Singkatnya, bagi anda yg berniat Vegetarian baiknya hrs dilandasi dg tiga syarat yaitu yg pertama, demi menjaga Kesehatan Tubuh, krn dg tubuh yg sehat kita dpt melaksanakan Dharma dg baik termasuk latihan Meditasi dg semangat. 

Kedua, hrs diingat bahwa tujuan awalnya Vegetarian terdorong atas rasa Belas-Kasih (welas-asih ) terhadap semua makhluk hidup sama dg mencintai Kehidupan, dg tekad  sumpah Bodhisattwa demi membangkitkan Bodhicitta (pencerahan batin).

Ketiga, intinya dg Vegetarian kita berupaya utk mengikis Nafsu Birahi (raga), dan Lobha (keserakahan), Dosa (kebencian) serta Moha (kegelapan batin). Bila Vegetarian dg tiga cara spt ditulis diatas, maka hasilnya tdk jauh2 amat dg tujuan mulia Guru Buddha.  

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


Namo Buddhaya Bhante, kita melakukan sesuatu sesuai dengan apa yg kita yakini, mengapa harus mempersoalkan pandangan umat lain ttg vegetarian? Yang penting adalah kita tahu jelas apa tujuan kita bervegetarian, alasan kesehatankah? atau semata alasan untuk agama. Menurut saya adalah lakukanlah apa yg menurut kita benar, dan hargailah pandangan umat lain. Masing2 melakukan ajaran dan keyakinan tanpa membanding2kan, mudah2an tidak ada permusuhan, sebaliknya tercipta kerukunan dgn umat lain. Apapun keyakinan semuanya mencari kebahagiaan dan kedamaian.... peace.



Emm setau saya.., poko nya intinya.. Segala sesuatu yang bernyawa..itu tidak di konsumsi seorang vege .. :)  Oh ya bhante.. Maaf ni melenceng dari topik.. Tapi saya ada dikit masukan ni.. Belakkangan ini saya mendalami kundalini.. Awalnya saya mengira itu sebuah aliran,, tapi ternyata bukan... Di sana ada di jelaskan lebih terperinci mengenai karma, tubuh eterik..kemelekatan.. dan hukum alam .. Pokonya mengenai spiritualitas sama seperti ajaran budha namun lebih spesifik...,, saya rasa tujuan dari kundalini tersebut sama dengan agama budha.. Karena sama" menuju pribadi tinggi..
Jujur bhante.. Yang awalnya saya , banyak problem.. Sampai trauma berat.. , setelah mendalami proses pembersihan,, mengalami gejala" khusus.. Kemudian kondisi jiwa, dan pribadi saya beda 180 drajat.
Saya pun lebih bisa melakukan segala sesuatu berdasarkan, kesadaran dan jarang melekat... ,
Oh ia.. Pengarang bukunya bernama irmansyah efendi.
Semoga ini bisa jadi masukan yang menarik bhante sad
hu sadhu sadhu.



1. Namo Buddhaya..ini hnya pndpt sy Bhante, jka telur ayam kampung itu adalah hasil dri pembuahan dan merup calon makhluk hidup, tpi klo ayam negri, telur itu bkanlah hasil dri pembuahan dan memang dgn sengaja hal itu dilakukan untuk kepentingan komersial, tpi alangkah baiknya jka dpt bervege dan jga melakukan salah satu dri pancasila Buddhis,, Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami.. mhon maaf jka ada kekeliruan..


2. Telur hanyalah sebuah persepsi pikiran, ketika seorang vegetarian berpikir itu layak dimakan maka dimakanlah demikian juga sebaliknya, setiap orang akan mencari pembenaran akan persepsinya. sambung lg nih ke topik...semua kamma trbentuk dr pikiran...ketika pikiran telah merasa iba thdp telur maka jgn makan...tetapi jk sebaliknya y makan aja...lezat n bergizi kok..he3.


3. saya prnh jg menanyakan hal yg sama... dan jwban yg diksh adalah krn telur ayam negeri itu tdk dibuahi, jd tdk mslh bila dikonsumsi, lain halnya dgn telur ayam kampung... maaf... saya jg krg jelas. pertanyaan : mengapa anda vegetarian? boleh makan telur kalau vegetarian untuk vihara. keseimbangan gizi 85 % sayuran dan buah 15 % daging ...


4. Namo Buddhaya Bhante, Saya pernah baca di mading vhr bbrp thn yg lalu. Ini semua karena Ada bermacam2 jenis vegetarian itu sendiri. Ada vegetarian murni yg hny makan buah dan sayuran. Ada vegetarian yg blh makan makanan Dari hewani spt telur dan susu tp tdk mkn daging ny. Ada vegetarian yg blh mkn telur tp tdk untuk susu. Mgkn untuk lbh lengkap jg bisa searching d internet...

Namo Buddhaya.Selamat pagi
Bhante Sudhammacaro @ Toto Miming Gunawan mungkin alasan ingin sehat takut kena kolesterol tinggi atau jantung koroner juga bisa membersihkan batin.


5. Bhante tdk vegetarian, jd tanyalah dgn yg vegetarian...Setahu sy memang mrk hanya konsumsi ayam negri... Dan sebagian yg vegetarianpun adaa yg ga makan telur sama sekali.... Kayaknya sich tergantung niat mrk sendiri. Ada yg makan bawang ada yg tidak... Yg pasti bukan krn vegetarian anda menjadi suci...


6. apabila msg2 versi dpt menjelaskan dgn baik alasan2nya kenapa yg satu blh mkn telur, yg satu hny blh mkn klu itu dr telur ayam negeri, dan menurut konsep mrk msg2 itu adalah bgs, sy rasa kt tdk perlu bingung,sbb msg2 pola konsep pikiran maupun inputnya beda2, yg penting tujuan dan motivasi mrk baik, ya baguslah semuanya.


7. sy se7 pendapat temen2 diatas..brmacam macam vegetarian..dan sy 7 dgn pertanyaan bro toto..mengapa vegetarian?..pandangan pribadi skrg ini byk pratik vegetarian..tpsy kurang se&hal tsb krn pratik vegetarian dilakukan ttpi kelakuan hari2 tdk mencerminkan dr seorg vegetarian..misal ada contoh sy jumpain seorg vegetarian tp hari2 nya di jam kerja suka maki2 bawahan nya...jd pratik vegetarian dini itu ibarat seorg di sekolah masih tingkat SD uda lakukan pratik SMU..dan ternyata pratik vegetarian skrg ini msh palsu krn msh pakai daging buatan..jd ini tidak mencerminkan apa yg diajarkan buddha..dlm pandangan sy memahami ajaran dhamma..ketika seseorg telah mencapai tingkat kesadaran tinggi dan telah melepas semua kemelekatan ..mk di ssat itu seorg tsb dgn kesadaran tinggi melakukan pratik vegetarian dgn benar krn didasari kesadari diriyg sebenarnya...om mani pad me hum. rileks sperti buddha cikung....jd ajaran dhamma yg dinginkan buddha pemahaman dgn kesadaran yg sbnrnya...bkn pemahaman dgn kepatuhan ato taat pada aturan2....om mani pad me hum.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

1 Comments:

  • At 8:00 PM , Blogger Gerry Himawan Santoso said...

    Ada 2 kelompok vegetarian, yaitu vegetarian & vegan, vegetarian tak mengkonsumsi daging tpi msh konsumsi hanya telur ayam negeri & susu hewani, alsn hanya telur ayam negeri yg diperbolehkan krn telur tsb gx akan pernah lahir kehidupan, tpi sbnrnya dlm proses telur ayam negeri menyebabkan penderitaan bg ayam2 tsb, yaitu anak2 ayam jantan digiling scr bersman sp ada yg slg memkn kaumnya sndri, shg lahirnya vegan, lalu alsn vegan jg tak konsumsi susu hewani krn zaman sekrg sapi diperas susunya menggunakan suatu alat hingga infeksi bahkan dipaksa hamil seumur hidup agar tetap memproduksi susunya, shg dpt diktkan klo vegan menghindari semua produk hewani, klo soal bawang blh dikonsumsi ato tak krn 100% nabati, positifnya mencegah hipertensi, negatifnya mersk tbh & menghalangi pembinaan diri spriritual, mungkin itu sekedar dpt menjelaskan ttg vegetarian & vegan sadhu3x

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home