KISAH WANG CHONG

“Pola pikir & kearifan seseorang bukanlah pembawaan dari lahir, akan tetapi merupakan hasil dari ketekunan kita belajar & praktek dalam kehidupan nyata sehari-hari. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan yang kita pelajari kian banyak, makin banyak kesempatan untuk mempraktekkan hasil belajar. Setiap fase dalam kehidupan ini harus gigih berjuang untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan kegigihan niscaya akan dapat meraih apa yang dicita-citakan. Untuk mencapai taraf penguasaan ilmu pengetahuan & pembinaan diri yang tinggi juga diperlukan kegigihan”

Wang Chong adalah seorang ahli pikir yang hidup pada jaman dinasti Han Timur. Saat masih kecil, Wang Chong tekun belajar, berpengetahuan luas, keteladanannya patut kita tiru.

Saat Wang Chong berusia 15 tahun, ia dikirim oleh kedua orang tuanya ke kota Luo Yang untuk belajar di sebuah perguruan tinggi. Di sekolah tersebut, Wang Chong berhasil menjadi seorang sarjana muda.

Pada saat menimba ilmu di perguruan tinggi, Wang Chong mendirikan sebuah tujuan baru yang hendak dicapai, memiliki semangat yang tinggi untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Guru Wang Chong adalah seorang pelajar terkenal yang bernama: Ban Biao(ayah dari Ban Gu & Ban Chao). Di bawah bimbingan Ban Biao, Wang Chong mempelajari banyak sekali literatur-literatur kuno yang penuh dengan nilai-nilai pendidikan moral. Dalam waktu singkat, Wang Chong bisa menjadi pelajar teladan. Sang guru Ban Biao sangat menyukai siswa berbakat seperti Wang Chong.

Seiring dengan berjalannya waktu, Ban Biao mendapati cara belajar Wang Chong dengan pelajar yang lain berbeda. Pelajar-pelajar lain setelah usai pelajaran di sekolah, segera pulang & menghafal materi yang baru di dapat. Walaupun mereka telah menghafal materi, akan tetapi ketika diajak berdiskusi tidak dapat diajak bertukar pendapat. Saat masih kecil Wang Chong telah banyak membaca buku, sekarang ia tidak perlu bersusah payah untuk menghafalnya sudah dapat menguasai materi dengan baik. Kini Wang Chong mengajak buku berdiskusi, ia serta merta sependapat dengan apa yang tertulis dalam buku. Selain itu, buku yang dipelajari oleh Wang Chong tidak terbatas pada buku-buku kuno, buku-buku pengetahuan yang lain juga ia pelajari. Sambil membaca sebuah buku, Wang Chong membuat catatan. Lambat laun seluruh isi buku yang terdapat dalam perpustakaan sekolah telah ia baca semua.

Suatu hari, sang guru bersama beberapa pelajar membicarakan Wang Chong. Ban Biao memuji Wang Chong sebagai seorang yang berpengetahuan luas & memiliki daya ingat yang baik. Sang guru, Ban Biao berkata:”Siapa diantara kalian yang dapat dibandingkan dengan Wang Chong?” salah seorang pelajar berkata:”Siapa yang mengatakan tidak ada yang bisa menandingi Wang Chong? Beberapa hari yang lalu, saat saya hendak membeli sesuatu, di tengah jalan bertemu dengan Wang Chong. Ia sedang berada di sebuah kios buku memmbaca-baca buku.” Pelajar yang lain berkomentar: ”Untuk apa membaca buku di kios buku? Bukankah lebih baik kita membeli & mempelajarinya di rumah?” Pelajar ketiga menimpali: ”Kalian rupanya belum tahu jika Wang Chong berasal dari keluarga kurang mampu. Tidak bisa membeli sebuah buku. Dia sering sekali ke kios buku untuk membaca-baca buku. Buku yang terdapat di kios buku sangat beraneka macam, banyak sekali terdapat buku yang tidak ada di perpustakaan sekolah kita.” Siswa terakhir berkata: ”Tidak heran jika pengetahuan Wang Chong sangat luas. Ia tidak saja menguasai kitab-kitab klasik, akan tetapi juga pandai di bidang ilmu perbintangan & kedokteran.” Sang guru, Ban Biao yang sejak dari awal menyimak perbincangan para pelajar hanya tersenyum. Sang guru berkata kepada para pelajar:”Sudah seharusnya kalian maneladani Wang Chong.”

lun yu1.bmp

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan Dharma dan buka Wawasan, mohon maaf kalau tdk berkenan dihati anda.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “