KISAH LI ZHA



Pada jaman yang sama,putra mahkota kerajaan Wu(吴国) yang bernama Li Zha(李札) mengunjungi kerjaan Xu(徐国 xu guo).Raja Xu menyambut kedatangan Li Zha dengan sangat bersahabat.

Raja Xu sangat tertarik dengan pedang yang dibawa oleh Li Zha,akan tetapi tidak berani mengutarakan keinginannya.Li Zha memahami isi hati dari raja Xu,dalam hati berkata:” Membawa pedang dalam menjalankan misi persahabatan adalah sebuah bentuk kesusilaan.

Setelah dari kerajaan Xu,saya masih harus mengunjungi kerajaan Lu(lu guo).Sekembalinya dari kerajaan Lu akan saya berikan pedang ini.Kenyataannya,setelah Li Zha selesai berkunjung dari kerajaan Lu kembali ke kerajaan Xu,raja Xu telah mangkat.Li Zha menyempatkan diri untuk berziarah ke makan raja Xu,di sana ia menggantungkan pedangnya.Semua orang yang mendampingi Li Zha merasa heran dengan perilakunya.

Li Zha menjelaskan:” Dulu saya dalam hati pernah berjanji untuk memberikan pedang ini kepada mediang raja Xu.Walau beliau sekarang telah tiada,saya tetap tidak boleh ingkar janji.”

曰水火,木金土
Yue shui hui,mu jin tu
此五行,本乎数
Ci wu xing,ben hu shu
曰人,礼智信
Yue ren yi,li zhi xin
此五常,不容紊
Ci wu chang,bu rong wen

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan Dharma dan buka Wawasan, mohon maaf kalau tdk berkenan dihati anda.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “