“ MBAH MARIJAN IKON PEMIMPIN SURITAULADAN BANGSA INDON YANG KACAU-BALAU “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Apa Hubungannya Mbah Marijan dengan Gn.Merapi d Bencana Alam? Apakah Mbah Marijan Marah? Karena dijadikan Kambing Hitam (Tumbal) Korban Bencana Alam? Sebab para Pemimpin kurang Peduli kpd Rakyat Malah sukanya Pelesiran? Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Mbah Marijan adalah simbol seorang pemimpin di desanya yang bertanggung jawab penuh dalam menjalankan tugas dan amanahnya, yaitu sebagai Juru Kunci Gunung Merapi. Mbah Marijan saat ini menjadi Ikon dan Contoh Suritauladan sebagai Pemimpin dalam memegang Teguh Tugas dan Kewajiban, terhadap Rakyatnya (warganya) daerah Gn.Merapi.

Meskipun Beliau tahu harus berkorban Nyawa sekalipun, namun Mbah Marijan tidak mundur setapakpun meninggalkan tugasnya. Komitmen dan keberanian Mbah Marijan bukan karena kesalahannya, hingga Belau wafat. Tapi lebih kepada memberi contoh yang baik dan benar, seperti itulah seharusnya seorang Pemimpin dalam menjalankan tugasnya.

Selain keteguhannya, Mbah Marijan hidup sederhana, rumah dan isinya tidak lebih seperti rakyat jelata. Dengan pakaian Batiknya yang Khas ciri bangsa Indo sejati, yang santun, ramah dan humoris dalam bertutur sapa.

Dengan contoh ini, Mbah Marijan seolah meninggalkan Pesan yang amat mulia kepada para Pemimpin bangsa Indo saat ini. Mbah Marijan bukan tidak tahu semua persoalan bangsa Indo, utamanya para Pemimpinnya akhir-akhir ini.

Contoh suritauladan tidak harus dari kalangan Raja, Bangsawan, Intelektual, Cendikiawan, Rohaniwan, dsb. Namun, Mbah Marijan sudah jelas membuktikan contoh tsb, di mata dunia.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.


1. Hubungan Mbah Maridjan dengan gunung Merapi: Beliau adalah seorang Abdi Dalem Raja Jogyakarta yang mendapat tugas sebagai Juru Kunci gunung Merapi. Seorang Abdi Dalem tidak sembarang di pilih ataupun di tunjuk oleh Raja.DIa adalah seorang yang harus dapat bertanggung jawab terhadap tugas yg di berikan kepadanya. Mbah Maridjan meninggal di rumahnya sendiri dalam "menjalankan tugasnya" sebagai seorang Abdi.. Jikalau dia mengungsi,jikalau dia meninggalkan tugasnya sebagai penjaga gunung Merapi dan ikut di pengungsian,hal ini merupakan sesuatu yg sangat memalukan bagi seorang Abdi,karena telah melalaikan tugas yg di berikan padanya.Bagaimana anak ,,saudara, cucu dan keluarganya menghadapi semua ini di kemudian hari,jika MBAH MARIDJAN menjadi seorang pengecut dan lari dari tugasnya sebagai seorang juru kunci? Sekarang,beliau di kenang sebagai seorang Pahlawan di kraton Jogya..dan anak cucunya akan mendapatkan kebanggaan sebagai keturunan seorang pahlawan. Marahkan Mbah Maridjan??? Tak akan pernah ada orang yg tahu.. ...Beliau telah berpulang, hanya dia sendiri yg bisa menjawabnya. Dan tentunya dia bukanlah di jadikan kambing hitam wahai saudaraku..karena dia telah memilih peranannya sendiri, dan dengan gagah perkasa menjalankan tugasnya sampai akhir hayatnya..namanya akan tetap harum. dan masih terlalu dini untuk mengatakan ttg peduli atau tidak peduli pemerintah terhadap rakyat,karena semua usaha telah dan sedang di lakukan pemerintah untuk bencana ini, dan itu tidak mudah kawan.. Luas wilayah dampak letusan gunung ini sangat besar,tentunya butuh perencanaan supaya penanganannya tidak melenceng dan tetap terarah.Demikian... SALAM SEJAHTERA.


2. semua terjadi bkn krn kemarahan, tp karenan adanya sebab mk terjadilah akibat... lingkungan/alam dapat terlestarikan krn makhluk tlah menjaga dan mengembangkan'y dg baik. tp jk tdk sebaliknya. selain itu moral manusia jg dpt mempengaruhui baik/buruknya alam...org dpt memimpin jika iya bs memimpin keluarganya dg baik maka itu perlu dcontoh... dan mbah marijan adalah tokoh yg luarbiasa, krn menjalankn tgas hgga akhir hayat.. bgmn pun hukum alam akan berlaku....
semoga, dg bencana ini kt akan tergugah untk peduli dg lingkungan dan sesama, atas dasar cinta kasih dan kepedulian kt....kpd alam jg semua makhluk, krn pd bencana ini bukan hnya manusia yg menjadi korban tp ratusan binatang jg tlah mjd korban.

3. menurut saya, seperti yang saya baca di buku dhamma, kalau pimpinannya bagus berbudi luhur maka negaranya juga akan aman sentosa namun jika pimpinanya banyak melenceng maka banyak bencana yang terjadi. saya tak tahu bagaimana pemerintahan yang sekarang, namun kalau liat di koran seperti sih tak beres gitu. atau memang ini zamannya orang banyak cakap..kalau pimpinannya jahat, alam pun tak merestui, ya jadilah banyak bencana.

4. Sebenarnya yang marah Bukan lah mbah marijan..tapi alam yang sedang marah..karna ulah manusia yang tak bertanggung jawabah yg membuat musibah ini menjadi begitu parah..memang kita gak bisa mengelakan musibah alam..tetapi sbgai manusia kita bisa meminimalkan efek yg akan terjadi pada kita..cobalah jangan menyalahkan satu sama lain tetapi lebih baik kita instropeksi diri..saling menjaga alam,sehingga alam pun bisa bekerja sama dengan manusia..

5. Namo buddhaya bhante ,Menurut saya ga kaitan, mbah marijan ya manusia ,gunung meletus ya fenomena alam ..tdk ada yg bs mengontrol atau melawan hukum alam ..amithofo.
6. Namo buddhaya bante,, saya rasa tidak ada hbnganya, semua ada bagianya masing masing,,,( niyama ).

7. namo budhaya met mlm bhante..mnurutku gx ad kaitany sm sx dgn gunung itu krna itu kjadian alam,bkny krn hrs kash tumbal/sajenan,kembali ke alam yg mnciptakan.

8. alam pun punya nyawa.... manusia terlalu banyak mengambil nya.. tampa mengganti dan merawatnya dengan baik... mbah marijan tak bisa sendiri unt merawat dan memeliharanya ....marilah wahai generasi penerus bersma sama merawat alam semest ini kembali agar anak cucu kita bisa tumbuh sehat dan bertrimakasilah dengan ibu pertiwi atas segala limpahanya untuk kita dan mahluk lainnya,.. SSBS shadu... slamat malam bante.... namo budhaya..
9. Nammo budhaya bhante, menurut saya,itu sma tak ad kaitan'a,gunung merapi meletus itu sma fenomena alam,sedangkan mbah marijam meninggal itu takdir dia,

10. Malam bhante..menurut sy gak ada kaitannya.mbah marijan ya manusia,gunung meletus kondisi alam.

11. itu bs kita jdkan sbuah teguran agr kita smua lbh pduli akan alam yg kita yg tinggal ini,agar kita lbh mndalami dhamma jg smua ajaran2nya.shadu3x...

12. Namo Buddhaya,mgkn tanya dlu k mbh marijan bnran jd tumbal,klo benar knpa tetap az meletus...sebelum menunjuk para pemimpin,lebh baik masing2 individu liat k dlm diri,sudahkah kita menjaga alam ini dgn benar dan perbuatan kita apakah sudah benar.sadhu...

13. Namo budhaye bhante,menurut saya embah marijan hanya juru kunci gunung merapi saja,sedangkan gunung meletus adalah fenomena alam jadi gak ada hubungannya.sedangkan pemerintah kurang tanggap menghadapi bencana sehingga membuat rakyat kecewa.

14. Namo Buddhaya Bhante. Saya percaya dengan adanya karma, tetapi mengapa harus sering kali rakyat jelata yang mendapatkan karma buruk n bukan mereka para koruptor, manipulator, penyelundup, boss ilegal logging, boss narkoba yang mendapat karma buruk. Maafkan saya yang masih diliputi oleh kekotoran bathin n kekurang mengertian dalam kehidupan ini, Sadhu, Sadhu, Sadhu..

15. Namo Budhaya Bhante dan teman semua, hampir sama dengan teman yang lain, menurut saya tidak ada kaitannya gunung meletus dengan kemarahan Mbah Maridjan. Kalo identik ya, sebut gunung merapi orang jadi ingat dengan Beliau. Terimakasih Bhante & all.

16. yg paling menyentuh dr embah marijan welas asih,ia meminta honornya dikeluarkan dberikan pd beberapa dusun yg kekurangan.

17. Apa hubungan nya Mbah Marijan dgn Gng Merapi. ===Hubungan nya adalah : Mbah Marijan KUNCEN nya Gng.Merapi.
Apa Hubungan nya dengan Bencana Alam ..?===Tentu saja Tidak ada,hehehehehe===Apakah Mbah Marijan Marah..?
===Lha,..kan Mbah Marijan sudah meninggal,gmana mau marah..hehehehehe===Karena dijadikan kambing hitam{tumbal}korban bencana alam ?===Tidak ada yg mengKambing-hitamkan Mbah Marijan koq..hehehehe,
Justru Menyayangkan Mengapa Mbah Marijan tetap bersikeras Menjadi Kuncen Gng.Merapi sampai akhir hayatnya,hehehheehe. Sebab Para Pemimpin Kurang peduli pada rakyat Malah sukanya Pelesiran..?===Lha..apa hubungan nya dengan Mbah Marijan..?hehehe,Bhante,..Sebenernya ini Pertanyaan siapa Se..? Pasti orang nya "lugu" banget ya..?
Selamat malam bhante.

18. sahabatku,.... mbah Marijan adalah seorang manusia yg bertanggung jawab terhadap amanat yg telah diberikan padanya meskipun harus kehilangan nyawapun ia lakukan karena tugasnya,... sedangkan gunung meletus adalah memang telah digariskan olehNYA... dan para pemimpin serta begundal2nya yg berfoya2 dgn uang hasil mengkorup uang rakyat itu harus dihukum tapi apa....semua berjalan tanpa ada tindakan apapun ternyata negeri ini adalah syurga bagi para koruptor....apakah ini kemarahan alam??.......kita serahkan kepada ALLAH SWT.

19. Merapi meletus mrpkn proses alam, mbah Marijan sbg juru knci merapi yg sudah se sumbar akan menjaga merapi, merasa malu meninggalkan merapi begitu saja shg beliau bertahan di sana dan akhirnya terkena letusan merapi dan tentunya meninggal.

20. Menanggapi saudaraku Tanoto..Mbah maridjan tidak pernah sesumbar akan menjaga Merapi kawan...Menjaga Merapi adalah tugas yg di embannya, yang di sanggupinya ketika tugas itu di berikan padanya sebagai seorang ABDI DALEM Sultan Jogya.BUkanlah karena malu maka dia bertahan di sana..tetapi karena tugas wahai saudaraku yg baik.... karena dia tahu tugasnya..dan dalam kondisi apa pun...tugas itu tetap dengan setia di laksanakannya,meskipun dia tahu nyawanya adalah taruhannya.Tetapi bagi seorang Abdi,nyawa tidak lebih penting dari pada menjalankan tugas ..Demikian.. salam sejahtera

21. jiwa yg bersih tdk dikotori oleh apapun yg sehrsnya dicontoh oleh seorang pemimpin/yg lain,semua manusia pst kan mati jg.

22. Nihan Kalingan Ing Om Ah Hum, Jagad Dewa Bathara;
Mbah Maridjan seperti sosok Semar dalam pewayangan, letusan G Merapi mengisyaratkan bahwa ada yang nagih janji. Semar setara dengan Sabdo Palon pada masa runtuhnya Majapahit, bergantinya agama Budi (Buddha) menjadi Islam.
Sabdo Palon nagih janji jika Negeri ini ingin aman, maka kembalilah kepada AGAMA BUDI, agama agemaning budi. Nuwun.

23. Namo buddhaya....met malam bhante dan tman diskusi.mnurut sy mbah marijan bukanlah tumbal gunung merapi,mlainkan alam sdh marah karna ulah manusia yg sdh tidak bersahabat dgn alam.akibat perbuatan manusia lah alam jd murka.pemerintah indo jg sharus nya lbih bijak dalam menangapi masalah di sekitar gunung,agar tidak banyak mennimbulkan korban.sadhu 3x

24. Namo Buddhaya Bhante,menurut aku yang jelas Mbah Marijan pasti ada hubungannya dengan gunung wong dia kuncennya gunung berapi,justru Mbahnya Marijan tidak peduli sama para pimpinan yg lagi asyik kunker (kunjungan kerja) para pimpinan kita.

25. Ia bkn lah tumbal.. tp memberi contoh tuk tiap manusia,disaat kan wafat dia mengetahuinya ia berserah sembah sujud pdNYA


Kesimpulan: Bencana alam terjadi ada sebabnya yaitu karena hukum alam, hukum alam timbul hanya akibat dan ada sebabnya yaitu karena ulah manusia yang tidak menjaga lingkungan alam. Mbah Marijan memberi contoh manusia peduli lingkungan diiringi prilaku yang baik dan benar, jujur dan tanggung jawab atas tugasnya sebagai juru kunci gunung merapi.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Comments

bpk muliadi said…
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “