Kitab Di Zi Gui ke-15...



Mari kita Belajar dan me-Ngajarkan Budi Pekerti dan Bakti kpd Anak2…


晨必盥,兼漱口
便溺回,辄净手
冠必正,纽必结
袜与履,俱紧切

Chen bi guan, jian shu kou
Bian niao hui, zhe jing shou
Guan bi zheng, niu bi jie
Wa yu lu, ju jin jie

Pagi hari setelah bangun tidur, perhatikanlah masalah kebersihan diri sendiri seperti: menggosok gigi, membasuh muka, merapikan rambut dll. Setelah menggunakan kamar kecil harus membiasakan diri untuk mencuci tangan. Ketika mengenakan topi, kita harus memastikan sudah terpakai dengan rapi. Dalam berpakaian perlu memperhatikan: apakah kancing baju telah terpasang dengan sempurna. Sewaktu mengenakan sepatu, kita harus memeriksa apakah kaos kaki telah dikenakan dengan baik, tali sepatu telah terikat dengan benar?

Pada sebuah kesempatan, suku Xiong Nu匈奴 mengirim utusan untuk bertemu dengan Cao Cao曹操. Karena tubuhnya tidak tinggi Cao Cao merasa kurang percaya diri untuk menemui sang utusan. Ia meminta seorang pejabat yang bernama Cui Yan崔琰 untuk menggantikan posisinya. Pada saat pertemuan berlangsung, Cao Cao berpakaian rapi & memegang pedang berdiri di samping Cui Yan. Setelah acara pertemuan, Cao Cao sengaja mengutus orang untuk mencari tahu apa pendapat sang utusan terhadap “penyamaran” Cui Yan. “Tuan utusan, bagaimana pendapat anda terhadap raja kami””Raja anda tentu saja adalah seorang yang penuh bakat & pantas untuk dikagumi. Akan tetapi seseorang yang berasa disampingnya, memiliki sorot mata yang lebih tajam & bersinar-sinar bagaikan seorang pahlawan yang sejati.”

Zi Lu子路adalah salah seorang murid Confucius, usianya 9 tahun lebih muda dari sang guru. Semasa kecil Zi Lu dikenal sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, sejarah mencatatnya sebagai salah satu dari 24 kisah bakti. Zi lu gugur di kerajaan Weikarena membela perdana menteri atasannya: Kong Kui孔愧. Pada jaman Chun Qiu春秋, di kerajaan Wei terjadi pemberontakan. Para pemberontak berhasil menawan Kong Kui. Begitu mengetahui jika Kong Kui ditawan, Zi Lu bergegas untuk memberi pertolongan.

Semua orang telah memperingatkan Zi Lu jika perbuatannya dapat membahayakan diri sendiri. Meskipun telah diperingatkan, Zi Lu tetap berangkat untuk menolong Kong Kui. Apa yang dikuatirkan orang-orang menjadi kenyataan. Begitu menginjakkan kaki di tempat para pemberontak, Zi Lu mendapatkan perlawanan. Jumlah mereka tidak berimbang, Zi Lu seorang diri sedangkan musuh dalam jumlah banyak. Pada akhirnya, Zi Lu terluka parah & tali topi yang dikenakannya terlepas-hampir jatuh. Rasa sakit yang hebat membuat Zi Lu terjatuh ke tanah. Dalam keadaan yang kritis, Zi Lu berusaha dengan mengggunakan 1 tangannya untuk membetulkan letak topi. Zi Lu berkata:”Seorang budiman walau menghadapi kematian, tidak akan membiarkan topinya terlepas & jatuh sehingga melanggar kesusilaan 君子正冠而死jun zi zheng guan er si.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.





Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “