“ ORANG PINTAR BISNIS DAN KAYA SAAT INI APA SEBAB? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, apa penyebab orang itu pintar berbisnis dan kaya disaat ini? apakah orang yg miskin saat ini bisa menjadi kaya? Mohon bisa dijelaskan lebih terperinci karena banyak orang yg pusing soal ini. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Orang menjadi pintar berbisnis, kaya (konglomerat), jadi presiden, jadi menteri, jadi Raja, jadi artis, aktor, penyanyi, dsb, semua itu akibat simpanan karma baiknya pada hidup yg lalunya. Cuma kita tidak tahu hidup masa lalu tsb. Di dunia ini tidak ada yang instan, ada sebab pasti akan ada akibat, ada aksi pasti reaksi. Orang lain hanya melihat saat ini yang nampaknya pintar berbisnis dan cepat kaya.

Padahal kita tidak tahu dari awalnya, bagaimana. Kebanyakan orang tidak langsung menjadi kaya, biasanya dari bawah dulu. Coba banyak baca riwayat orang2 sukses, pasti awalnya menderita, banyak rintangan dan hinaan, cemoohan, dsb. Tapi, mereka ulet, tekun, semangat pantang menyerah, dan sabar. Akhirnya mereka sukses, yang kita lihat pada waktu sudah suksesnya saja. Jadi penilaian kita kenapa orang bisa pintar berbisnis dan cepat kaya.

Namun, meskipun punya simpanan karma baik tsb, kalau saat ini malas tidak mau belajar, tidak berusaha, apalagi tidak berbuat baik lagi (berdana), maka dia hanya menikmati karma baik masa lalunya. Lambat atau cepat akan habis, lalu dia akan hidup miskin, sengsara dan menderita.

Orang miskin saat ini ingin jadi orang kaya, harus meniru cara2 orang yang bisa jadi kaya. Misalnya; jangan malas, bangun pagi jam04 sembahyang, mau kerja keras, jangan mau cepat hasilnya instan, jangan malu kerja asal halal (jadi pemulung, lama2 jadi Bos pemulung), ulet dan pantang menyerah, semangat dan menyukai segala pekerjaan, jangan pilih2 kerja.

Sifat dasar manusia; MALAS, Bangun siang jam 09-10 lalu makan mau yang enak, mau ENAK DULU, tidak ulet mudah patah (menyerah), mau INSTAN (meski pakai/ beli TUYUL atau PESUGIHAN). Selama sifat dasar tsb tidak dibuang selalu dipelihara, maka jangan harap bisa jadi orang Kaya, atau Sukses.

Bila anda sudah kerja atau punya usaha dapat penghasilan, jangan lupa berdana sosial, hal ini untuk menambah karma baik anda agar dikemudian hari karma baik itu berbuah, bisa membantu hidup anda hingga tidak sampai kekurangan makan dsb.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komennya yang berguna.


1. bisa,bhante menurut saya orang kaya yg pertama kali di dunia ini lahir tdk membawa harta,supaya kaya harus dgn kerja keras



2. amitofo bhante..kl menurut saya orng bisa pintar berbisnis n kaya karena dia mau berusaha untuk lebih maju dengan belajar n belajar trus tanpa menyerah.walaupun dia mengalami kegagalan dia masih tetap berusaha belajr dr kegagalan n mempunyai keyakinan yg tinggi buat berhasil n berdoa...org miskin bisa menjadi kaya kl dia berusaha n punya keyakinan buat berhasil.n jangan lupa berdoa jg.makasih.


3.Namo buddhaya. Org yg pintar berbisnis dan kaya pd khdupan itu adalah buah dr karma baikny d masa lampau.
Org yg miskin jg akibat karma burukny d masa lampau. Org yg miskin bs menjd kaya jika karma burukny telah terlunasi dan dy byk berbuat amal atau menanam karma baik d masa hidupny. Seseorang baik ataupun buruk kehidupanny itu adalah karna buah karma yg ditanamny sendiri. Utk itu, mari kita umat Buddha semua banyak"lah berbuat kebajikan.
Demikian dr sy, tq bhante. Sabbesattabhavantusukhitatha.


4. Selamat pagi bhante , namo budhaya hdup berubah dan berkembang,tidak ada yg tidak bisa d raìh bila ad tekad,kerja keras dan menggunakan pikiran dg baik. Ap lagi materi kekayaan dunia yg sangat bisa utk di raih, seseorang tidak d takdir kan untuk menjadi miskin,untuk menjadi kaya seseorang hrus lebih berusaha lagi kerja lebih giat dan mengatur ke uangan dengan benar.


5. Namo Buddhaya Bhante... Kalo menurut saya, setiap orang terlahir di dunia ini tergantung karmanya, apakah terlahir di keluarga yg miskin / kaya atau keluarga yg hancur hubungan keluarganya, semua tergantung karma lampau mereka, sukses tidaknya pd kehidupan sekrang tergantung usaha mereka dlm menwujudkannya, spt mencari relasi, keinginan belajar bisnis dll & ini jg kdg2 karma lampau berperan jd meski dia bs sukses / kaya saat ini tp klo tagihan karma buruk lampaunya berbuah mis. dia prnh pd kehidupan sebelumnya membunuh org demi menguasai hartanya, maka akan tertimpah hal yg sama spt bangkrut / hartanya di tipu org. Demikian menurut saya Bhante.. Sadhu3...


6. omithofo... semua tergantung pengalaman,keulettan,cedik,juga karma mempengaruhijuga.... kadang semua di miliki lengkap, cerdas pengalaman .. tak pernah mengeluh, ulet ... dll tetap tak ada hasil apa2.. di sini karma berperan juga.


7. namo buddhaya.. bante. menurut saya orang yg pintar berbisnis dan menjadi kaya itu d akibatkan karna tekat,tidak putus asa,dan pintar mengali potensi diri nya sendiri.d tripitaka sudah tertulis smua makhluk memiliki karma ny sendiri.. mewarisi karma nya sendiri. kalau sudah berbuat baik dan berkerja keras pd saat ini dan blm menghasilkan kekayaan atau apapun. itu hanya masalah waktu saja. tnx slamat pagi.


8. Usaha,kerja keras,jujur,ulet,giat,semangat,pantang menyerah.


9. Sesungguhnya seseorg yg pintar berbisnis dan menjadi kaya adalah karena individu tersebut merasa nyaman dgn apa yg sdg dikejar saat itu, dibarengi jg dgn tekad dan semangat tinggi dan keuletan. Disamping itu berupaya utk menghindari zona nyaman sblm mencapai puncak. Hal ini jg berlaku bkn hanya pebisnis, olahragawan, musisi bahkan hingga seorg suci pun sama. Saya mengutip kata2 dr Bill Gates "jika anda lahir miskin itu bukan kesalahan anda, namun jika anda meninggal miskin itu adalah kesalahan anda". Demikian sdkt sharing dari saya. Semoga bermanfaat. Namo buddhaya..



10. Org pintar berbisnis & kaya disaat ini karena karma nya dimasa lalu atau sekarang yg suka berdana,,,
Org miskin saat ini bisa kaya krn karma baik masa lalu nya berbuah saat ini dan ada nya tekad tuk memperbaiki karma2 masa lalu nya saat ini jg...sehingga karma buruk dimasa lalu nya dpt tertunda ataupun berkurang kemunculan nya saat ini.



11. hidup kita nikmati aja,kaya,miskin cuma lebel pada harta orang. orang yang tidak bisa menikmati hidup adalah orang yang menderita. orang kaya dan miskin kalau mati hartanya tidak dibawa keliang kubur.yang dibawa amal kebaikannya semasa hidup,jadi orang yang berpikiran tenang,damai adalah orang paling bahagia hidupnya.



12. mungkin krn dia berusaha & mgkn dl dia bnyk ber-amal, maka nya bs kaya, org miskin bisa jd kaya kl dia mau berdoa, bekerja dan beramal dan terus berusaha.


13. org yg pinter berbisnis n kaya,punya tabungan karma baik mr lalu yg byk n hoki yg bgs.yg miskin bs jd kaya asalkan sabar,ulet,rajin dlm menjlnkan pekerjaannya.n dikembalikan lg ke karmanya msg2 dan jg hoki .moga berguna.



14. orang pintar bisnis dan kaya tentulah karena bakat dan talenta yang baik sebagai dasarnya. jg tidak jarang faktor kemujuran menjadi salah satu jalan, sebab sering terjadi orang yg tdk terlalu pintar bisa jadi kaya raya karena warisan orang tuanya.. semua orang punya kesempatan yang sama utk dapat menjadi kaya serta punya resiko yg sama pula utk kehilangan kekayaannya.


15. pagi Bhante klu org mau kaya di saat muda dia harus berkerja keras supaya ada hasilnya gtu dan yang klu org miskin dia mau kerja pasti suatu hari nanti pasti dia menjadi orang kaya gitu bhante maaf ya klu komentarnya kurang bagus.

16. karna karma baik ud berbuah n emang org itu pintar bisnis n pintar lihat peluang emas ,jg tdk perhitungan hal2 kecil yg ga penting , misalnya kembalian 1ooo perak ga d ganti permen tp tetep rp 1ooo perak ,n bs tepat janji kalo ud janji ,ga korupsi bonus2 pegawai ,merhatiin kesejahteraan pegawai ,tp kalo ada pegawai yg rese si bos berani pecat or ngomel2

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma, para
Leluhr dan Orangtua serta semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “