“SUAMI Me-RADANG krn Tak di-Beri JATAH (NAFKAH BATIN), ISTRI Sibuk Kerja”



Temen2 bila sempat tlg simak Keluhan dari Umat ini…



Selamat malam Bhante, Namo Buddhaya ......


Akhir2 ini sy bingung dan pusing keadaan Yang terjadi Dalam Kehidupan Keluarga SAYA .....


Yang PERTAMA, Anak Sakit paru2, walaupun sudah membaik, TAPI SAYA Sangat menghawatirkan Masa DEPAN nya sebagai Anak laki2. Dia KARENA sakitnya sampai Putus kuliah, sedangkan umurnya sudah 21 years. Dia berusaha meringankan PENDAPATAN SAYA utk MENCARI kerja membiayai kuliahnya SENDIRI. Tetapi apalah artinya MENCARI kerja dgn ijazah sma?


Yang kedua, TEMPAT kerja sy sudah hampir setahun ini Hidup segan matipun tak mau. Artinya bahwa sampai saat ini SAYA tidak menerima gaji, sehingga lebih BANYAK pengeluaran dari pendapatan. Dan utk ongkos hari2 SAYA Masih Tergantung sama Istri.


Tp hanya utk SAYA lho Bhante, utk anak2 SAYA sepeserpun Istri ga pernah ngasi / bantu. Dan SAYA emg ga pernah Minta.


Yang sibuk adalah Istri. Sekarang dia (istri) kerjanya sdh Pindah di PERUSAHAAN yg bisnis dan utamanya adalah t-shirt merek polo. Pemilik berniat mengembangkan bisnis tersebut nya MEMBANGUN Hotel Kelas B anggaran atau SETARA Kelas B melati dgn fasilitas Kelas B Bintang 3. Hotel nya sdh beroperasi di gn Sahari (DEPAN wtc mgg doa), Dan Akan ADA pembukaan Lagi di panglima jayakarta Akhir month ini. Hotel ini memang istri yg dipercaya Oleh pemilik nya utk kelola. Dan memang utk SAAT ini Hotel tsb Boleh dibilang penuh buku terus.


Yang menjadi masalah adalah, sekarang Istri Pulang nya malem Terus. Bisa smpe rmh jam 11 malem. Pemilik / bos nya memang Suka adakan miting ITU selasai kerja. Bahkan Hari sabtu jam yg nya off dia Malah masuk JUGA.


Yang menjadi masalah buat SAYA adalah Bukan plg malem nya. tetapi tdk adanya KOMUNIKASI dari istri, bhw dia lg miting atau apapun sehingga dia hrs plg malem atau tidak. Pokoknya kalo dia udh di vehicles kalo ga dikontak, ga Akan dia KONTAK sy.


Jadi SAYA Suka was2 di Perjalanan nya seandaimya dia Pulang malem. Dia emang Pulang pergi vehicles nyetir mobil SENDIRI. Pertama2 jadwal mitingnya Hari Selasa malam saja / rabu malam saja, jadi pulangnya malem. TAPI belakangan ini hari2 biasapun dia Pulang malem alasan kerjaan BANYAK walaupun tidak ADA miting ..


Permintaan SAYA kan Cuma KOMUNIKASI, tp sama dia dicuekin aja, paling2 Jawab sms doang, padahal lg istirahat Makan Siang. Lalu kalo ADA miting atau tidak, kasi tau, jadi SAYA Bisa tau bhw dia lg miting di vehicles, inipun kalo ga ditanya ga Bakal dijawab. Jawabnya pun via sms ga mau telp.


Lalu SAYA Minta dia, bgmn seandainya plg malem nya hanya WKT miting aja. Jadi hari2 Biasa Bisa plg cepat.Tetapi Tetap aja ga digubris dgn alasan BANYAK kerjaan.


Jadi SAYA harus bgmn Bhante? SAYA koq merasa dicuekin sebagai seorang Suami. Apakah KARENA SAYA Status pekerjaan yg belon dpt gaji, sehingga SAYA Masih minta2 sama dia?


Sampai2 SAYA berpikir, utk APA mempertahankan Perkawinan ini seandainya SAYA ga dianggap sebagai Suami, dicuekin Melulu ....


Memang TEMPAT kerjanya yg membuat kondisi Bisa seperti ini, tp sy cm Minta dia Bisa atur waktu Dan ADA KOMUNIKASI. Sepertinya Istri lebih BANYAK waktu di kerjaan drpd Rumah Tangga nya SENDIRI. 


SAYA cm Minta diimbangi aja ANTARA WKT kerja Dan WKT di rmh ....


Jadi SAYA Mohon petunjuk Temen2 dan Bhante, seandainya SAYA yg salah tolong diberitahu ....Terima Kasih Bhante ...


Temen2 tlg kasih Pencerahan dan Solusinya yg berguna trims sadhu.

Komentar:



1. selamat pagi bhante dan teman teman. permasalahan ini akan menjadi permasalahan yang komplek ni, artinya bisa kemana mana, banyak di dalam mengandung sebab yang menimbulkan akibat. ya sebaiknya sebagai suami juga lebih harus berani to do point sih, kan masih menjadi kepala keluarga atau pemimpin rumah tangga. ya kalau posisi kamu ngak di hargai lagi , tinggal pilih stay or move on. ya begitu lah karena sebab muncul lah akibat.



2. Saran saya Harus pindah krj.. Percuma krj gk di byr.. Ngarep pesangon sampai kpn. Wanita terkadang memang demikian klo suami tdk ada penghasilan,atau pun kecil pendapatan dari pd istri. ! Apa lg sering pulang malam.. Tiap hr sbtu jg masuk.. Bsa bw mbl sendiri, kita di ceuxin, nyolek aja gk di layani.. Hahaha.. 99% ada main.. ! Takdir dan Karma Manusia.



3. kl menurut sy si takut maen belakang...krn segala sesuatu hrs ad komunikasiny... mendingan pindah kerja...solusiny cr wkt yg tepat untk bicarakan permasalahanny..



4. hahaha bener bhante , maka itu di butuhkan sinkronisasi lebih mendalam, agar bisa saling menghargai dan menerima kekurangan pasangan, melakukan pernikahan itu dilandasi dari hati,cinta , dan kasih sayang, kalau udah di kudeta sama uang yang berujung pada konspirasi ekonomi yang menjadikan labil ekonomi sudah susah menurut saya, ya membutuhkan kesadaran jiwa lah yang berlandaskan pada cinta itu sendiri,hahaha.


5. Malang (Prihartin) akan anak nya, Pdhl anak butuh keharmonisan keluarga,
Kalau tak syng suami atau istri, Ingat akan KESEPIAN anak. Selalu aja korban RT @ anak. BBU...



6. Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman, trims anumodana atas komennya yg berguna, Mas Trah, Dedy LC, Chandra Andika, Agus Anto Wijaya, SonJi Andrian Gan, iya dari dulu suka pegang 2-3 profesi tanpa terasa, Juru Damai RT, dsb sambil belajar sama para Pakar RT tp kali ini blm turun Gunung para Pakarnya entah lagi sibuk apa yah... dimohon sih segera turun Gunung utk beresin ni perkara agak Pelik nampaknya...palagi soal Jatah dikurangi...yg biasanya lancar...tiba2 tersendat Jatahnya akibat sibuk kerja...rupanya Istri tdk suka yg harmonisasi, ntar bisa2 di Kudeta Hati nih...sebab Kompensasi Jatah tdk sinkronisasi...jd gimana tuh..



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

sit9 mengatakan…
Sesungguhnya komunikasi Itu antara suami istri Itu Ada,tapi oleh karena merasa dicuekin melulu.....saya rasa pasti Ada yg ngak beres...karna suami dlm keluarga Itu pemimpin ....jgn terlalu jauh berpikir untuk bercerai Itu adalah dosa ...Cari alternatif lain dengan penyampaian yg tepat jgn menyerah Seblm berhasil...

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “