“ DANA KE BHIKKHU TAPI TITIP SAMA ANAK KARENA ORTUNYA SAKIT, GIMANA HASIL KARMA BAIKNYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya bhante sy mau tanya, ada temen sy mamanya sakit dan dikasitau agar berdana kpd anggota sanggha (para bhikkhu). 

Tapi mamanya tdk bs pergi krn sakit. Jd, dananya titip sm anaknya (temen sy) utk di sumbangkan kpd para bhikkhu.

Gimana menurut Dharma apakah karma baikny msh dpt diterima oleh mamanya yg sakit tdk bs pergi sendiri dan tdk memberikan dg tangan sendiri?

Mohon pencerahan temen2 dan bhante, sebelumnya trims sadhu..

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: Menurut Dharma, orang berdana baiknya menyerahkan langsung dg tangannya dlm jarak sepanjang lengannya (dekat), dan diterima oleh orang yg menerima saat itu.

Dana yg bgs ialah: 1. Makanan/ barang yg diperlukan oleh penerima saat itu. 2. Waktunya tepat mau digunakan. 3. Si Pendana praktik Moralitas yg bgs, si Penerima sama2 praktik Sila yg bgs. 4. Penderma/ sang dermawan memberi dg tulus/ rela sepenuh hati. 5. Saat berdana hrs diiringi pikiran yg bahagia, wktnya melakukan juga bahagia dan setelah berdana tetap menjaga hati dan pikiran yg bahagia (positif), jng smp timbul pikiran negatif.

Topik ini, yg berdana mamanya titp sm anaknya, menurut pendapat bhante karma baik hasilnya akan tetap diterima oleh mama dan anaknya, cm nilainya dibagi dua 50% an. Dan hal inipun hrs diperiksa soal moralitas, dan niat serta kondisi hati dan pikiran wkt berdana, juga yg menerimanya bagaimana moralitas dan keadaan pikirannya. Jd, kl dibahas scara menyeluruh tdk semudah spt apa yg kita pikirkan dg singkat. Alasannya, Dharma itu luas, isinya dalam, sulit di jangkau oleh umat awam yg tdk jeli dlm belajar.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. namo budhaya selamat pagi bhante... _/\_ segala niat baik yang baru muncul dalam pikiran sudah sangat baik... apa lagi di laksanakan dengan tulus dan iklas tentu sangat baik pula... segala perbuatan dan penyampaian kebaikan yang dititipkan dan di sampaikan dengan keiklasan tentunya ada buah karma yang baik yang di dapatkan untuk keduanya.. tetapi buah karma buruk yang di dapat bilamana si penerima titipan tidak menyampaikan niat baik orang lain ke anggota sanggha.... omithofo... Karma itu tdk akan pernah tertukar Koq !



2. Nammo Bhuddhaya Bhante............. menurut saya ,pada saat sang ibu telah menyerahkan dananya kepada sang anak untuk didanakan kepada bhikku,maka pada saat itu pula sang ibu telah mendapatkan karma baiknya.dimana besar kecilnya karma baik yg diterima oleh sang ibu tersebut tergantung pada perasaannya pada saat ia ingin berdana kepada bhikku tersebut.jadi besar kecilnya karma baik yg akan diterima oleh sang ibu bukan karna harus langsung menyerahkan melalui tangannya sendiri,melainkan perasaan sang ibu pada saat berdana dan sang anak juga mendapatkan karma baik pada saat ia mendanakannya kepada bhikku tersebut.



3. Namo buddhaya..menurut saya mereka akan Sama2 memperoleh karma BAIK cuma orang yg mempersembahkan langsung kepada bhikku sangha akan memperoleh karma baik yg lebih banyak ketimbang yg menitip...klu ada salah mohon bhante menambahkan...annumodana.. Kalo mama nya ga bs keluar anak nya yg menggantikan dan mendanakan sah2 aja. Anak nya pelimpahan buat mama nya. Tp alangkah lbh baik kalo bhante di undang makan dirmh jadi mama nya bs tau dan mendengar dhamma. Semua indah pada waktunya.. Anumodana.



4. nammo buddhaya,,,Bisa,,krna karma itu adalah niat,,,:)Semakin kuat niat yng ingn dilakukan mka smkin kuat pula kekuatan krma yng diterima,,sebalikny,,semakin trpaksa kta melakukanny,,mka smkin kecil pula krma yng kita trima,,,:) Dana yng ingin ibu trsebut sampaikn,,meskipun nga disampaikn olhny sndiri,,tpi melalui ankny,,ia ttp mendptkn krma baik atas prbuatanny,,begitu jga ankny yng mengtrkn danany,,,Bgitu menrt sya,,jika ad slh mohon dikritik n diprbaiki dri tmn2 maupun bhante,,,
anumodana,,,nammo buddhaya,,,



5. nammo budhaya,,,bante,,,karma baik krna niat,dan perbuatan baik,,,wlu tangan tak sampai hati budi nya sampai ke niat baik dan membuahkan karma  baik,,. Sadhu... sadhu... sadhu.
Namo Buddhaya Bhante dan teman2........klau menurut sy tdk masalah tuh dana nya mau titip siapa asalkan org tsb memberikannya dgn iklas bkn krn utk diketahui oleh org byk utk mendpt pujian.....dan jgn lupa juga utk sesering mungkin melakukan fangsen sesuai dgn kemampuan masing2.....Mohon Maaf ya jika saran sy tdk berkenan di hati teman2....



6. Nammo Buddhaya Bhante. Kamma baik adalah hasil perbuatan baik. Perbuatan baik adalah hasil dari niat yg baik. Tak masalah siapa yg menyerahkan Dana tersebut. Dalam contoh ini, baik yg membantu menyerahkan Dana ataupun yg berniat yg memberikan Dana, ke 2 nya akan menimba kamma baik. Setuju dg Liem Chide, Ruby Huang serta DE Dhamma Khatiko Sappurissa. Semoga pendapat saya ini bermanfaat. Anummodanna. :) Yang penting niat dan ketulusan hati. Malam bhante...saya setuju dgn komen teman2 , tapi mungkin Bhante bisa lebih memperjelas lagi ..



7. sy se7 komen temen2 diatas...yg terpenting niat..keikhlasan..tulus...dan jg trpenting dlm diri penderita sakit harus ada pemahaman dhamma buddha...jgn trus mngharapkan balasan kamma baik di lakukan...tanamkan rasa bersyukur telah mendapat ato menjalani masalah...tanamkan rasa bahagia menerima masalah..krn di kehidupan ini kita di beri kesempatan utk membayarnya...jd dgn adanya pemahaman demikian seorg sakit pun merasa bahagia bathinnya...dgn begitu timbul rasa optimisnya...merasa bertekad menjalani dan menerima rintangan masalah...dgn demikian kamma2 baik di perbuat pun cpt berbuah krn sesuai dgn kesadaran bathinnya...om mani pad me hum.


sy coba sambung dikit y..maaf komen sy klo bagi umat buddhis yg rutin lakukan FS...sy kan ada mengatakan FS itu baik..ttpi bagusnya apabila kita lakukan tepat sasaran...jgn lah terikat mesti ce it ,cap go lakukan ritual tsb...krn jika dmkian malah toko burung itu uda sediain burung2 tsb...malah mau tanamkan niat FS bisa di lakukan di kehidupan shari hari..sperti liat parit kotor bersampah...sayang ikan kecil2 di parit..bersihkan... he3.. mohon di koreksi....om mani pad me hum.


8. Met siang bhante n teman2.. Niat ketulusan utk Berdana sudah baik.. Tp ada kadar hasil nya agak berbeda antara di titip kan/nitip dgn secara langsung memberikan dana .. Berdana 1rb tiap hari x 30hr( sebulan)=30rb dgn sekaligus berdana 30rb (utk sebulan) , nilai nya sama2 30rb tp kadar nya berbeda, berdana 1rb tiap hari melatih diri kita tiap hari utk melakukan kebajikan.. Mohon maaf jika ada kata2 yg salah.. Amithofo. Menurut Bhante gmn??  Tambahan dr sy: untuk kita2 bahwa ini cerminan, jgn tunggu sampe sakit baru ingat akan dhamma, ingat untuk berdana.. Kalo seiman, ajak ortu untuk berdana.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “