JALAN HIDUP ber-BEDA



NASIHAT KUNO TIONGKOK (China)…..

JALAN HIDUP ber-BEDA

同胞兄弟的不同命运

Tong bao xiong di de bu tong ming yun

Meski Saudara Sekandung, Kakak-Adik, tapi punya Jalan Hidup yang ber-Beda

Alkisah, hiduplah sepasang kakak-adik, mereka berdua pergi mengembara untuk mencari kehidupan yang bahagia. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan 2 orang dewi. Seorang dari mereka adalah dewi yang rupawan akan tetapi berhati jahat, dewi yang lain berpenampilan sederhana-ramah namun berkebajikan.

Dewi yang jahat dengan congkak berkata kepada kedua kakak-beradik:”Kalian, ikutlah bersama dengan saya. Saya jamin kalian akan mendapatkan kedudukan tinggi & kekayaan yang melimpah. Apa saja yang kalian inginkan dapat terwujud.”

Kakak-adik, masing-masing memiliki pendapat yang berbeda. Salah satu dari mereka memutuskan untuk mengikuti dewi yang jahat, sedangkan yang lain memilih untuk ikut dewi berkebajikan.

Diluar dugaan banyak orang, ternyata sang kakak dalam usia yang muda meninggal dalam kemuraman. Sebaliknya si adik memiliki vitalitas hidup yang tinggi, dapat menjadi seorang raja yang panjang umur, penuh kebahagiaan & dihormati oleh rakyat. Apa yang sebenarnya telah terjadi?

Ternyata, sejak ikut dengan dewi yang jahat, sehari-hari sang kakak tidak perlu melakukan sesuatu, hidup santai & gembira. Karena tidak berpikir panjang, sang kakak merasa kuatir, kuatir jika ajal tiba. Ia terus memikirkan tentang kematian, pada akhirnya belum genap berusia 30 tahun telah tiada. Sedangkan, si adik dibawah bimbingan dewi berkebajikan ikut berperang mempertahankan kerajaan. Setelah beberapa kali mengalami masa kritis, ia berhasil menjadi seorang pahlawan. Si adik tidak hanya dinikahkan dengan putri cantik, akan tetapi juga sangat dihormati oleh rakyat.

Meng Zi 孟子mengatakan: sheng yu you han, si yu an le生于忧患,死于安乐. Kehidupan yang yang nyaman & santai tidak dapat dikatakan sebagai kebahagiaan, melainkan sebuah bahaya terselubung. Sebaliknya halangan-rintangan di depan mata seolah-olah membahayakan, akan tetapi justru merupakan cara terbaik untuk menempa tekat, kemampuan & watak seseorang.

Diterjemahkan secara bebas dari aplikasi android 小故事大智慧xiao gu shi da zhi hui



Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “