ANAK TANYA IBU: “MA TUHAN PERNAH BERBUAT SALAH TIDAK…?



Sebuah pertanyaan sederhana dari anak yg Lugu kpd anda yg menyembah Tuhan Allah…tlg jawab dg Benar…trims.

Teman2 tlg simak pertanyaan dibawah ini..



Malam bhante... kebetulan membahas tentang Tuhan / Allah... saya ada sebuah pertanyaan menarik.. kebetulan pertanyaan tersebut dari anak saya sendiri.. perempuan umur 6,5 tahun.. dia bertanya .. " Ma, Tuhan pernah berbuat salah tidak ? " ... sapa tahu dpt membantu saya menjawab pertanyaan anak saya tersebut... terima kasih bhante dan teman2 atas waktunya.. sabbe satta bhavantu sukhitata..



Saya memohon bimbingan dari Bhante dan temen2 agar kami semua bisa mendapatkan Pencerahan, terimakasih sadhu.


Terima kasih sebelumnya, Namo Buddhaya. 

Silahkan temen2 komen yg berguna trims sadhu.

Komentar:


1. Tuhan di agama Buddha kan bkn 1 individu,kl dia bkn 1 individu,gmn bsa salah,cma individu aja kan yg pernah n bsa sala..mohon ralat kl saya sala..thanx.



2. Namo buddhaya bhante n teman2.. dgn persepsi yg laen.. Tuhan sblmnya juga manusia , proses manusia sndiri dari anak2 smp dewasa pernah berbuat salah .. tetapi manusia nya itu sndiri memiliki talenta kepedulian thd sesama nya.. direnungi n diperbaiki yg salah shg menjadi manusia yg baik hati n bijak .. santai santai omithofo.



3. Namo Buddhaya Temen2 Yg Budiman, anak kecil tapi pertanyaannya nyeleneh dan unik bikin sakit tenggerokan aja ah...
Gimana yah…maafin kalau salah nih…kalau boleh pinjam istilah dlm ajaran Kristiani yg disebut Tuhan itu Yesus Kristus, nah apakah Tuhan Yesus pernah buat salah, tentunya pernah alasannya sebab Yesus di-kejar2 oleh tentara…singkatnya lalu ditangkap, di-pukuli, dsb dan akhirnya di-Salibkan di bukit Golgota (maaf kl salah nih…kasianan aja sama ituh Yesus…entah Gara2 apa…?).

Selanjutnya pasti buat salahnya apa yah…? Nah, itu utk serie ke-2 ntar, itupun kalau ditanyakan, kl ga nanya yah udahan smpe disini kali...

Maafin nih kalau salah jadi 2X… hehehe…Kalau pinjam sebentar istilah Tuhan Allah menurut secara umum, kayaknya Tuhan Allah banyak buat salah alasannya… Tuhan Allah disebut mencipta dan mengatur semua manusia dan dunia ini. Buktinya banyak orang yg dirugikan dg ciptaan dan diatur oleh Tuhan Allah krn ada orang matanya buta sejak lahir, ada orang tdk punya kaki atau tangan dua2nya, ada orang bodoh, miskin, terlantar, jadi tersiksa selama hidupnya. Akibat Perang banyak orang mati sia2 dari anak2 smpe ortua mati tanpa sebab, cuma krn perang, kena Bom dsb. Semua itu Gara2nya karena sdh diatur oleh Tuhan Allah katanya...


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.





Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “