“ WANITA LAJANG KENAL SAMA DUDA TUA, MAU TERIMA TAKUT “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya..bhante, maaf mengganggu. saya lg kebingungan, gak tau keputusan apa yg hrs saya ambil. kdg saya merasa capek, napa mslh 1 uda selesai mlh muncul lg mslh br.
sebln lalu saya dpt knlan, dia seorg duda yg umurnya lbh tua belasan thn dr saya.
ada bnyk sekali ketakutan yg menghantui.
saya tkt slh melangkah n akhirnya nasib saya tambah buruk.
Tlg teman2 beri komen n solusi, spy duda itu pun gak gantung2 perasaannya.sadhu 3x.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Apa yang akan kita dapat (kebahagiaan atau kesedihan) adalah sesuai dengan apa yang telah dilakukan. Bertemu pasangan hidup yang baik atau burukpun tergantung pada hal tsb. Oleh karena itu, sangatlah dianjurkan agar didalam hidup ini melakukan kebaikan, semoga kebaikan tsb menyebabkan kita terkait dengan orang/jodoh hidup yang baik (ya memang semuanya juga masih dipengaruhi oleh perbuatan yang terdahulu).
Setelah itu berprasangka baik, dan niatkan tujuan berumah tangga adalah menemukan pasangan yg dapat saling membantu dalam hidup, agar didalam segala perbuatan dalam hidup ini(mencari nafkah dll) selalu sesuai dengan ajaran Buddha.
Setelah semua perbuatan baik dan niat baik dilakukan dan selalu menjaga hidup senantiasa melakukan kebaikan, terimalah hasilnya. Kalau baik, bersyukurlah denga terus melakukan kebaikan. Kalau tidak terimalah karena itu adalah buah karma yang harus diterima atas perbutan yang dilakukan (maaf kalau ada kata yg kurang berkenan), dan walaupun buruk, tetap harus menjaga sila. menjalankan semuanya dengan iklas, dan berusaha mencari solusi yang tidak menyebabkan timbulnya buah karma buruk.
Demikian menurut saya Bhante, Mohon koreksinya kalau salah. Kalau pendapatan saya kurang berkenan mohon dimaafkan dan abaikan pendapat saya.
Semoga bisa mendapat jodoh yang baik dan berbahagia Sadhu3x.
Terima kasih Bhante, semoga selalu sehat dan panjang umur serta terus membimbing kami didalam Dhamma. Sadhu 3x



Emang kamu berbuat salah jadinya takut?? Takut yg benar adalah : TAKUT untuk berbuat salah, Takut Akan hasil dr Perbuatan salah tersebut.. N Malu yg benar adalah : Malu Berbuat salah dan malu akan hasil dr perbuatan salah tersebut..Selama tidak berbuat salah kenapa musti takut..

Sgala pilihan yg ada, dilihat dr segala macam sisi, kalo masih ragu2, tanya kepada pihak lain yg bs menilai secara objektif, krn kadang kita tidak bs menilai diri kita sendiri, cuma ya harus siap2 mental kalo mau nanya ama org yg jujur..



1. Namo Buddhya Bhante. Menurut saya jodoh yg baik bukanlah kepada status sosialnya pakah dia duda, janda, atau lajang. Yang penting adalah bisa saling menerima perbedaan. Yang penting adalah calon jodoh tersebut bisa menerima kita apa adanya, dan kita merasa aman dan nyaman disampingnya. Hidup itu bagaikan air yg mengalir ikuti alur jalannya & jgn dilawan. kehidupan suami-istri bagaikan. lelaki > kuda jantan, wanita > kusirnya, kl tidak bisa mengendalikan kudanya dgn pengertian & kasih sayang, maka siap-2lah sang kusir ditendang kudanya. Sebaiknya pikir kan baik2 sblm mengambil keputusan.jgn slh memilih ntr menyesal dikemudian hari.keputusan brada ditangan anda.


2. Namo sabbe Buddhaya. Salam metta. Sebenarnya adanya/tidak ada masalah2 adalah buah pikiran kita,,,,kita menganggap ini bermasalah dan membuat ketakutan karena kita selalu berpikir demikian. itulah pikiran yg tidak terkendali. Kita perlu kehati hatian, perlu pengendalian, dan perlu kewaspadaan dalam berpikir untuk bertindak atau memilih,,,,,tenang itu penting dan pengetahuan pola batin/pikiran lebih penting agar tidak salah menilai. Nasib buruk/nasib baik juga demikian. viriyadhamma dan semoga anda dipenuhi dhamma.


3. Kata2 bijak hari ini, "Suami itu kadang bagaikan uang, sulit dicarinya dan sulit sekali disimpen, tetapi kalo dibuang pasti diambil orang. Istri sendiri bagaikan kitab suci, kadang sulit sekali dimengerti dan dipahami, tetapi kalo dibuang takut kualat. ====Maka nya Suami atau istri Ga Boleh Dibuang yach ..... he3.Ad 3.
Namo Buddhaya All...........Klau menurut saya jangan mudah jatuh Cinta dan jgn negatif tingking...biarkan berjalan apa adanya ....sejalannya waktu pasti ntar tau baik buruknya duda tsb,jika dia mencintai mu dan mmg dia baik utk mu ya jalanin aja,jika dia tdk dpt membuat kamu lebih baik ...segera putuskan untuk menjauhinya....semoga comment sy bermanfaat ya...jika tdk berkenan di hati Mohon Maaf ya..


4. Namo Buddhaya, mnrt sy it adlh ketakutan pikiran pd apa yg blm d mulai. Memang kdang dlm menentukan sbuah plihan, pkiran d pnuhi oleh hal2 yg negatif dan positif. Bnyk yg mengajarkan utk sllu brpikiran positif tp qta jg ga bs mengesampingkan pkiran negatif. So, jka it baik buat diri sndr n org lain lakukan aj, sgla ssuatu yg d mulai dgn pkiran baik pst brakhir dgn baik jg. Klo dlm hbungan ga ad mslh it bhong. Pst mslh akn dtg slih brgnti trgntung dlm mnyikapi'a. Anumodana. ^


5. namo buddhaya,dalam kehidupan memang ada penderitaan dan ada kebahagiaan,mungkin karna ia masih bnyk sifat ketamakan,{ingin mendapat},dan ia belum bisa melepasnya,{kemelekatan},sehingga dalam kehidupan sekarang ia bnyak permasalahan,'sehingga pikiran pun merasa terhantui?maka belajarlah hdup yang sesungghya'jalani lah peta yang sudah di gambr,yaitu menuju pantai sebrang(kebahagiaan),karna kehidupan itu tidak kekal, , ,trimakzh.




6. Namo buddhaya bhante,mnrt sy ini adl sbuah plhn n sbuah plhn jg ad d'tgnY sdri.. Tny'kn pd ht kcil mu,bgmn sbnrY prsaan km pd co yg br dknl sbln tu.. Mgambl kptsn g usa tburu2. Pljri dl dgn baik gmn ssungguhY sft n prilaku tu co.. Br km akn tw kptsn ap yg akn km ambl,trm ksi.. hidup adl pilihan....pilih yg terbaik untk ms depan...setiap mahluk pasti mempunyai permasalah itu adl buah karma kita sendiri..mohon dikoreksi bs ad yg slh...SSBS.



7. Namo Buddhaya Bhante. Menurt sy, hidup aldh pilihan. Kalo kita berasa berbahagia dgn seseorg, ya perthn kan lah. Hidup dgn mengeluh, hanya menyebabkan pikirn menjadi berat. Nikmati aja lagi setiap mslh yg kita hadapi. Ga ada mslh ya ga hidup namanya. Ga ada mslh ngimana kita mau belajar di dlm hidup ini. Masalah yg membuat hidup kita lebih kuat. So, enjoy aja lagi.


8. Dalam pengambilan keputusan sebaiknya dipertimbangkan secara bijak jangan keburu napsu akan merugikan anda sendiri , baik atau tidak andalah yg tau karena anda yg menghadapi mengapa anda harus takut kalau anda benar .bila tidak suka terus terang saja dengan bahasa yg santun jadi tidak bikin orang lain sakit hati.

9. kdg saya merasa capek, napa mslh 1 uda selesai mlh muncul lg mslh br. yg bermasalah ada pd diri anda , intropeksi dan perbaiki Lakukan apa kata Hati Nuranimu,Dialah yg akan menyelamatkan,Umumnya orang membantah/mengingkari Hati Nuraninya tp dia pecaya pd nafsunya,inilah awal dr penderitaan,kesusahan,kebingungan, Dllnya.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “