Bu Chi Xia Wen artinya tdk malu bertanya kpd Orang Bawahan


Namo Buddhaya bhante, saat Suami sy sedang "menterjemahkan" San Zi Jing 三字. Apa blh sy berbagi dgn bhante.? isinya tentang sector Tionghua, tentunya tdk bisa lepas dari Kong Zi. Sudah ada 16 berkas dlm bntk ms word.puluhan berkas yg msh dlm bentuk Lain draf tulisan tangan. Bhante apa kbr…?


不耻下 Bu Chi Xia Wen Confucius hidup pada jaman Chun Qiu, adalah seorang pemikir besar dari daratan Tiongkok. Beliau sangat menaruh perhatian terhadap masalah pendidikan. Dalam kesehariannya Confucius bersikap rendah hati & suka belajar.

Beliau berpendapat bahwa: “Setiap orang tidak begitu dilahirkan lantas memiliki pengetahuan yang luas, untuk menjadi orang yang berwawasan haruslah tekun belajar”. Suatu ketika Confucius berkunjung ke sebuah kuil leluhur raja untuk menghadiri upacara sembahyang. Di dalam kuil Confucius sering-sering bertanya kepada para pengurus kuil. Ada seseorang yang menertawakan jika Confucius tidak mengetahui tata cara upacara.

Mengetahui hal tersebut Confucius berkata: begitu menemukan hal yang kurang jelas haruslah ditanyakan hingga mengerti, barulah benar-benar bisa dikatakan memahami tata cara upacara. Pada kesempatan lain seorang pejabat dari kerajaan Wei yang bernama Kong Yu meninggal.

Setelah meninggal Kong Yu mendapatkan gelar sebagai kaum cendikiawan. Seorang murid Confucius yang bernama Zi Gong merasa tidak terima, lantas bertanya kepada sang guru perihal pemberian gelar tersebut.Confucius dengan tersenyum menjawab: Kong Yu orangnya cerdas&rajin, memiliki semangat untuk maju yang besar, tidak pernah malu untuk bertanya kepada orang lain walau kedudukan&pengetahuan yang dimiliki tidak setingkat dengan dirinya.

Inilah sebabnya Kong Yu bisa menyandang gelar sebagai cendekiawan. Kita seringkali karena memiliki sedikit kelebihan lantas menjadi sombong. Kita mungkin dalam hal-hal tertentu bisa lebih hebat daripada yang lain, tapi tentu tidak akan bisa menguasai segalanya.

Pepatah mandarin Bu Chi Xia Wen digunakan untuk mengungkapkan tidak malu bertanya kepada orang bawahan. Kalau kita bersikap rendah hati berarti masih memiliki kesempatan untuk lebih maju lagi. Marilah kita belajar untuk rendah hati.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “