“MAHABHARATA Film Sejarah Kemanusiaan, Kejujuran, Keadilan, Kebenaran & Pendidikan Moral”



Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman.


Film Mahabharata adalah Kisah Prilaku Manusia Rebutan Kekuasaan dg Cara Kelicikan, Keserakahan dan Trik2 Muslihat Halus, maupun Kasar.


Sungguh Elok sang Sutradara menyusun Skenario Cerita ini, meskipun Film Mahabharata ini telah menelan waktu Ribuan Tahun, namun tak nampak Usang.


Bahkan, Film Mahabharata ini seakan me-Nyadarkan bangsa Indon yang sedang Sibuk REBUTAN KEKUASAAN Persis sama dengan Kisah Film Mahabharata, hanya beda Tipis Aktor2nya.


Entah sengaja atau emang Kebetulan ANTV menampilkan Film Mahabharata untuk Pembelajaran bagi sebagian bangsa Indo yang sedang ke-SETANAN oleh RAKUS-nya KEKUASAAN…Pemilu-Presiden…dan Caleg…


Bila anda yg mau Belajar Tahu dan Ngerti soal Prilaku Manusia Rebutan Kekuasaan dg Cara Kelicikan, Keserakahan dan Trik2 Muslihat Halus, maupun Kasar, dianjurkan untuk Nonton ANTV yg menampilkan Film Mahabharata untuk Pembelajaran Kemanusiaan & Pendidikan Moral.


Tayang tiap malam jam 20.30 dan Minggu siang jam 13.00 atau jam 14.00.


Komentar:




1. Terima kasih atas infonya untuk nonton film Mahabarata karya pujangga Walmiki dari India, yang kemudian disadur oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh (pujangga Indonesia, seniman sejati bukan ghost writer)menjadi Mahabarata- Baratayudha. Menarik , karena ternyata Sengkuni, Sengkuni dan Dorna...Dorna memang ada bukan pada jaman Walmiki dan kedua Empu, tetapi ada benar ada dalam perannya pada kehidupan jaman sekarang pada era Reformasi menjelang pemilu tahun khususnya 2014.Gunung Kelud yang meletus mencurahkan abu dan lahar (rakyat ramai-ramai membersihkan secara gotong royong pada waktu sehari atau 2 hari, )tetapi dampak abu dan lahar yang kemudian hari menjadi bahan kesuburan tanah kita menjadi nyata.Sementara para calon legislator kita pada sehari 2 hari mengobral janji, hasilnya kita ketipu sampai lima tahun lamanya.Opoo tumooonn Bhante.......tragis , ironis dan sekaligus dramatis benar.


2. Namo Buddhaya Romo Soegeng Soediro Soediro tdk dinyana ahli sejarah pula wow ...bhante tambah kagum sm Romo nih...smg Pil Pres d pil leg aman terkendali aja utk pembeljaran demokrasi rakyat indo yg rindu kesejahteraan sadhu...amien..



3. MAHABHARATA itu awalnya dari wayang purwa,leluhur pandawa,mahabharata,Bharatayudha,Parikesit,dan terakhir UDAYANA......ini bukan hanya sekedar cerita biasa Bhanthe tapi lebih kepada FILOSOPI HINDU...saya dari kecil hingga sekarang selain baca bukunya berkali kali juga filmnya ga pernah bosan...percakapan antara arjuna dan Sri Kresna di malam awal perang bharata yudha di kisahkan dalam kitab Bhagavad Gita...adalah ajaran yang luar biasa...disana juga terkandung ajaran ajaran Karma yang luhur ...Dharma itu benar benar indah Bhanthe..hehehehe biar Bhanthe bisa lebih tertarik.



4. kalau saya baca di wekipidia..pujangga Walmiki itu bukan pujangga biasa..beliau itu disebut mahluk dewa yg menyusun cerita mahabrata dan ramayana..apakah benar begitu adanya..? selain serial mahabrata..litle khrisna jg sy suka..



4. Maharshi Valmiki , penulis Besar Epik Ramayana India , adalah seorang bijaksana Hindu yang tinggal di sekitar awal milenium pertama SM Ia disebut sebagai ' adikavi ' , pencipta asli "SLOKA "dari Hindu ' sloka ' - suatu bentuk ayat di mana sebagianbesar dari epos besar seperti Ramayana , Mahabharata , Purana , dan karya-karya lain .Tiger Ho....beliau disebut mahluk dewa karena beliau telah mencapai tingkat kebijaksanaan yang tinggi dalam meditasinya ..itu yang aku tahu....perjalanan hidupnya sungguh menarik bila ingin di pelajari.



5. terimakasih atas infonya..kisah yg luarbiasa..membahas 1 tokoh saja seperti raden Arjuna bisa panjang detil dsn mengasikkan penuh inspirasi..playboy tapi berjiwa ksatria..bima..pemarah tegas tapi jujur..atau yudistira yg suci berdarah putih..juga tokoh2 lain dngn watak yg unik..Turut berbelasungkawa atas wafatnya Dalang Wayang Golek Asep Sunarya..karya2nya tak terlupakan..
Semoga damai di sisi-Nya..



6. Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman trims atas perhatian dan komennya. 
Bunda Resa berarti Pecinta Berat Sejarah Mahabharata, Ramayan dsb…krn bisa jelaskan dg detil Riwayat penulis Kisah2 tsb; ”Maha Resi Valmiki” yg di Indo blh disebut ahli Pujangga, beliau amat di hormati hingga di Dewa2kan oleh sebagian rakyat India kala itu, krn Syair2nya mirip Sihir khas India yg akhirnya mampu memengaruhi ke-Budayaan rakyat India hingga kini…Hebat X isi ceritanya pantas banyak warga dunia terpesona tak pernah bosan lht Film Mahabharata dan Ramahaya itu. Memang tdklah mudah menyusun kisah2 film yg me-Legenda tsb.



7. bhante wkt kecil hobi baca buku Komik2nya Mahabharata, Ramayan dsb yg di karang oleh R.A.Kosasih, Ganes TH, dsb, entah saat ini msh ada atau sdh berhenti. kalau buku2 silatnya yg di karang oleh Kho Ping Ho dsb, wah lupa makan dan smpe ke wc duduk lama baca buku2 tsb ga rasa bau saking enaknya ter-gila2 baca buku2 tsb...kalau ingat kadang tertawa sendiri hehehe...



8. Memang benar yang di tuliskan oleh rekan Tiger Ho apabila mau di tuliskan dengan detail sifat satu satu dari pandawa,namun lebih jelas bila kita baca di bagian kisah PANDAWA SEDA....diantara semua tokok yang menjadi panutanku adalah BHISMA...bila di telaah riwayat hidupnya pun saat perang bharatha yudha....saya selalu terharu dan kagum.

buku buku komik karya RA KOSASIH memang buku komik yang baik..iya saya juga pernah baca itu waktu kecil...sama dong bhante hobi bacanya...kenangan masa kecil itu indah.


Terima kasih atas tulisan Bunda Resa Pundarika, sedikit koreksi Bhante, yang menulis epik Mahabharata adalah pujangga Wysa ( pedalangan jawa menyebut Abiyasa ya kakek para Pendawa dan Kurawa ), sedangkan Walmiki yang menulis Ramayana.


 ooh maksud Pa Soegeng Soediro Soediro adalah Begawan Byasa atau Vyasa dari India yang menulis karya karya sastra kuno Mahabharata penulis pertama yah...mohon maaf..beda huruf saya suka bingung sendiri.



9. Romo Soegeng Soediro Soediro emang lbh senior apalagi suka ‘Laku Kejawenan’ pasti lbh tahu banyak karya2 Sejarah Mahabharata, Ramayan dsb…namun,  yg disebutkan oleh Bunda Resa Pundarika perbedaan nama2 itu hanya bahasanya saja. Bhante salut sama orang2 Jadul ini dan ber-syukur kita bisa bertemu walau di dunia maya, tapi seolah di dunia nyata n malah temen2 lain bisa ikut menyimak. Terimakasih atas perhatian dan partisipasinya dlm mebahas kisah2 Sejarah Mahabharata, Ramayan dsb… demi manfaat re-Generasi Muda kita sadhu.sadhu.  



Namo Buddhaya Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “