Fenomena Dhamma

Tuesday, November 30, 2010

“ JODOH DAN REJEKI TAKDIR DAN DIATUR TUHAN/ ALLAH “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi: Tanya; Bhante apakah Jodoh dan Rezeki itu emank sudah ditentukan oleh Tuhan, apa benar kata pepatah jika jodoh datang dgn sendirinya.jdi klo kita menunggu terus apakah jodoh itu akan dtg ke kita,atau kita perlu usaha untuk mendapatkan jdoh, trima kasih Bhante,semoga pertanyaan saya dapat dijawab.Teman2 tlg ksh komen yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Teman2 maaf kl komen bhante salah, krn bnyak anak muda yg msh belum dpt jodoh sulit cri jodoh, hingga timbul bnyak pertanyaan spt diatas kdang membuat mereka buntu maka terpikir apkah Tuhan yg atur/menentukan? Kita yg sdh ngerti baiknya membimbing mereka pelan2, dan jng bosan hrs di-ulang2.

Sebab itu diskusi bhante msh ada yg bertanya soal Tuhan/ Allah yg mengatur. Padahal bhante sdh membahas soal Tuhan/Allah itu beberapa kali, dan diposting di www.sudhammacaro.blogspot.com hingga ber-seri ke-10. Tapi nytanya, msh bnyak umat Buddha yg tetap melekat dg konsep tuhan / Allah tsb, kita hrs sabar dan mau komen yg positif soal ini, agar mereka yg blm ngerti akan memahami dg benar bukan dipaksa.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.


1. Namaste Bhante... menurut saya segala sesuatu itu mmg perlu usaha, hidup ini selalu ada pilihan, seperti Sidharta yg memilih jadi Buddha dan beliau selalu berusaha, demikian jg dengan jodoh.. bila memilih hidup bekeluarga harus berusaha jg. Tanpa usaha.. akan spt petani yg mengharapkan panen tp tak pernah menggarap sawahnya.


2. Bagi yang percaya jodoh dan rezeki ditentukan oleh Tuhan, Ia akan selalu berdoa dan memohon Tuhan memberi rezeki dan jodoh. Ia bahkan mungkin akan berdoa selalu dgn mengabaikan kewajibannya sehari-hari.

3. Jika yakin terhadap hukum karma, kita...Lihat Selengkapnya

4. Smua tergantung pada karma, di dalam agama buddha tuhan tidak mengatur segalanxa, karmalah yg berjalan dgn sendirinxa, kita sebagai pengendali karma kita masing2, jadi jodoh kita ntu juga sesuai karma kita sendiri2.


5. Namo budhaya bhante menurut sy rejeki dn jodoh mang sudah diatur oleh tuhan.kita sbg manusia hrs berusha dn tekun krn dr usha it akn membuahkn hasil sbab karma ad ditangan kita bagaimana menjalaniny .maaf klu ad kata2 yg salah sadhu2.


6. saya jg bingung ktnya jodoh n rejeki dtng sendiri tp di suruh nyari jg hehe maaf kl komenya gx sopan mohon ptunjuk dr yg lainnya namo budhaya sadhu3x


7. klo menurut sy, rejeki & jodoh pasti berkaitan dgn karma kita, disamping itu kita jg harus berusaha utk mendapatkannya. klo kita tidak berusaha maka kita tdk akan mendapatkannya. lain dgn hoki, yg mana menurut sy hoki itu sdh dr pembawaan kita (mungkin dr karma masa lalu), tp klo seseorg punya hoki & dia tdk mau berusaha bekerja ya tetap saja rejeki tdk akan datang padanya. tp rejeki & jodoh itu pasti berhubungan dgn karma kita, jodoh ada pertalian kita dgn seseorang. tambahan: rejeki & jodoh seseorang adalah nasibnya dia yg skali lg berhubungan dgn karmanya sendiri. nasib bisa diubah oleh kita sendiri si empunya karma.


8. namo budhaya bhante..bg sy Jodoh,rezeki maupun hdp mati smua udh ada yg atur dan kmngknan bgmna dgn krm qt..dan walau ada yg mngatur,smua trgantung bgmana usaha qt.walaupun d takdirin kayaraya kalw qt malas n gk mw usaha jd ny tetap aja susah..


9. qlo mnrt sy, smw bth usaha thn emg sdh mmbri tp qt jg hrs pny prjwngn tuk mndptkn ap yg qt mau ! makasih.

10. selamat malam bhante.omitofo.Jodoh dan Rejeki tdk akan dtg dgn sendirinya.jika Rejeki tdk dtg dgn sendirinya dan begitu jg dgn Jodoh.sulit dikatakan.krn jika Tali perjodohan kita blm terbuka maka sulit utk menemukan pasangan kita.itulah come...
11. Namo budhaya bhante..Klo saya bilang c emk rejeki dan jodoh sudah di atur oleh thian..
Tapi kita sbg manusia tetap harus mencari n berusaha..Klo tidak brusaha juga percuma..
N sebaliknya.. Klo belum jodoh n rejeki meskipun qta truz mencari ta...

12. Namo budhaye bhante,menurut saya jodoh dan rejeki gak datang sendiri juga gak ditentukan,kita harus mencarinya,klo kita tidak mencari mana bisa uang atau jodoh itu datang sendiri,klo rejeki kita harus bekerja sedang jodoh kita harus banyak bergaul agar banyak teman dan dari teman mungkin bisa dapatkan jodoh kita.klo kita tidak punya teman gimana bisa dapat jodoh hehehe,maaf bhante klo ada kata yg salah.

13. Nasib κίτά bisa ϑí rubah,,begîτϋ pun karma,,κίτά bisa menemukan jodoh κίτά ϑäπ rejeki dengan usaha,,hbngannya dgn karma κίτά dpt jdoh κίτά Ɣαηƍ κίτά ingin kan atau tidak th dari karma κίτά,κίτά dpat rjeki bnyak jga dari karma κίτά jga,,Jªϑī κίτά dpt mndpt kan th xmua dgn usaha ϑäπ ingin smpurna berbanyak melakukan perbuatan baik.

14. Namaste Bhante; jodoh & rejeki trgantung pada karma masing2 d khidupan lampau & khidupan saat ini. namun yg namanya karma bisa brubah,yg penting berbuat kbajikan sbnyak mungkin maka sesuatu yg baik pula akan mnghampiri. sbaliknya kl bny brbua...t kjahatan maka karma buruk sgra mnghampiri & jodoh & rejekipun akan mnjauh..
sabbe satta bhavantu sukhitata,smoga smua mahluk berbahagia. sadhu.


15. Namo buddhaya.....met malam bhante dan tman diskusi .klu jodoh mmg bisa dtg sendiri pasti org jd males karna gak mau usaha,mrut sy smua harus dgn usaha untuk mendapatkan jodoh dan rejeki, klu gak kerja gimana mau dtg sendiri...sadhu3x


16. rejeki dan jodoh harus di cari gak datang sendiri... jaman dah berubah.. tak ada istilah di jodohka... harus di cari dan di liat dng kecocokan dan saling mengerti sifat...awal suka/like dulu. jangan langsung love... nyatakan love bila sudah... ada kecocokan dan bisa menerima kekurangan dan kelebihan.. nyatakan love dan langsung manten.. :)) gimana teman2 bila beda pendapat mohon di maafkan.. namo budhaya bante... sampai jumpa ya.. slamat pagi


menurut saya,jodoh dan rejeki itu kita sendiri yang menentukan, dan kedua na perlu usaha agar dapat mencapai hasil yang maksimal.


17. kalau menurut saya rezeki itu harus di cari,krana manusia itu di ciptakan sama semua
,kalau jodoh tergantung diri sendiri , dan harus saling pengertian.


18. Namo buddhaya,jodoh mesti harus d kondisikan dan d usahakan agar bisa d capai...


19. dia akan jadi jodoh kita selama dia memiliki jodoh karma dengan kita, dan kita jg memperjuangkannya..


20. kmbli k karma, jodoh jg hrs da iktn karma yg kuat..klo tdk brusha qta tdk akn mndptkn, jd ya qta ttp hrs brush.amitofo.

21. namo buddhaya bhante,klu kt mau sesuatu kita hrs berusaha begitu jg dgn jodoh.


22. Ya harus usaha masak rejeki dtg sendiri klau jodoh jg bgt diam tok mana bs ketemu trim.


23. Paticcasamuppada,,semua hidup saling bergantungan,kamma,semua adalah sebab dan akibat,,,


24. Segala sesuatu ada karmanya jd biarlah karma berbuah sesuai benih yg kita tabur.

25. tdk hnya tnggu jdoh dtng tp kita jga hrus usha.


26. Jodoh dan kebahagiaan ada di tangan sendiri.

24. Rejeki n jodoh harus ada USAHA.

27. Jodoh, rezeki, didptkn atas usaha yg telah diperbuat dan usaha yg telah kita jalankan.


28. kalau masalaah jodah jgn tny sama bhante d.sebab bhante ga mikirin perkawinan...dan perempuan...

29. namo buddhaya bhante..bhante klu menurut cyndi jodoh&rejeki itu smua yg mengatur Tuhan.sbb Tuhan yg menciptakan kita.tpi jodoh&rejeki tidak datang sendiri..tpi kita perlu usaha juga.itu sih menurut cyndi loh bhante.maaf ya bhante&teman2smua klu ada kta2cyndi yg salah&buat bhante&teman2smua marah..smoga smua hidup bahagia.BBU

30. Namo buddhaya, rezeki dan jodoh tentunya didapatkan dgn adanya usaha, meskipun bagi sebagian ada yg mendapat kemudahan dlm rezeki dan jodohnya itu karena tekad dan semangat dlm ber-usaha baik pd khidupan sebelumnya sekarang demi akan datang yg lebih baik.

31. Bante,bgaimana jika orang yg berjodoh ktmu tp salah 1 menolak jodoh nya dikarenakan cacat dan sebagainya?

32. Jalani aja seperti biasa,maksud pepatah:: jika kita jalani hari2 seperti biasa dan melakukan hal2 yg sewajar nya,maka jodoh dan rejeki akan datang dg sendirinya,semua telah di garis kan. .

33. Selamat pagi bhante:itu hanya pepatah jodoh dan rejeki di tngn tuhan tapi bkn nya kita diam dirumah /tdk berusaha bagaimana rejeki dan jodoh bsa menghampirikita apabila kita tdk berusaha.sebagai contoh kita sakit dan kita berobat ke dokter tp kita tdk meminum obat yg di berikan apa bisa sembuh dngn sendiri nya?ingin rejeki/jodoh menghampirimu maka hampirilah rejeki/jodoh itu sebelum ia di hampiri orang lain.maaf bhante apabila ada salah dalam pemikiran.nammo budhaya bhante.

34. Nammo Buddhaya,Bhante.Jodoh,rejeki sudah ada yg mengatur.Bukan berarti pasrah,tetapi berusaha.Lahir,tua,sakit,dan mati merupakan kepastian semua makhluk.Jodoh,rejeki dan dewasa adalah pilihan.Jalan tsb kita yg memilih,walau sudah diatu...r tidak mungkin rejeki jatuh dari langit tanpa adanya usaha.Tidak mungkin jodoh datang sendiri tanpa adanya respon dari kita sendiri,mungkin sptri itulah yg saya ketahui.Setiap jalan baiknya kita yg menentukan,setiap penentuan ada resiko yg akan datang.Jalan tersebut sudah ada yg memberi,hanya pilihan untuk melalui atau tidak.Maaf jika ada kekurangan,mohon penjelasan.Trims, Nammo Buddhaya.

35. Jodoh,rezeki,maut sdh ditentukan takdir tuhan atau tuhan.maksudnya karma dari kehidupan lalu 2 nya.karena kita produck masa lalu..untk org awam (umat tuhan),mrk ihklas menerima takdir tuhan..tp untk kekasih tuhan,menggunakan ilmu tuhan dpt merubah takdirnya sendiri.

36. saya percaya jodoh akan datang sendiri,lain dengan rezeki yang harus di cari.sadhu...sadhu...sadhu.

37. memang jodoh datang sendiri tapi kita juga harus berusaha mencarinya juga.


38. renungkan kutipan ini, “Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?” [Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53] ...jika tuhan itu penyebabnya buat apa anda hidup dan berusah? jodoh,rejeki,kehidupan dll itu tergantung karma
dan karma itu tergantung kita sdr,di maksudnya bukan hanya karma masa lampau saja yg menentukan hidup skrg karma yg anda perbuat sekarang jg ikut mempengaruhi.

39. Setiap orang sdh mempunyai jodoh dan rejekinya masing2,tetapi ke2 hal tersebut tdk mungkin datang dg sendirinya, Tuhan sdh memberikannya tinggal " Bagaimana kita menjemputnya/menerimanya yg sdh Tuhan berikan. Sadhu3x.


Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

1 Comments:

  • At 5:30 AM , Blogger Zaenal Abis said...

    subhanallah,,
    saya sedang bingung menghadapi permasalahan ini,,
    samping kanann bilang takdir jodoh itu haqqullah,,
    samping kiri bilang kamu masih percaya kan sama jodoh itu haqqullah,,
    di depan bilang ikhtiyar tidak ada salahnya, ikuti apa kata hatimu, untuk hasil kita akan tahu nanti,,
    di belakang bilang masa menyerah sih, ingat kan dengan firman Allah yang menyatakan bahwa Allah tidak akan merubah hamba-Nya kecuali hamba itu sendiri yang merubahnya..
    huuufth,,
    ingin berjuang tanpa orang tua tidak mantap
    ingin berjuang dengan orang tua, orang tua sudah kepalang kesal, ingin kepastian terlebih dahulu
    selain itu juga pihak orang tua dia sudah seperti kesurupan ingin menjodohkan dia
    sedangkan dikarenakan saya tidak ada pergerakan, dia sudah mulai menyayangi orang yang ditujuk orang tua dia..
    hati sudah tidak karuan,,
    aku ingin berjodoh dengan dia, apakah Allah akan mengabulkan jika aku hanya berdo’a tanpa berbuat banyak. Aku tidak bisa berbuat banyak dikarenakan tidak ada dukungan terutama dari orang tua saya..
    Intinya sekarang saya sudah berdiri sendiri tanpa teman demi mencapai satu tujuan.. akankah permohonanku ini tercapai.. Ya Allah, hamba mohon dengan sangat ya Allah.. jodohkanlah hamba dengan dia.. al-Faatihkah,,,

    <Zakososa Blogspot

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home