“ INDRA KE-6 HARUS LATIHAN MEDITASI YANG BENAR BARU DAPAT “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

 Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya, Begini Bhante, saya pernah membaca sebuah Blog tentang Indera ke 6, Bagaimana menurut temen2 dan Bhante?

Karna di jelaskan; bahwa dengan mengerti jati diri kita, barangkali kita dapat mendapatkan Indera ke 6. Cuma yang saya tanyakan di sini adalah: Apa yang di maksud dengan "mengerti jati diri"?

Di blog tersebut di jelaskan kita dapat mengerti arti jati diri kita dengan mengerti Makna Bertapa, pada saat Kita Bertapa. Bagaimana cara mengerti nya? Dan lagi katanya; Indera ke enam (6) bisa melihat hal" Gaib. apakah itu benar Bhante?

Mohon pencerahannya temen2 dan bhante. Namo Buddhaya, Sabbe satta bhavantu sukitatta. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu. Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.

Teman2 maaf kl komen bhante salah.

Kesimpulan: Indra ke-6 hrs dg latihan meditasi yg benar, baru dpt diperoleh. Kl dg bertapa, blm tentu hasilnya benar2 indra ke-6 spt yg ditulis dlm Dharma. Soal mengerti “ Jati Diri “ itu sama dg mengerti dari hasil meditasi wipassana yaitu dpt melihat proses: Nama dan Rupa itulah namanya Jati Diri. Indra ke-6 itu bahasa Kejawen atau dari Yoga (buka Cakra ke-3 di tengah antara 2 mata) yg bs melihat dunia Gaib. Dlm Buddhis itu tdk ada indra ke-6. Yg ada ialah Abhinnya, yg salah satu isinya indra ke-6.

 Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini. Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. pengertian indera ke 6 dlm agama buddha tidak sama dng pengertian umum. Dlm agama buddha manusia mempunyai bukan hanya 5 indera saja, tapi mempunyai 6 indera: mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan pikiran. Spt indera mata saat kontak dng objek penglihatan, maka timbul kesadaran mata, begitu pula indera pikiran kontak dng objek pikiran yg meliputi perasaan, persepsi dll, menimbulkan kesadaran pikiran. Kesadaran mata hanya mengetahui objek penglihatan, tapi belum tahu objek tsb apa. Dng berlatih meditasi yg mendalam seseorang yg bukan buddhis pun dpt saja memperoleh kemampuan batin supranatural spt berkunjung ke alam lain, membaca pikiran mahluk lain, melihat sesuatu yg berada dlm jarak jauh, mendengar suara yg jauh dll, mengetahui kehidupan2 yg lampau, tetapi yang paling hebat dan bermanfaat menurut buddha adalah kemampuan ‘pandangan-terang’ (vipassanannana), yaitu kemampuan mengikis habis kekotoran batin. meditasi buddhist bertujuan untuk melihat segala fenomena, termasuk diri kita sbgmn adanya. Manusia dikatakan spt berada dlm mimpi, dan melihat segala sesuatu sbgmn adanya seolah2 terbangun dari mimpi panjang, terlepas dari delusi, shg dpt terlepas dari penderitaan. Dikatakan "Saat awan lenyap, matahari scr otomatis nampak jelas. Ia memang sebenarnya sudah ada di sana". "When the cloud of ignorance disappears, the infinity of the heavens is manifested, where we see for the first time into the nature of our own being."

2. Klo sdh terlatih dlm Samadhi,hal itu pasti terlewatkan,Umumnya orang tergiur dgn pandangan2 seperti itu jadilah dia paranormal,,hehehehe,,merasa diri mempunyai kemampuan yg orang lain tdk miliki,,itu hanya hasil dr Samadhi yg disebut Manomayiddhi(kekuatan Bhatin dr hasil Samatha Bhawana),yg akan muncul kepekaan2 Indrya berupa Pandangan,Pendengaran,Penciuman dan lain2nya.Tingkatkan lg dgn Wipassana Samadhi agar bs mencapai Abhiñña,,Mari kita kembangkan Samma Samadhi agar tidak tersesat sbb masalah Spiritual bs menyesatkan tanpa Guru yg tepat,,Sadhu.

3. Melatih indra ke 6 bukanya tidak bisa tapi tidak semudah membalikan telapak tangan harus ada bimbingan , kalau tidak sangat sulit untuk belajar sendiri terutama orang tua jg sudah disibukan oleh pekerjaan dan tuntutan ekonomi , lebih mudah belajar ini mulai anak anak krn mereka tanpa beban dan harus ada guru pembimbing yg benar baru bisa benar.

4. Met sore Bhante, mnrt saya, tiap manusia memiliki indra ke 6. Tetapi tdk stiap manusia bs menggunakan indra ke 6 tsb. Mgkin bkn nya dpat "melihat" hal gaib, tetapi lbh tepatnya "merasakan" hal gaib.. wah kalow kluar ilmu gaib gmana tuh dslh gunakan bs hncur dhe negara ini gara2 indra ke 6.

5. Kalo menurut w sih indera ke-6 tuh anugerah dr TUHAN. Jd ga semua org pnya indera ke-6. Memang benr org yg pnya indera ke-6 tuh isa liat maklhuk halus.

6. sore bhante dan teman teman .mau mempunyai indra ke 6 ,hahaha, mungkin mau jadi pengacara arwah atau biro jasa khusus arwah, hehehe . kan belum ada tuh , kan lumaya kalau arwahnya banyak uang , ntar di kasih tahu no rek dan pin dari arwah yang ditolong , atau harta karun , hehehe. ngaco ni commentnya.

7. hehee jangan deh ntar kalo kagak kuat isa masuk ICU ee salah ke RSJ ..... Terima lah diri apa adanya.... Terkecuali yang udah emang bawaan dr lahir gak perlu di asah asah lg... sadhu sadhu sadhu. 8. Aduh org-org pada aneh agama buddha itu melatih DANA,SILA dan MEDITASI doank jgn yg aneh-aneh lah kita berlatih utk mencapai tinggakt kesucian bukan kesaktian ...maka nya baca buku dan blog yang bener yang aneh begitu mah cuma nambah wawasan...doank.

8. klo indera ke ^ kan pikiran...maybe yang dimaksud indera ke 7,yang salah@ bisa pusing TUJUH keliling...hahahahha... @Idawaty Ho: U have a very good meditation knowledge... 2 thumbs. lg ngetrend belajar membuka indera ke enam . coba dipelajari saja baru diskusi mengenai hal tsb. namo buddhaya malam bhante dan teman2 .

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu. Sabbe satta bhawantu sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
Namo budhaya.. Sedikit masukan yah :D
Kalau mau membangkitkan indra ke enam secara utuh untuk dapat kesaktian,, jangan harap bisa.. Kalau bisa pun hanya kesaktian" kecil.. Seperti .. Feeling yang makin tajam.. Karena kemelekatan akan kesaktian lah yang menghalangi
Nah .. Jadi harus bagaimana?
Hilangkanlah semua kemelekatan, untuk memiliki kemampuan batin,, harus murni bebas dari kemelekatan dan ego..
Nah.. Itu pun belum selesai..
Setelah melalui tahap itu.. Tentu.. Anda sudah mendapatkan pribadi tinggi anda.. Anda harus terus berpegangan dengan pribadi tinggi anda dalam proses pembersihan,,(melawan kotoran batin) dengan perhatian terhadap batin..
Nah.. Disini.. Bangkit lah kundalini..(Ular api)
Tubuh anda akan panas dingin ga karuan.. Kemudian.. 1 badan gatal" (awalnya gatal, tapi gatalnya jadi panas dan menyakitkan) itulah proses pembersihan... Untuk mempermudah proses... Mending vegetarian 3 bulan dulu deh --a demikian masukannya shadu shadu shadu :)
Unknown mengatakan…
Indra keenam telah lama diteliti oleh para ilmuwan silahkan mampir disini;
http://www.bakatsuper.com/2016/05/terbukti-indra-keenam-itu-nyata.html
Djanoer mengatakan…
Manusia emang aneh,orang buta mau melihat, org yg melihat mau lihat yg gk kelihat.
Rumit dah.. mending jd manusia normal aja, bisa hidup,bisa berbuat baik bg sesama mahluk hidup,bisa menjadi manusia yg banyak mamfaat kebaikan bagi alam dan iainya.
Gitu aja lo semua udah hebat..hebat dan mantap.

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “