Fenomena Dhamma

Tuesday, June 07, 2016

10 Air Terjun Cantik nan Eksotis di Bali Alfri June 7, 2016 Alam, Dalam Negeri 5 (100%) 2 votes Bali identik dengan liburan pantai dan alam pedesaan. Padahal di balik semua itu tersimpan banyak sekali air terjun cantik yang masih jarang diketahui oleh traveler. Air terjun-air terjun tersebut kebanyakan tersembunyi di dalam hutan, di balik bukit dan di lereng gunung. Untuk menjangkaunya butuh fisik yang prima.







Sebagian besar air terjun di Bali terletak di wilayah Bali utara yang memang memiliki kontur wilayah berbukit. Suatu saat jika kembali lagi ke pulau Bali coba deh bikin itinerary yang tak biasa dengan menyusuri alam perawan pulau Dewata dan mencumbui keindahan air terjunnya. Berikut rekomendasi air terjun di Bali untuk traveler kunjungi.

1. AIR TERJUN GITGIT, AIRNYA DINGIN SAMPAI MENGGIGIT

Traveler yang berkunjung ke objek wisata Bedugul bisa sekalian datang ke air terjun Gitgit. Air terjun ini adalah yang paling populer di Bali lantaran lokasinya mudah dijangkau yaitu terletak di pinggir Jalan Raya Denpasar-Bedugul-Singaraja. Secara administratif air terjun ini berada di desa Gitgit, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng.
Air Terjun Gitgit, via instagram
Air Terjun Gitgit, via instagram
Nama air terjun Gitgit tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja namun telah berkibar ke seluruh penjuru dunia. Selain pantai, objek wisata ini adalah tempat lain berkumpulnya bule berbikini. Debit air terjun Gitgit sangat deras dan terdapat dua aliran sehingga banyak pula yang menyebutnya dengan air terjun kembar Gitgit. Karena lokasinya di pegunungan tentu saja sumber air di tempat ini dinginnya sampai menggigit tulang.

2. AIR TERJUN TEGENUNGAN, PESONA ALAMNYA INDAH TAK KETULUNGAN

Air terjun Tegenungan terletak di desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar. Inilah air terjun yang berjarak paling dekat dengan ibukota Denpasar. Jaraknya hanya sekitar 16 km dan bisa dijangkau dengan kendaraan selama 30 menit saja. Yang menarik dari air terjun ini adalah posisinya yang tidak berada di pegunungan dan satu-satunya air terjun di Bali yang berada di luar kawasan pegunungan.
Air Terjun Tegenungan, via instagram
Air Terjun Tegenungan, via instagram
Air Terjun Tegenungan memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan debit air yang sangat deras. Sumber airnya sangat jernih yang dipasok langsung oleh sungai Tukad Petanu. Karena sumber airnya yang jernih inilah banyak warga setempat yang memanfaatkannya sebagai sumber air bersih. Wisatawan yang berkunjung pun tak khawatir gatal jika berenang dan mandi di kolamnya.

3. AIR TERJUN BLEMANTUNG, INDAHNYA TIDAK NANGGUNG

Tersembunyi di antara dua tebing dan dikelilingi perkebunan kopi terdapat Air Terjun Blemantung. Air terjun ini terletak di desa Pujungan, kecamatan Pupuan, kabupaten Tabanan yang berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Denpasar. Rute menuju ke spot air terjun setinggi 50 meter ini bervariasi mulai dari jalan aspal mulus berganti rabat hingga jalan setapak.
Air Terjun Blemantung, via instagram
Air Terjun Blemantung, via instagram
Jernihnya kolam yang terbentuk dari kucuran air terjun membuat traveler yang datang bakal tidak betah lama-lama di darat. Kolam alami sudah menunggu traveler menceburkan diri ke dalamnya. Meski akses menuju ke air terjun Blemantung cukup menguras energi tapi kepuasan yang didapat sesampainya di lokasi sungguh tak ternilai.

4. AIR TERJUN TIBUMANA, SEDANG NAIK DAUN NAMANYA

Beralih ke desa Apuan yang ada di kabupaten Bangli, tersembunyi sebuah air terjun cantik yang namanya mulai naik daun. Adalah Air terjun Tibumana, sebuah air terjun yang tidak hanya indah namun juga memiliki kembaran yang jatuh saling berdampingan.
Air Terjun Tibumana, via instagram
Air Terjun Tibumana, via instagram
Air Terjun Tibumana termasuk salah satu permata tersembunyi di Bali yang mana beberapa waktu lalu tidak ada orang yang tahu. Lokasinya lumayan terisolir namun lambat laut keberadaannya mulai terendus radar traveler. Gambar-gambarnya mulai tersebar seakan menjadi candu bagi traveler lain untuk datang.

5. AIR TERJUN NUNGNUNG, DAMAINYA ALAM SEKITAR BIKIN TRAVELER TERMENUNG

Sesuai dengan nama lokasi keberadaannya di desa Nungnung, kecamatan Petang, kabupaten Badung, air terjun yang cantik ini diberi nama air terjun Nungnung. Jika traveler dari kota Denpasar bisa menuju ke lokasi dengan berkendara yang akan memakan waktu sekitar satu setengah jam. Meskipun lingkungan sekitar air terjun terlihat rimbun namun banyak petunjuk arah di jalan-jalan utama yang bisa ditemukan.
Air Terjun Nungnung, via instagram
Air Terjun Nungnung, via instagram
Air terjun Nungnung berada di ketinggian 900 mdpl. Ukurannya lumayan tinggi dengan debit air yang melimpah sehingga hujan lokal menjadi salah satu atraksi yang bisa dinikmati pengunjung. Untuk sampai di kaki air terjun traveler masih harus menuruni ratusan anak tangga dengan kondisi yang licin. So, selalu waspada dan berhati-hati saat mengunjungi air terjun yang cantik ini.

6. AIR TERJUN YEH MEMPEH, KONDISI ALAM YANG MASIH ALAMI BIKIN SUMRINGAH DI HATI

Mencari air terjun yang masih perawan dan jarang dikunjungi wisatawan? Datang saja ke air terjun Yeh Mempeh yang terletak di desa Les, kecamatan Tejakula, kabupaten Buleleng. Lokasinya memang tersembunyi dan jauh dari Denpasar maupun Singaraja sehingga tak banyak traveler yang tahu dan berkunjung ke sana.
Air Terjun Yeh Mempeh, via instagram
Air Terjun Yeh Mempeh, via instagram
Minimnya kunjungan wisatawan ke air terjun ini dikarenakan jaraknya yang jauh sehingga banyak yang takut dengan kondisi medan yang bakal dilalui. Padahal air terjun Yeh Mempeh sudah dibekali dengan akses jalan yang mulus.Air terjun setinggi 30 meter ini sama dengan air terjun lainnya di Bali, airnya jernih dan bersih serta udara alam sekitar masih sangat sejuk.

7. AIR TERJUN MELANTING, SIAP-SIAP MELTING

Lanjut ke air terjun berikutnya di desa Munduk, kecamatan banjar, kabupaten Buleleng yang berjarak 20 kilometer dari objek wisata Bedugul. Di dalam desa ini terdapat dua air terjun cantik bernama air terjun Munduk dan air terjun Melanting. Air terjun Melanting lebih tinggi ketimbang air terjun Munduk dengan ukuran sekira 20-30 meter.
Air Terjun Melanting, via instagram
Air Terjun Melanting, via instagram
Lokasi air terjun ini berada di dataran tinggi sekitar 800-900 mdpl yang membuat suasana sekitar memiliki udara yang sejuk. Traveler bisa main di bawah terjunan air dengan catatan untuk selalu berhati-hati. Atau bisa juga sekedar foto-foto di dekatnya, dijamin deh pengunjung bakal melting dengan pemandangan alam yang disuguhkan.

8. AIR TERJUN PEGUYANGAN, AIR TERJUN YANG LNGSUNG JATUH KE LAUTAN

Menyeberang ke Nusa Penida traveler akan berjumpa dengan air terjun yang jatuh langsung ke laut bernama air terjun Peguyangan. Air terjun tersebut berada di wilayah administratif desa Batu Kandik, Nusa Penida, kabupaten Klungkung. Tapi traveler tidak akan bermain-main di bawah air terjunnya karena posisinya berada di jurang yang langsung berhadapan dengan laut.
Air Terjun Peguyangan, via instagram
Air Terjun Peguyangan, via instagram
Satu-satunya cara menikmati segarnya air terjun Peguyangan adalah dengan berendam di kolam alaminya. Yap, sebelum jatuh ke laut, air terjun ini membentuk kolam alami di bibir tebing. Traveler musti mengakses ratusan anak tangga di bibir tebing untuk mencapai ke kolam air terjun Peguyangan.

9. AIR TERJUN ALING-ALING, BIKIN MATA TAK MAU BERPALING

Air terjun Aling-Aling berada di desa Sambangan, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng yang berarti posisinya berada tidak jauh dari ibukota kabupaten, Singaraja. Hanya butuh berkendara selama setengah jam untuk sampai di air terjun ini jika melakukan start dari Singaraja.
Air Terjun Aling-Aling, via instagram
Air Terjun Aling-Aling, via instagram
Rute untuk sampai di lokasi air terjun Aling-Aling cukup menguras tenaga dengan trek menantang dan beberapa kali naik turun bukit dan menyeberangi sungai. Tapi sesampainya di hadapan air terjun setinggi 30 meter ini mata traveler tak akan berkedip dan wajah pun tak sanggup untuk berpaling.

10. AIR TERJUN SEKUMPUL, KALAU BELUM TAHU JANGAN NGAKU ANAK GAUL

Ibarat kata traveler yang tidak tahu air terjun Sekumpul itu kurang gaul. Pasalnya air terjun di desa Sekumpul ini disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Bali. Seperti biasanya sebelum tiba di hadapan air terjun traveler harus jalan kaki melewati jalan setapak, menuruni ratusan anak tangga dan menyeberangi sungai.
Air Terjun Sekumpul, via instagram
Air Terjun Sekumpul, via instagram
Air terjun Sekumpul terbentuk dari sekumpulan air terjun yang menjadi satu. Setidaknya ada tujuh air terjun yang berada di kawasan yang sama menghasilkan pemandangan alam yang indah luar biasa. Namun dari tujuh air terjun itu hanya dua air terjun yang bisa diakses hingga ke lokasi. Pokoknya traveler tidak akan berhenti takjub saat berada di bawah air terjun ini.
Jumlah keseluruhan air terjun di Bali lebih banyak dari pada yang ada dalam daftar Travelingyuk di atas. Buat traveler yang tahu dan pernah mengunjungi air terjun di luar daftar tersebut silahkan share pengalamanmu di kolom komentar. 

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home