KEMELEKATAN dlm ajaran Buddha itu apa dan bagaimana sih…? Tlg Jelaskan…


Teman2 silahkan simak pertanyaan dibawah ini…

Namo Buddhaya bhante. .Saya ingn brtanya tentang kekurangan-ku dalam mengerti soal Kemelekatan. Apa arti dari Kemelekatan itu dan bagiamana Penjelasannya …? 


Tlg teman2 kl ada yg bisa jawab jelaskan sedikit atau banyak, utk menambah pengetahuan-ku dlm belajar Dharma…trims sebelumnya…


Silahkan temen2 komen yg berguna utk membuka wawasan Dhamma, sadhu.



Komentar:


1. Namo buddhaya bhante n teman2.. awalnya dr nafsu keinginan di pikiran , yg bersifat duniawi keinginan lebih besar drpd kebutuhan sehingga timbul kemelekatan. .. mgkn sifat manusia banyak "mao" nya.. mao ini mao itu, yg terjadi malah tidak sesuai dgn ucapan yg sdh dikeluarkan... akhirnya timbul kesenangan diri sendiri.. lebih baik ber "pasrah"(bkn arti kata menyerah) .. menjalani kehidupan mgkn akan lebih santai ... mohon maaf jika ada kata2 yg salah, maklum sedang belajar ttg dhamma... santai santai omithofo.



2. Mengikis Nafsu keinginan memang ga gampang.. Ketika ada smartphone/gadget yg terbaru langsung kepengen di ganti yg lebih canggih,, hahaha.. kemelekatan banyak nih ,berhubung saya belum tahu benar ttg kemelekatan ,ayo siapa yg lebih mengetahuinya silakan ..........ungkapkan, diatas selembar kaca ini, hahah.

Misal Sayang sm anak ,contoh melekat namanya ,, inti nya ga bs ditinggalkan kalau kita mati,, ga rela .. Ya kira2 begitulah..  ia , ada kemelekatan yang bisa di hilangkan ada yang tidak, kalau kemelekatan yang tidak bisa di hilangkan adalah bernafas,makan dan minum,hahahaha kidding.


3. selamat malam bhante dan teman teman, emmm sidikit dapet ilmu pengetahuan nih malam ini , bersama ko Tan Ruslan, mengenai Kemelekatan itu kalau yang bisa saya terima dan pahami adalah sesuatu dimana kebiasaan , pola pikir seseorang yang melakukan dan membiasakan diri pada sesuatu, contoh kita mengerjakan pekerjaan A ,B dan C , selalu itu dan itu saja yang kita cari atau kerjakan, tanpa melihat masih ada D,E dan seterusnya. jadi bisa di bilang secara tidak langsung adalah merupakan kebodohan yang kita tidak sadari, yang membuat kita tidak bisa menghilangkan kebodohan tersebut... ya walau terkadang kemelekatan itu susah di hilangkan , seperti saya ini,hahaha...banyak kemelekatan yang menghinggapi saya sampai sekarang, dan sepertinya itu akan sangat berlangsung lama dan entah sampai kapan,hihihihi , yang penting kemelekatan akan nafas berupa udara segar dan makan enak jangan di buang,hihihihi.



4. Mohon maaf Bhante, sedikit pemahaman saya tentang kemelakatan. Kearifan Timur telah lama menyadari bahwa kemelekatan adalah awal dari kemelaratan.Oleh karena itu kemelekatan harus diledakan. Dalam sejarah filosofiTimur menceritakan banyak para guru yang mengalami pencerahan setelah diledakan kemelekatan.Akhirnya setelah jiwa yang kearifannya bertumbuh ia akan menikmati kebebasan dan alhirnya menikmati keindahan Nya.


5. sifat dan kebodohan manusia, kemelekatan akan semua yang menyenangkan, sepertinya susah untuk di hilangkan, menerima selama itu masih di terima , dan menjauh selama itu bisa.


Namo Buddhaya bhante,, kdng berpikir dg "mengabaikan, mengabaikan brarti kebahagiaan", Tp Skrg jamannya materialistis,,kemelekatan slalu ad dlm hati & pikiran.


Sdr.SonJin AG trims, iya betul itu, utk kondisi saat ini agak sulit apalagi orang tinggal di kota dg penuh hingar bingar kemajuan IT, ditambah duit ada atau kerja gajih tinggi, usaha dpt untung banyak jd uang berlimpah. Namun, kl tinggal di kampung dg segala kesulitan dlm hidupnya, spt di zaman Buddha msh hidup ke-mana2 jalan kaki, mau jubah saja hrs nunggu orang mati kain bekas pembungkusnya diambil lalu dibikin jubah. Saat ini, jubah ada pabriknya, umat dana jubah sampai menumpuk se-gudang, bahkan keluar bau tak sedap krn tak digunakan ber-tahun2 numpuk di gudang. Praktik Dharma utk mengerti dg benar Kemelekatan dlm arti Analisis yg men-dalam amat sulit dicapai.



Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman, Dedy LC komennya no wahid ‘no comment’ ini artinya Am-Siong alias menyerah sebelum bertarung, kl diibaratkan pemain tinju bung Dedy ini mau lawan Mike Tyson, baru lht badannya besar aja langsung minta ampun, padahal blm di-apa2in, spt itulah kira2 setelah membaca pertanyaan ‘Kemelekatan’.


Tapi, hokinya bung Dedy ini abis ikut latihan meditasi di wihara dengerin bhantenya ngoceh, tiba2 dpt Kuijin dari Langit entah melalui bisikan atau msk ke hati dan pikirannya, maka timbul jawaban yg bgs…kl blh diberi hadiah yah…lumayan lah dpt Donat satu potong…utk ganjel perut…yg sebenarnya tdk cukup satu potong cm nyelip di gigi aja…maunya bung Dedy sih 5 potong Donat baru ada rasa enak kali… 


Sambil menunggu para Pakar Dharma kelas tinggi yg blm turun Gunung, entah lg kemana yah…ini kesempatan karma baik utk memberi Pencerahan kpd umat yg sedang belajar Dharma, silahkan…


Teman2 Yg Budiman, Romo Soegeng Soediro S, sdr.Tan Ruslan, sdr.Dedy trims atas komennya yg berguna.

Uraian sederhana dan mudah dimengerti, Kemelakatan dlm bahasa Pali artinya Upadana, ialah kelanjutan atau awalnya dari Nafsu Keinginan (Tanha), hingga timbul Kemelakatan.


Contoh sederhana, kl anak2 blm pernah makan es krim, dia tdk akan tahu betapa enaknya es krim. Namun, begitu sekali mencicipinya, maka anak tsb akan suka makan es krim (nafsu keinginan). Malah, lain wkt anak tsb ketika diajak ke mall dan melihat es krim, langsung dia akan minta2 es krim yg pernah dimakan- nya. Kl tdk dikasih es krim yg dimintanya, otomatis anak tsb akan menangis bahkan meraung-raung.

Mengapa…? Sebab, Kemelakatan telah tersimpan dlm pikirannya yg memberitahu di otaknya bahwa es krim adalah makanan yg sangat lezat/ enak. Waktu lainnya anak tsb akan memberitahu teman2nya bahwa es krim adalah makanan yg sangat lezat/ enak.


Demikian, dg anak remaja dan pemuda yg tertarik terhadap lawan jenisnya (nafsu keinginan), orang dewasa mencari pasangannya (nafsu keinginan). Dan setelah menikah, Kemelakatan semakin kuat mengikat antara Suami dan Istrinya. Bila Istrinya pergi/ kerja diluar, maka Suaminya akan merasa khawatir/takut terjadi apa2 atau curiga dsb, atau sebaliknya. Akhirnya, banyak terjadi pertengkaran hingga tindak kekerasan dlm RT hanya soal sepele. Semua itu sebabnya, akibat Kemelekatan (Upadana).



Contoh kedua, Kalau anda punya mobil baru yg bgs dan mahal misalnya mercy, pasti anda akan sayang sekali kpd mobil tsb (Kemelekatan). Ketika terjadi kecelakaan pasti anda akan merasa sedih, marah, sesal dsb. Atau bila mobil tsb di rusak oleh orang lain, pasti anda akan bertindak membalasnya. Mengapa demikian…? Karena, Kemelekatan terhadap Mobil Mercy sdh merasuki pikiran anda, yg tdk rela bila mobilnya dirusak dsb.


dan msh banyak contoh2 Kemelekatan, spt wanita yg sangat cintanya sm Pria, walau sdh dikasih tau, kl Pria itu adalah Hidungnya Belang, tp tetap aja Wanita tsb cinta setengah mati sm Pria yg Hidungnya Belang... banyak kasus bunuh diri akibat yg namanya CINTA atau KEMELEKATAN... sebab itu hati2lah sama si Cinta...


 kalau kata pengeran tian feng (pat kai ) begini lah cinta, deritanya tiada pernah berakhir.


hingga ada istilah: 'Cinta itu bisa membuat Orang jd Buta'...misalnya Tahi Kambing dianggap Coklat...menurut kita orang itu jelek spt Tahi Kambing, tp sebaliknya menurut orang kena penyakit Cinta pasti dia bilang ehehehe...lu bego yah orangnya cakep, ganteng kok dibilang Tahi kambing/ jelek...lu yg bego kali...hehehe…



Itulah kira2 uraian sederhananya soal Kemelekatan, semoga berguna utk menambah pengetahuan Dharma, dan membuka wawasan lbh luas, sadhu.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “