“ JEPANG TSUNAMI APA SEBAB? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante Bencana Alam Gempa d Tsunami di Jepang, d Musibah meledaknya Reaktor Nuklirnya, apa penyebabnya karena sebagian Bangsa Jepang suka menangkap dan membunuh ribuan bahkan Jutaan Ikan Tuna di laut? Atau Apa sebab2 Karma masa lalunya? Mohon dijelaskan secara Logika dan Dharma. Teman2 tolong ks koment yang benar dan berguna, sadhu.


Jawab: Teman2 maaf kalau koment bhante salah.
Buddha bersabda: Bila ada orang atau Dewa memiliki kemampuan tinggi dalam Meditasi yang menggabungkan empat unsur (tanah, air, api, dan angin). Maka, hasilnya akan menimbulkan ‘Gempa Bumi’ yang luar biasa (saat ini disebut Tsunami), akibat paling parah dunia dan alam semesta akan hancur.

Saat Aku (Buddha) lahir, dan mencapai Pencerahan Sempurna, serta Parinibbana juga alam semesta bergetar, hingga seluruh alam Dewa ikut bergetar dan bergemuruh. Alam Dewa terbuka, hingga manusia dapat saling memandang dengan para Dewa.

Namun, Alam semesta bersama isi (manusia, Dewa dan hewan) tidak ada yang rusak atau mati. Mengapa? Sebab, Aku (Buddha) memiliki 10 paramita-kebajikan sempurna.

Tiap Negara dan bangsanya memiliki karakter dan tindakan serta matapencaharian yang berbeda. Hal ini sudah termasuk kelompok karma mereka yang berbuah saat ini. Kita harus belajar lebih luas dalam wawasan.

Contoh Negara yang suka menanam Opium (bahan narkoba) misalnya; Afganistan, Myanmar, Pakistan, Aceh (Ganja), dsb. Negara dan Bangsanya terbelakang, miskin, tertindas, termasuk tidak nyaman untuk tinggal.

Negara dan Bangsanya pembantai Hewan; Jepang, China, Taiwan, dsb. Negaranya sering dilanda Gempa dan Tsunami.

Demikian pula para pemimpin dan pejabat Negara yang hobi KORUPSI, negaranya tertinggal jauh, sebagian Bangsanya miskin kelaparan, dan BODOH (contoh; Penjinak Bom Buku), juga sering dilanda bencana alam dan musibah.

Singkatnya, Bumi dimana diinjak oleh manusia dan tinggal, tergantung oleh tindakan dan pikiran para Penghuninya. Bumi ini (alam dan seisinya) adalah Netral selama Ia tidak dipengaruhi oleh hal negative dari penghuninya, maka Bumi tidak akan bergerak atau menimbulkan REAKSI apapun.

Namun, begitu para Penghuninya JAHAT, GADUH, tidak menghormati Bumi (alam dan seisinya). REAKSI Bumi akan muncul dengan sendirinya, spt Gempa Bumi, Tsunami, dsb.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. Namo Buddhaya. Gak pasti itu penyebab utamany, menurut sy yg benar itu kbtulan aja karma mrk yg berbuah sama". Sperti semacam karma massal gt sehingga melibatkan massa dlm jmlh byk. Sabbesattabhavantusukhitatha.


2. Sebelumnya namaste. Di dalam agama buddha, ada yang namanya hukum niyama (kosmis). pembagiannya adalah.
1. utu niyama
2. bija niyama
3. kamma niyama
4. citta niyama
5. dhamma niyama.
Na, kalau bencana alam di jepang itu termasuk ke dalam utu niyama. Karena utu niyama adalah hukum universal tentang energi-energi yang mengatur terbentuk dan hancurnya bumi, termasuk pula dengan bencana-bencana alam seperti yang di jepang. Kalau tentang karma si, sesuai dengan pengertiannya, perbuatan yang baik/buruk yang dilakukan melalui ucapan, pikiran, ataupun perbuatan. Terima kasih ;) Namaste. ya, selain itu juga dhamma niyama termasuk ke dalam salah satu faktor terjadinya bencana itu.


3. saya malah berpikir,emang orang2nya yang "keras",sehingga alamnya juga keras.orang tua saya bilang penjajahan jepang jauh lebih menderita daripada waktu dijajah belanda.


4. Gempa jepang menurut saya sebagai peringatan seluruh dunia bahwa kekuatan Alam itu luar biasa..jagalah alam kita.


5. Nammo bhudaya. Menurut saya itu sudah menjadi takdir masyarakat jepang dan sudah mnjadi suratan alam krn alam pun mempunyai hukum/aturanny sendiri apa lg wilayah dinegara jepang memang sgt berpotensi sekali untuk trjadinya gempa bumi. Kita tdk bisa sembarangan mengatakan org jepang itu salah, byk mempunyai karma buruk dsb. Sungguh kasihan apa bila mereka yg telah menjadi korban disebut sbg org yg berkarma buruk dll.


6. kita hanya bisa mengira2, mungkin gabungan utu niyama dan karma niyama yang bekerja, namun tidak dpt mengetahui secara pasti, karena belum memiliki kekuatan supranatural. Yang pasti, segala sesuatu itu ada karena ada berbagai sebab dan kondisi yang saling mempengaruhi dan terkait.


7. Selain Panca Niyama berperan, tp kt juga ingat ada yg namanya kamma kolektif. Spt 33 org brbuat kebajikan, trlahir di alam surga Tavatimsa yg dipimpin oleh Deva Sakka. Mgkn ni adalah kamma kolektif yg buruk shg kudu trima scara bebarengan.


8. Namo Buddhaya, Bhante. Jepang pd dasarnya memang daerah gempa dan tsunami di tambah zaman skr air laut naik ketinggiannya.jd kali ȋ̝̊̅̄и̲̮̣̥̅̊ɪ̣̝̇ otomatis lebih dahsyat lg.krn gempanya Чªπğ begitu kuat tentu reaktor nuklirnya terpengaruh akhrnya meledak.mgk jg krn karmanya telah matang.


9. Nam0 budhaya..smua kmbli pd proses karma n trkait dg smua jnis karma yg sy sndiri kurg memahami'y,,mgkn tm2 dpt mbantu..?qt tdk dpt memili dmana qt dilahirkn..negara mana,siapa ortu qt,bila mrka sbgai nelayan dpt mrawt mbsarkn qt,bila negara mpnyai adat lbh mgk0nsumsi ikan mgkn krn dsna jarang tumbuh2n, bsyukurlh qt dinegara qt yg makmur..dg byk jnis sayur.. Qt smua pny karma bae n karma buruk,tp jgn menilai kburukn sbg suatu hukuman.. Saling mperbaiki,mjaga n mgasihi smua mahluk n alam semesta, m0h0n kritik jk kliru, lam metta.


10. Namaste bhante, menurut saya lahir dan meninggal itu sudah takdir..Sebaiknya kita2 semua sudah harus waspada dan mawas diri. Karena bencana terjadi tidak sesuai kehendak kita sadhu3x namo budhaya bhante.


11. teman" bila km seorang bayi yg tdk tahu membunuh ikan/menjajah dll,km org jepang saat bencana terseret gelombang bgmana? seorg bayi diselamatkan dlm puing"/seorg kakek berada puing diatap rm 2hr coba ttp pikiran yg engga" bk masing" hati kt! kt tau dhamma buat apa? tp hati kita tertutup tak ada arti smua itu mari kita bk hati kt teman, berikanlah doa mu tuknya.


12. Namo buddhaya, selamat malam bhante. Gempa bumi dan tsunami membuat karma
menjadi tdk aktiv,krn kekuatan dari pengerak tanah dan air terlalu kuat. Bencana gempa dan tsunami merupakan sebuah demonstrasi ketertundukan hokum karma pada hukum
alam. Bencana alam,seperti gempa bumi dan tsunami yg menghancurkan dan mengambil ratusan ribuan makhluk hidup,tampa memandang jasa-jasa kebaikan para korban. Mereka yg berkarma baik dan buruk sama2 menderita. Jadi setiap perubahan dan pengalaman hidup disebabkan karma adalah tdk benar. Salam damai.


13. Klo kita udh mengenal Buddha dharma dgn baik, maka kita akan paham bahwa perubahan kosmis itu ada salah satu Hukum Ketidak Kekalan/ ANICCA. Hukum perubahan itu berlaku Univesal. Mengenai Korban Ýåħġ tertimbah Musibah, itu adalak karma kolektif Ýåħġ berbuah Saat itu.


14. Namo buddhaya bhante met malam.klu mnrut sy ini bkn karna masyarakat jpg suka makan ikan tuna ,tp karna karma buruk nya tlah tiba.di ngara lain jg pernah terjadi gempa,ini adalah perigatan untuk kita smua agar banyak berbuat kebaikan dan mendekatkan diri kita pada tuhan.mudah2an sgala bencana akan di jauhkan dari ngara kita.sadhu3x.


15. krn wilayah jepang memang rentan gempa, jg memang karma udh wktunya berbuah,perpaduan semua unsur maka terjdlah gempa.


16. Namo Buddhaya Bhante. Terjadinya gempa tlah dijelaskn penyebabnya oleh Sang Buddha. Salah 1nya a/ terjadinya pergeseran lempengan Bumi. Tsunami terjadi krn pusat gempa ada di dasar laut dan kekuatannya mendorong air laut dg dahsyat shg trjd Tsunami. Ada tdk ada manusianya gempa di Jepang tetap trjd jk sdh tiba wktnya.
Jd mnrt sy semua trjd bkn krn 1 sebab saja. Karma hanya salah 1nya, bny sebab yg lain.


17. nam0 budhaya, smga smua mahluk brbhgia,smg smua mahluk dpt mpthankn kbhgian'y,smga smua mahluk tbebas dr drita.. Mari qt bsama mnyalurkn jasa2 mlalui paritta bwt mrk yg ttimpa bncana.. Mgkn jg bantuan matriil jk qt mampu..lam knal mettacitena,


Karma baik ini kami limpahkan kepada para “Korban Tsunami di Jepang”, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
APALAH ARTI TSUNAMI DAN BENCANA JIKA DI BANDINGKAN SEMUA YG TERJADI DALAM PERJALANAN SEMESTA RAYA INI.KITA MANUSIA TERLALU KECIL DAN MERASA MENJADI SUBJEK DI DUNIA.SEBENARNYA KITA BUKAN SIAPA2 HANYA SEKUMPULAN KECIL MAHLUK YG KEBETULAN TERLAHIR DAN HIDUP DI JAMBUDVIPA,ITUPUN HANYA SESAAT (RENTANG USIA HANYA PULUHAN TH JIKA DIBANDINGKAN USIA SEMESTA INI)ADA TIDAKNYA MANUSIA DAN BUMI INI SEMESTA TETAP BERLANGSUNG,MASIH BANYAK SEKALI MANUSIA DI BAG.LAIN SEMESTA YANG LEBIIH WAHHH DARI KITA.(DARI KECERDASAN.USIA DSB),JADI TSINAMI ,GEMPA ATO APAPUN SEGALA YG TERJADI DI DUNIA INI ADALAH FENOMENA ,PROSES ALAMI, YG MEMENG HARUS TERJADI KARENA HUKUM KESUNYATAAN.IBARAT POHON YG SAATNYA BERBUAH ,UAP AIR YG PASTI TURUN MENJADI HUJAN,SEGALA YG BISA LAPUK AKAN LAPUK,SEMUA YG BISA RUSAK AKAN RUSAK, INI HAKEKAT DARI DUKKHA ,ANATTA.SUDAH JUTAAN KALI BUMI BEREVOLUSI TANPA MAMPU KITA SADARI,HANCUR DAN TERBENTUK LAGI TANPA MENUNGGU MANUSIA.KARENA SEMESTA BUKAN TENTANG MANUSIA SEMATA.SEMUA NYA ,YG BERKARMA BAIK,KARMA JELEK, KARMA SEDANG ,KARMA ABU2,ATAU APAUN ITU TETAP MENJALANI PROSES INI.TIDAK HARUS ORANG BAIK YANG SELAMAT,JUGA TIDAK SELALU ORANG JAHAT YANG HANCUR.KARENA ,HUKUM KESUNYATAAN YANG TERTINGGI TIDAK MENGENAL ISTILAH BAIK DAN BURUK,YANG MELABELI BAIK DAN BURUK ADALAH MANUSIA DAN PERADABAN.(BUKAN BERARTI TIDAK ADA HUKUM KARMA,YG DIMAKSUD ADALAH JIKA KITA MENELAAH DARI SUDUT PANDANG KESUNYATAAN TERTINGGI:TIDAK ADA LAGI PERSEPSI ADA DAN TIADA ,BAIK ,BURUK,HITAM PUTIH,SUNYATA DAN YAD SUNYATA,INILAH YANG MERUPAKAN CARA PANDANG PARA ARAHAT DAN SUCIWAN )SEPERTI DILUKISKAN DALAM MAHA PRAJNA PARAMITA HDRAYA SUTTA,MENGENAI KEKOSONGAN YANG DI CAPAI AVALOKITESVARA/DEWI KUAN IM.

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “